Apa itu Netcut dan Anti Netcut dalam Dunia IT?

Diantara banyaknya istilah yang bisa anda temukan di dunia komputer, ada satu yang menarik yakni netcut dan anti netcut. Kedua istilah ini sangat sering diucapkan oleh para pengguna internet terutama mereka yang seringkali menggunakan jaringan wireless.

Bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia IT, sudah pasti kedua istilah ini bukan hal yang asing.

Apa itu Net Cut?

Anti Netcut

Internet adalah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kita saat ini. Sebagian besar kegiatan yang kita jalankan juga sangat bergantung pada internet. Makanya jangan heran jika ada banyak sekali orang yang mengalami stress saat mereka tidak bisa terkoneksi pada internet. Karena itulah akses wifi menjadi salah satu solusi terbaik yang patut dicoba.

Akan bagus jika anda memiliki koneksi internet wifi pribadi. Tidak akan ada persaingan dalam mendapatkan signal wifi tersebut. Tapi jika kemudian anda menggunakan public wifi, mungkin ada persaingan yang sangat ketat untuk mendapatkan signal tersebut. Persaingan untuk mendapatkan signal wifi ini yang kemudian memunculkan netcut dan anti netcut di dalam dunia IT.

Netcut ini kemudian muncul sebagai sarana untuk memotong koneksi orang lain yang terhubung pada jaringan yang sama dengan anda. Jika anda memiliki netcut, anda akan bisa memotong koneksi orang lain dengan bebas selama orang tersebut menggunakan jaringan wifi yang sama dengan anda. Terdengar bagus, tapi resikonya anda juga bisa diputus koneksi oleh orang lain jika orang tersebut memiliki netcut juga.

Lantas Apa Itu Anti Netcut?

Karena kemunculan netcut pada dunia IT ini, kemudian ada beberapa pihak yang menciptakan aplikasi tandingan untuk netcut tersebut. Aplikasi itu adalah aplikasi anti netcut yang menjadi lawan dari aplikasi netcut. Berbeda dengan aplikasi netcut yang memotong koneksi seseorang pada saat terhubung ke jaringan wifi yang sama, aplikasi satu ini menjaga supaya anda tetap terkoneksi pada jaringan internet meskipun ada orang lain yang memiliki netcut.

Sudah tentu keberadaan aplikasi satu ini memberikan rasa tenang pada sebagian orang karena mereka aman dari tangan tangan jahil yang melakukan perebutan signal wifi dengan cara yang “tidak adil”. Akan tetapi dampak dari aplikasi satu ini biasanya membuat kinerja komputer atau smartphone anda menjadi sedikit lambat karena dibutuhkan memori yang cukup besar untuk menjalankannya.

Dengan keberadaan anti netcut ini anda akan bisa melakukan pengamanan terhadap koneksi internet wifi anda. Jadi probabilitas ada kehilangan koneksi internet akan sangat kecil. Lebih jauh pengoperasiap aplikasi satu ini juga tidak akan terlalu sulit bagi anda. Ada banyak situs yang memberikan link download untuk aplikasi satu ini di internet.

Perkembangan Netcut dan Anti Netcut

Seiring dengan berkembangnya teknologi, ada banyak sekali kemajuan yang diterapkan pada aplikasi netcut dan anti netcut ini. Salah satunya adalah aplikasi netcut yang bisa memotong koneksi pada jaringan LAN. Jadi sekarang ini aplikasi netcut bahkan bisa dijalankan pada komputer atau laptop yang menggunakan kabel sebagai sumber internetnya. Bisa bahaya kalau misalkan anda mengalami hal seperti ini.

Tapi tenang saja karena aplikasi anti netcut juga mengalami pengembangan yang sama oleh developernya. Anda bisa menggunakan aplikasi satu ini untuk mengantisipasi terjadinya pemotongan koneksi oleh orang yang tidak bertanggung jawab pada saat anda terkoneksi pada jaringan LAN di kantor atau tempat lainnya. Anda hanya tinggal mendownload aplikasi satu ini dan kemudian menginstalkannya pada komputer atau laptop anda.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar