Panduan Cara Daftar Free Ongkir Shopee : Dilengkapi Dengan Gambar

Shopee merupakan salah satu market place terbesar di Indonesia yang sedang naik daun. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, berbagai program yang ditawarkan Shopee kepada seller dan buyer memang sangat kreatif dan juga menguntungkan. Salah satunya adalah program gratis ongkos kirim yang menjadi andalan dari market place ini. Dengan program ini, penjual mendapat keuntungan berupa peningkatan pembeli. Sedangkan pembeli mendapat keuntungan berupa gratis ongkir dengan jumlah minimal belanja tertentu.

Bagi penggiat market place senior yang sudah lama berkecimpung di Shopee, tentunya tidak sulit untuk mendaftarkan toko supaya bisa gratis ongkir. Namun, untuk pemula pasti masih banyak yang bingung. Oleh karena itu, di bawah ini adalah panduan penjelasan dan cara daftar free ongkir Shopee yang paling mudah dan praktis melalui aplikasi smartphone.

Langkah – Langkah Daftar Free Ongkir di Shopee

Install Aplikasi Shopee

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah install aplikasi Shopee di smartphone Anda. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak memiliki pc atau laptop maka tidak perlu pergi ke warnet. Aplikasi ini bisa Anda temukan di playstore, seperti contoh gambar yang dilampirkan di bawah ini.

BACA JUGA:  Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Kenali Tanda Fitur Gratis Ongkir

Karena tidak semua store atau toko yang ada di Shopee menggunakan fitur gratis ongkir, maka sebaiknya Anda mengenali tanda khusus pada produk yang memiliki gratis ongkir. Tanda yang paling mudah dikenali adalah adanya gambar mobil berwarna biru yang memiliki tulisan “free ongkir”. Tanda ini bisa dikenali dengan mudah karena akan otomatis muncul pada kolom produk.

Di bawah ini adalah contoh dari tanda khusus dari toko yang sudah daftar fitur free ongkir di Shopee.

contoh dari tanda khusus dari toko yang sudah daftar fitur free ongkir di ShopeeCara Mengaktifkan Fitur Free Ongkir di Shopee

Untuk mengaktifkan fitur gratis ongkos kirim di Shopee, maka langkah pertama yang harus diambil oleh penjual adalah dengan log-in ke akun Shopee dan kemudian pilihlah tab Notifikasi. Setelah itu tinggal klik Ikuti Program Gratis Ongkir Shopee. Contohnya ada pada gambar di bawah ini.

BACA JUGA:  Fakta Tentang Dompet Shopee Yang Harus Diketahui

Cara Mengaktifkan Fitur Free Ongkir di ShopeeSetelah itu maka Anda akan otomatis masuk ke pendaftaran free ongkir. Disini Anda tinggal ikuti petunjuk dengan mengisi Nomer KTP, dan upload foto sembari memegang KTP. Perlu diperhatikan bahwa yang diminta adalah foto diri beserta KTP (tampak jelas) dan bukan hanya foto KTP saja. Hal ini dikarenakan tidak sedikit seller yang masih sering salah menafsirkan instruksi ini. Contohnya bisa Anda lihat seperti gambar di bawah ini.

Upload foto sembari memegang KTPSetelah selesai, maka beri centang pada kotak pilihan “Saya bersedia”.

Setelah itu, maka tinggal tunggu pemberitahuan dari pihak Shopee. Jika berhasil maka akan menerima notif untuk check status jasa kirim. Sedangkan jika gagal, maka Anda akan diminta untuk mengulang kembali cara daftar free ongkir di Shopee. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa selaku seller Anda juga harus terlebih dahulu mengatur ongkos kirim dengan berdasarkan pada berat produk yang Anda jual.

BACA JUGA:  Keuntungan Menggunakan Marketplace Facebook Dalam Jual Beli Online

Jika Anda belum familiar dengan fitur ini, maka bisa mencari tahu dengan cara klik Help Centre dan nanti akan muncul FAQ seperti gambar di bawah ini. Setelah itu, langsung klik “Apa Ketentuan Program Gratis Ongkir” untuk mengetahui informasi yang Anda butuhkan. Karena perlu diketahui bahwa fitur ini mungkin hanya berlaku untuk pengiriman dengan menggunakan ekspedisi tertentu. Oleh karena itu, Anda wajib membacanya sebelum menerapkan fitur ini di toko online.

Ketentuan Program Gratis Ongkir

Loading...

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

1 komentar

%d blogger menyukai ini: