Cara Mengetahui Mac Address Laptop

Pernahkah Kamu mendengar istilah MAC? MAC adalah singkatan dari Media Acces Control Address. Istilah satu ini diperuntukkan bagi alamat jaringan yang diimplementasikan terhadap link data yang terdiri dari tujuh model OSI yang merepresentasikan nama node tertentu pada sebuah jaringan aktif.

Apa Itu MAC Address?

Jika Kamu memiliki jaringan internet dengan basis Ethernet, MAC address ini merupakan unique address yang terdiri dari 48 bit dengan kombinasi yang unik pula. MAC address ini seringkali disebut Ethernet address, hardware address, atau physical address. Meskipun berbeda namanya, secara teknis pengertian dari beberapa istilah di atas sama saja.

MAC address ini memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sekaligus. Hardware satu ini mengizinkan perangkat yang berada pada sebuah jaringan untuk bisa berkomunikasi antara hardware yang satu dengan yang lainnya. Tapi tentunya MAC ini hanya bis digunakan dalam sistem yang menggunakan metode ethernet.

Pada dasarnya, MAC address ini memungkinkan beberapa komputer saling berhubungan dan melakukan pembagian data dan media informasi lain sehingga persebaran media menjadi semakin cepat dan mudah diaplikasikan. Karena itulah banyak orang mencari cara mengetahui MAC address laptop mereka dengan tujuan untuk mengambil manfaat dari hal ini.

Cara Mengetahui MAC Address Laptop dengan mudah

Ada dua cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui MAC address dari laptop yang Kamu gunakan. Tentunya kita akan melakukan pembahasan dari kedua cara tersebut satu persatu.

1. Menggunakan Command Promt

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui MAC address dari laptop yang Kamu miliki sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa menggunakan Command Promt untuk mengetahuinya. Tidak terlalu sulit.

  1. Pertama Kamu hanya perlu mengklik menu “Start”, kemudian “accesories” dan terakhir pilih “command promt” pada menu. Kamu bisa juga menggunakan menu Run “Windows+R” kemudian mengtikkan kata “CMD” tanpa tanda kutip dan tekan enter.
  2. Setelah Kamu memasuki menu command prompt, selanjutnya Kamu hanya tinggal mengetikkan “ipconfig/all” tanpa tanda kutip pada panel command promt tersebut kemudian tekan enter.

2. Menggunakan Control Panel

Cara kedua yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek Mac address dari laptop Kamu adalah dengan menggunakan control panel. Caranya juga tidak terlalu ribet.

  1. Pertama Kamu hanya perlu membuka control panel pada komputer atau laptop Kamu.
  2. Kemudian cari menu “network and internet”
  3. Klik menu WLAN / LAN yang hendak Kamu lihat MAC addressnya.
  4. Setelah Kamu mengklik menu tersebut, kemudian akan muncul menu WIFI status. Jika Kamu sudah sampai kesini, Kamu hanya perlu mengklik details.
  5. Pada saat muncul menu “windows network connection details”, Kamu hanya perlu melihat deretan angka yang ada pada Physical Details. Itulah MAC address yang sedang Kamu cari pada laptop Kamu.

Tapi tentunya cara mengetahui MAC address laptop dengan menggunakan control panel ini agar ribet jika Kamu membandingkannya dengan pengecekan via CMD saja.

Dengan cara yang mudah ini sudah tentu proses pencarian MAC address akan menjadi lebih cepat. Tapi tetap saja semua ini situasional, Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Kamu.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar
close