Cara Menggunakan Kuota Regional Axis

Untuk memahami cara menggunakan kuota regional Axis, terlebih dahulu kita bahas tentang “regional”. Apa itu regional? Dalam KBBI, regional memiliki maksud kedaerahan. Maka, aturan penggunaan kuota regional di tiap-tiap daerah itu berbeda. Mulai dari daerah di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan lainnya. Untuk memahami lebih dalam, simak ini.

Cara Menggunakan Kuota Regional dari Axis

Untuk menggunakan kuota di regional Anda, tentu hanya bisa dipakai ketika Anda berada di tempat. Hal itu sudah menjadi ketentuan dan kebijakan dari Axis yang diinformasikan ke para pelanggannya. Dalam kartu Axis itu ada semacam chip. Ketika Anda mengaktifkan ponsel, secara otomatis pancaran sinyalnya mudah tertangkap oleh provider.

Jadi, Anda tidak bisa mengelabui pihak operator. Misalnya Anda mendaftarkan kuota regional di kawasan Jakarta. Maka, saat keluar dari Jakarta, tarif internet yang berlaku menjadi tarif normal. Artinya, pulsa utama yang terpakai, bukan kuota dari paket itu. Namun kadang kuota regional itu tidak bisa dipakai. Jangan khawatir. Tentu ada solusinya.

BACA JUGA:  Apa Itu dan Cara Daftar Klik BCA Individual

Saat Kuota Regional Tidak Bisa Dipakai

Untuk mengatasi permasalahan ini, hanya ada 2 solusi. Pertama, memindahkan dari 3G ke 4G atau sebaliknya. Caranya dengan pergi ke pengaturan ponsel. Pilih yang berkaitan dengan jaringan. Kalau Anda menggunakan ponsel dual-sim, pastikan kartu Axis diposisikan sebagai kartu utama. Itu syarat khusus untuk cara menggunakan kuota regional Axis.

Soalnya mayoritas ponsel pabrikan hanya mengizinkan akses ke 3G dan 4G untuk kartu SIM utama. Kalau sudah, coba aktifkan data internet Anda kembali. Belum bisa digunakan juga? Tidak ada cara lain kecuali menyampaikan keluhan Anda ke call center di nomor 838. Jangan lupa tanyakan apakah Anda berada di regional yang tepat atau tidak.

Bisakah Menggunakan Kuota Regional di Daerah Lain ?

Tentu saja ada. Namun kali ini Anda wajib memakai VPN ketiga atau server yang bukan berasal dari provider Anda. Caranya dengan mengunduh aplikasi bernama FakeGPS. Tujuannya untuk membuat jalur alternatif ketika ingin menggunakan kuota regional di daerah lain. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan sudah diverifikasi oleh pihak Google.

BACA JUGA:  Cara Download Dari Dailymotion Via CatchVideo

Setelah terunduh dan terpasang, baru lakukan beberapa pengaturan penting. Mula-mula, Anda masuk pengaturan. Setelah laman baru terbuka, pilih opsi sebagai pengembang. Khusus pada tombol debugging, aktifkan aplikasi ini dan mengizinkan lokasi tiruan untuk diaktifkan. Setelah itu, bukalah FakeGPS Location Spoofer Free.

Kemudian arahkan PIN GPS itu ke area saat Anda membeli kuota. Pada dasarnya, pelacakan pemegang kartu Axis itu bergantung pada lokasi yang Anda buat. Dengan FakeGPS, meskipun Anda berada di daerah lain, tapi yang tercatat di Axis masih berada di lokasi tempat Anda beli. Kalau sudah, klik saja 2 kali pada penunjuk GPS. Tekan tombil play.

Pakai Koneksi Jaringan Alternatif dengan Aplikasi AntonyTun

Cara menggunakan kuota regional Axis dengan FakeGPS tentu perlu koneksi jaringan baru. Singkatnya, Anda wajib memakai pihak ketiga. Salah satunya dengan aplikasi AntonyTun. Aplikasi tersebut sekarang bisa Anda unduh di Google Play Store. Ketika sudah dipasang, klik saja stealth settings. Tempatnya ada di sudut kanan bagian atas.

BACA JUGA:  Signal Frekuensi Indosiar Terbaru Pada Satelit Palapa D

Kemudian ubah status stealth tunnel jadi on, connection protocol jadi SSL, connection port jadi 443, connect via parent proxy jadi off, custom TCP/HTTP headers jadi off, dan advanced SSL settings jadi on. Lakukan juga pengaturan terhadap SSL Settings. Pada ceklis spoof host isi dengan port, spoof host isi dengan www.axisnet.id, dan spoof port diisi dengan 443.

Kemudian tekan OK dan akhiri dengan save atau simpan pengaturan. Kalau sudah lengkap, barulah Anda hubungkan dengan data internet. Lalu, bagaimana kalau tidak terhubung dan tidak bisa menggunakan kuota regional? Coba aktifkan dan matikan mode penerbangan. Kalau belum bisa, pilih server dari negara lain dengan performa yang lebih kuat.

Khusus untuk cara menggunakan kuota regional Axis terakhir tadi harap gunakan pada saat genting saja. Namanya juga fake GPS kan? Tentu kalau ketahuan oleh pihak Axis, kartu dan jaringan yang Anda gunakan bisa kena masalah. Namun sampai sekarang tidak ada masalah sama sekali. Toh yang dimanipulasi hanya data lokasi saja. Bukan kuotanya.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar