3 Cara Menambah VRAM AMD Paling Murah 100% WORK

Sebelum kita langsung membahas cara menambah vram AMD ini, ada baiknya jika anda tahu bahwa di dalam dunia teknologi komputer, ada banyak sekali brand populer yang menjadi produsen komponen komputer seperti salah satunya adalah AMD. Bagi anda para pecinta games dan desain grafis, Komponen AMD tentunya lebih direkomendasikan dibanding dengan brand lain seperti misalnya Intel atau NVIDIA.

Hanya saja karena memiliki nama besar serta kualitas yang jempolan, seringkali harga komponen AMD ini memiliki harga yang tidak nyaman di kantong. Karenanya seringkali para gamers menggunakan PC dengan kapasitas yang apa adanya. Tentu saja hal ini membuat performa komputer menjadi tidak maksimal. Salah satu komponen yang memiliki harga yang cukup mahal adalah Vram.

Pengertian VRAM dan Fungsinya

Kurangnya kapasitas vram membuat grafis komputer anda menjadi kurang bagus sehingga anda tidak bisa maksimal dalam melakukan kegiatan anda. Tapi tenang saja, ternyata ada beberapa cara mudah untuk meningkatkan kapasitas vram AMD meskipun dengan budget yang lebih terjangkau. Metode ini terbukti bekerja 100% dan membuat performa komputer anda meningkat tajam.

Jika anda seorang teknisi komputer, pasti anda suda tahu betul apa VRAM ini dan apa fungsinya. Tapi bagi anda yang awam, sangat penting untuk memahami terlebih dahulu apa pengertian dari komponen satu ini sebelum anda mendalami cara menambah vram yang akan kita bahas ini. VRAM adalah singkatan dari Video Random Access Memory yang merupakan salah satu komponen penting pada PC atau Laptop.

BACA JUGA:  Trik Mengatasi Frekuensi SCTV Yang Mendadak Hilang

Vram ini memiliki fungsi sebagai processor penyimpanan gambar yang dikirimkan oleh GPU komputer dan melakukan rendering serta menampilkannya di layar komputer. GPU Ini disinyalir lebih cepat dalam proses pemindaian data dibandingkan RAM atau bahkan VRAM itu sendiri. Karenanya tugas viram disini adalah sebagai penyimpanan data visual yang menumpuk.

Cara Menambah VRAM

Ada beberapa cara menambah Vram yang sangat efektif dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Tentunya anda bisa memilih mana metode paling tempat untuk anda lakukan karena tiap metode ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

1. Meningkatkan kapasitas RAM PC / Laptop anda

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan VRAM adalah dengan meningkatkan kapasitas RAM dari PC atau laptop anda. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, VRAM yang merupakan kepanjangan dari Video Access Memory adalah merupakan tempat penyimpanan untuk gambar sebelum diproses dan tampil pada layar komputer dan bersifat sementara saja. Jadi bisa dibilang fungsi VRAM ini sama dengan fungsi ram, hanya saja bidangnya beda.

Percaya atau tidak, penambahan RAM pada komputer anda akan menambah kapasitas VRAM yang anda miliki. Jadi jika anda menggunakan Komputer atau PC dengan kapasitas RAM 2 GB, Vram yang anda miliki pada komputer anda adalah 256 MB.

BACA JUGA:  Cara Merubah Jaringan 3G Menjadi 4G LTE Semua Tipe Android

Jika anda meningkatkan kapasitas RAM anda menjadi 4 GB, maka kapastas VRAM pada komputer anda menjadi 512 MB. Berlaku kelipatan, jika anda memiliki RAM 8 GB maka kapasitas VRAM anda bisa mencapai 1024 MB atau 1GB. Begitu seterusnya.

Cara menambah vram dengan metode ini terbilang sangat efektif karena harga RAM jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan harga VRAM. Mantapnya, cara ini terbilang sangat ampuh dan sudah terbukti bekerja. Ada banyak gamers atau desainer yang menggunakan metode ini untuk meningkatkan performa komputer mereka dari segi grafis.

2. Menggunakan AMD Graphic Overdrive

Tidak hanya dengan menambahkan kapasitas RAM saja, anda bisa menggunakan AMD Graphic Overdrive juga untuk meningkatkan kapasitas VRAM anda. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, AMD adalah salah satu brand komponen komputer dengan kualitas yang jempolan terutama dari segi grafis.

AMD Graphic Overdrive adalah salah satu fitur yang dimiliki AMD yang memungkinkan anda untuk mengatur setting manual sehingga menghasilkan performa grafis yang sangat baik.

Untuk mengaktifkan AMD Graphic overdrive, anda bisa melakukan cara di bawah ini.

  • Buka desktop komputer anda, klik kanan dan pilih menu AMD Catalyst Control Center
  • Selanjutnya pilih “performance” dan klik “AMD Overdrive” pada list menu AMD yang keluar.
  • Klik Accept yang menyatakan bahwa anda menerima isi dari perjanjian kebijakan aplikasi.
  • Tunggu hingga menu Overdrive muncul d layar komputer anda dan setelahnya klik “configure graphic override”
  • Centang menu “Enable Graphic Overdrive” dan pada sub menu di bawahnya pilih “high performance GPU Clock Setting” untuk melakukan setting GPU komputer anda dan klik “high performance memory clock setting untuk memilih menu setting clock memory (VRAM) dari komputer anda.
  • Geser slider hingga angka yang diinginkan sebagai skala pengukur performa VRAM anda. Sangat dianjurkan untuk meningkatkan performa GPU juga jika ingin cara menambah vram ini menjadi maksimal.
  • Klik apply. Proses selesai dan kapasitas VRAM anda sudah meningkat.
BACA JUGA:  Membuat Ukuran Foto 3x4 Dalam Pixel Dengan Adobe Photoshop

3. Menambah Kapasitas Virtual Memory Pada Komputer Anda

Terakhir, anda bisa juga menggunakan metode penambahan virtual memory sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas VRAM komputer anda. Virtual memory ini adalah VRAM yang menggunakan kapasitas hardisk anda. Caranya juga tidak terlalu sulit.

  • Pertama buka start menu kemudian pada menu “My Computer” klik kanan dan pilih properties.
  • Pilih menu “Advanced System” dan pilih menu “setting”
  • Centang opsi “Change” pada tab “Advance”
  • Hilangkan centang pada menu “Automatically manage paging file size for all drives”.
  • Pilih penyimpanan / hardisk yang akan anda gunakan sebagai penyimpanan virtual memory. Sangat direkomendasikan untuk memilih drive C dimana semua aplikasi diinstalkan.
  • Cara menambah Vram selanjutnya anda hanya tinggal memasukkan jumlah kapasitas virtual memory yang akan anda ambil dari hardisk anda. Pada initial size, isakan sejumlah 1 hingga 2 kali lipat dari jumlah RAM komputer anda. Sedangkan dari maksimum size isikan 3 kali lipat dari kapasitas RAM.
  • Klik OK dan proses peningkatan VRAM dengan virtual memory selesai. Restart komputer sebelum digunakan.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar