Mengatasi Error Message api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll

Dalam proses installing software di windows, seringkali terjadi beberapa kendala yang tidak anda harapkan seperti salah satunya adalah muncul pesan yang cukup menyebalkan seperti ini:

“The program can’s start because api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.”

Sebenarnya mengatasi kendala seperti ini bukanlah hal yang sulit, tapi karena keterbatasan informasi, seringkali hal in jadi masalah besar dan membuat stress.

Tahukah anda, pesan error bukan hanya itu saja, ada banyak error message lain yang bisa membuat anda tidak bisa melakukan instalasi software dengan baik. Akan tetapi pesan error yang akan kita bahas ini memang salah satu pesan error yang paling sering muncul pada komputer. Tak heran jika banyak sekali orang yang mencari informasi akan cara menanggulangi error message seperti ini.

Penyebab Error Message api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll

Sebelum kita langsung melakukan pembahasan mengenai cara memperbaiki pesan error ini, ada baiknya anda memahami apa yang menjadi pemicu terjadinya pesan error seperti ini.

Pada dasarnya, saat anda dialog box yang keluar dan memberitahukan kalau ada file dengan ekstensi .dll yang hilang pada software anda artinya ekstension tersebut sudah rusak atau terkena crash pada saat anda melakukan proses instalasi ini.

Meskipun dialog box meminta anda untuk melakukan reinstalling, terkadang hal ini tidak memberikan hasil yang maksimal dan software yang anda instalkan tetap tidak bisa diinstal dengan baik atau error message masih tetap muncul.

Trik Mengatasi Error Message api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll

Sebenarnya cara untuk mengatasi error message satu ini tidak terlalu sulit untuk anda praktikkan.

  1. Pertama, anda bisa melakukan reinstalling paket software Microsoft Visual C++. Karena pada dasarnya, file dll yang hilang ini merupakan part dari aplikasi tersebut.
  2. Silakan anda membuka control panel dan melakukan uninstal aplikasi microsoft C++ di dalamnya. Uninstalling aplikasi mcirosoft C++ ini sudah pasti akan membersihkan ekstensi .dll dari aplikasi dan menghilangkan semua dokumen yang crash dari komputer anda.
  3. Jika kondisinya sudah netral seperti ini, maka anda bisa melakukan langkah langkah instalasi software dari awal lagi. Hal ini jauh lebih mudah daripada anda harus melakukan reinstalling software dengan file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll yang sudah crash.
  4. Setelah anda melakukan uninstal, selanjutnya anda hanya tinggal mendownload kembali aplikasi Microsoft Visual C++ pada situs resmi windows.
  5. Kemudian, install aplikasi tersebut kembali di komputer atau laptop anda.
  6. Setelahnya anda bisa melakukan reinstalling aplikasi dengan lancar dan kami pastikan kalau aplikasi akan berjalan dengan baik.

Jangan mendownload file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll secara terpisah di internet karena tidak jadi jaminan kalau file ekstensi tersebut masih update. Akan ada banyak kendala yang terjadi kalau anda melakukannya.

Metode yang kami sampaikan di atas adalah metode paling aman yang bisa anda lakukan saat ini. Jika anda mendownload aplikasi dengan ekstensi .dll di sembarang situs, itu akan menjadi gerbang masuknya virus ke komputer anda.

Bukannya menyelesaikan masalah, nantinya komputer anda malah akan semakin rusak dan bermasalah dengan mengalaminya. Sudah ada banyak sekali pemula yang mengalami crash pada saat melakukan metode perbaikan seperti ini.

Bahkan hal ini bisa berdampak pada rusaknya registry windows di komputer atau laptop anda. Tentunya kalau registry sampai rusak, bukan hanya file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll saja yang akan hilang dari komputer atau laptop anda.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~