Cara Mencari Satelit Telkom 3S Dengan 2 LNB

Beberapa waktu lalu terdapat informasi yang menyatakan bahwa Satelit Telkom 1 tengah mengalami gangguan kinerja yang disebabkan oleh beberapa alasan tertentu. Ada yang bilang ini karena pergeseran orbit, tapi ada juga yang mengatakan kalau baterai atau bahan bakar dari satelit satu ini habis sehingga membuatnya tidak berfungsi. Sudah tentu kondisi seperti ini membuatnya keluar dari orbit. Untuk mengatasi hal ini, sudah tentu Kamu harus mengetahui cara mencari satelit telkom 3s sebagai alternatif.

Efek yang besar ditimbulkan oleh matinya satelit telkom 1 ini. Salah satunya adalah hilangnya beberapa channel televisi nasional yang ada di dalamnya. Sudah tentu ada banyak informasi bermanfaat yang tidak bisa Kamu akses dengan kondisi seperti ini. Karenanya pada kesempatan kali ini Kamu harus melakukan pencarian signal dengan memanfaatkan satelit palapa D dengan metode telkom 3 s. Tapi tentunya ada beberapa hal yang harus Kamu lakukan terlebih dahulu sebelumnya.

Perbedaan Telkom 3 S dengan jenis Satelit Telkom Lainnya

Perlu Kamu ketahui, satelit telkom 3 s ini memiliki jenis orbit yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis satelit telkom 1 s yang pernah disandingkan dengan satelit palapa D dulu. Jika Telkom 1 menempati posisi orbit 108,2 derajat Bujur Timur, maka satelit Telkom 3 s menempati orbit 118 E Bujur Timur.

Hal ini sudah tentu membuat Kamu harus melakukan tracking arah dengan baik sebelum melakukan setting. Hal ini harus Kamu pahami sebelum Kamu mempraktikkan cara mencari satelit telkom 3s ini.

Menggabungkan Satelit Palapa D dengan Telkom 3s

Jika Kamu ingin mengaktifkan satelit telkom 3 s pada satelit Kamu, sudah tentu Kamu harus memahami cara memasang LNB palapa dan telkom 3 s ini. Sebelum melakukan tracking, Kamu harus mengganti nama satelit yang ada pada settingan receiver LNB Telkom ini.

  1. Gantilah Telkom 1 menjadi Telkom 3. Untuk list transponder yang ada di dalamnya Kamu bisa biarkan saja tidak perlu di otak atik lagi apalagi jika Kamu menghapusnya.
  2. Ubah switch port LNB pada receiver parabola yang Kamu miliki dan perhatikan dengan teliti posisi switch tersebut. Untuk Switch DiSEqC 2×1 Kamu harus merubah posisi port 1 menjadi port 2 dan port 1 yang kosong ini Kamu posisikan untuk satelit Telkom 3 s.
  3. Sedangkan jika Kamu menggunakan Switch 22k on/off Kamu hanya perlu mengganti settingan on dan off pada satelit palapa tersebut.
  4. Buat satelit palapa menjadi off dan telkom 3 s menjadi On.

Jika Kamu fokus pada satelit palapa D sebelumnya, Kamu hanya perlu fokus pada palapa D saja. Perubahan Port LNB diatas sudah cukup, bisa dipastikan kalau saat ini posisi fokus pada satelit Kamu berada pada Telkom 3 S.

Tambahkan saja jarak antara kedua LNB sebanyak 2 cm sedikit ke arah timur, karena perbedaan orbitnya juga tidak terlalu jauh. Yakni hanya 10 derajat saja. Selanjutnya, Kamu hanya perlu melakukan tracking ke satelit tersebut dan menaikkan tiang penyangga pada prabola Kamu.

Untuk finishing pada cara mencari satelit telkom 3s ini, Kamu hanya perlu melakukan blind tracking pada satelit Kamu untuk menemukan frekuensi terkuat lebih dahulu. Pastikan Kamu menyimpan channel channel yang sudah tersimpan itu supaya tidak hilang lagi pada saat satelit dalam keadaan off.

Jika Kamu lupa menyimpannya, Kamu bisa melakukan tracking dari awal lagi dan melakukan saving terhadap semua channel yang bisa Kamu dapatkan.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~