Cara Merubah IP Address Indihome

Sebagai salah satu provider jaringan internet terbesar di Indonesia, Indihome Speedy sudah pasti memberikan kualitas jaringan yang mumpuni dan stabil. Akan tetapi namanya kendala selalu ada dan sudah tentu kita harus menemukan cara untuk memperbaikinya. Dalam hal ini, terkadang anda harus melakukan penggantian IP Address Indihome Speedy yang anda miliki karena alasan tertentu.

Sebenarnya kondisi dimana anda harus mengganti alamat IP sangat jarang terjadi. Mungkin probabilitasnya 1 berbanding 1000.

Tapi tak akan jadi salah jika anda bisa memahaminya dengan baik supaya anda bisa segera melakukan perbaikan pada saat kendala tersebut terjadi pada koneksi jaringan internet di rumah atau kantor anda.

Baca juga :

  1. FUP IndiHome 10 , 20 , 30 , 40 , 50 dan 100 Mbps
  2. Panduan Lengkap : Cara Membatasi Kecepatan Wifi Indihome Tanpa Miktrotik
  3. Paling Update : √ Harga Paket Indihome Unlimited Terbaru 2019
  4. √ 6 Cara Mengetahui Nomor Indihome / Speedy Terbaru Tidak Sampai 2 Menit
  5. Cara Mengganti Password Wifi ZTE Modem Indihome
  6. Cara Konfigurasi IP Indihome dengan Menggunakan Android
  7. Trik Mudah Setting Modem Indihome ZTE Sendiri
  8. Cara Setting Modem Indihome ZTE F660
  9. Cara Setting Modem IndiHome ZTE Paling Mudah

Apa Pengertian Istilah IP pada dunia IT?

Alamat IP atau Internet Protocol Address adalah kodetifikasi untuk alamat dari setiap komputer yang terkoneksi pada jaringan internet. Alamat IP seperti IP address Indihome yang sedang kita bahas ini berupa deretan bilangan bulat yang terdiri dari 32 hingga 128 bit. Untuk IP Versi 4, biasanya memiliki panjang 32 bit sedangkan untuk IP Versi 6 menggunakan 128 bit. Alamat IP ini hanya digunakan pada komputer yang terkoneksi pada koneksi jaringan internet yang berbasis TCP.

BACA JUGA:  3 Trik Mudah Melihat Ukuran Foto 4x6 Dalam Pixel

Jaringan TCP / IP menggunakan IP Address sebagai target atau alamat pengiriman data yang dicari. Hal ini dikarenakan IP Address yang sedang kita bahas ini memiliki dua bagian paling utama yakni alamat network dan alamat dari host atau komputer lokal yang berada pada sebuah jaringan yang sama. Alamat IP ini digunakan oleh router sebagai target pencarian jaringan dan lokasi dimana komputer lokal tersebut berada.

Setelah anda memahami apa pengertian IP ini tentunya kini anda tahu alasan kenapa ada momen dimana kita harus melakukan penggantian IP address Indihome yang anda gunakan. Percaya atau tidak, saat ini seringkali terjadi crash pada saat anda mengunjungi situs yang tidak seharusnya atau terjadinya peretasan yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Alamat IP Default Indihome Berdasarkan Jenis Modem

IP address Indihome merupakan alamat internet protokol yang berasal dari modem Indihome. Alamat IP ini digunakan supaya anda bisa masuk menuju sebuah situs dari modem indihome tersebut sehingga anda bisa melakukan konfigurasi terhadap settingan atau konfigurasi tambahan terhadap modem tersebut melalui situs web resmi yang anda kunjungi.

Sebenarnya ada IP default yang diberikan oleh pihak vendor Indihome ini sesuai dengan jenis dan tipe device (modem) yang anda gunakan. Berikut ini beberapa alamat IP default Indihome yang harus anda ketahui.

  1. Modem tipe TP-Link TD 8817, IP Address default yang digunakan adalah 192.168.1.1
  2. Modem tipe Huawei HG532E, IP Address Default yang digunakan adalah 192.168.1.254
  3. Modem tipe Huawei SmartAX MT882A, IP address default yang digunakan adalah 192.168.1.1
  4. Modem tipe ZTE ZXHN H108N, IP Address yang digunakan adalah 192.168.1.254
  5. Modem tipe ZTE F609, IP Address Default yang digunakan adalah 192.168.1.1.
BACA JUGA:  Kelebihan Bluestack Root Dibandingkan Bluestack Original

Kenapa IP Address Indihome Harus Diganti?

Merubah alamat IP dari device Indihome yang anda gunakan memang sangat jarang terjadi, tapi ternyata ada beberapa alasan yang memang mengharuskan anda untuk merubah alamat IP tersebut baik itu karena disengaja ataupun karena tidak disengaja. Berikut ini beberapa penyebab kenapa alamat IP Indihome anda harus diganti dengan segera.

1. Penggantian Device Modem Indihome

Sebenarnya penggantian alamat IP Indihome hanya dilakukan bilamana anda melakukan penggantian modem indihome lama dengan modem indihome baru yang memiliki alamat IP yang berbeda dan mengharuskan anda membuat banyak klien dari satu IP tersebut.. Tujuannya sederhana saja, hal ini dilakukan supaya anda tidak repot kedepannya.

Daripada anda harus melakukan penggantian Default Gateway dari IP Address Indihome yang anda miliki dari sisi client, tentunya akan lebih baik jika anda melakukan penggantian alamat IP dari modemnya saja dan mengembalikan alamat IP menjadi alamat yang dulu. Atau bisa juga pada saat anda diharuskan menggabungkan dua line internet dalam sebuah router saja. Tentunya hal ini akan lebih mudah.

BACA JUGA:  Masalah Frekuensi Metro TV Yang Lemah Pada Parabola

2. Resiko Terkena Peretasan

Alasan kedua adalah karena sudah terlalu banyak orang yang mengetahui alamat IP anda sehingga membuka peluang yang sangat besar untuk terjadi peretasan pada jaringan internet anda sehingga para peretas bisa mengatur segalanya dengan mudah karena bisa masuk ke dalam router modem panel. Apalagi di era modern ini ada banyak sekali aplikasi yang memudahkan para peretas untuk mengambil passwor wifi hanay berdasarkan alamat IP nya saja.

Cara Mengganti Alamat IP Indihome

Untuk mengganti IP Address Indihome, sudah tentu ada beberapa step yang harus anda lakukan. Ikuti langkah langkah di bawah ini secara sistematis supaya tidak terjadi kesalahan pada saat anda melakukannya.

  1. Pertama tama, anda bisa membuka browser sebagai langkah awal, Chrome sangat direkomendasikan untuk hal ini.
  2. Ketikkah alamat IP default dari modem yang anda miliki. (daftar IP default dari masing masing modem bisa anda lihat pada paragraf sebelumnya)
  3. Pada saat tampilan Log In muncul, masukkan username dan password anda.
  4. Akan muncul interface baru yakni tampilan untuk melakukan setting dan konfigurasi modem anda.
  5. Pilih menu Basic, kemudian klik LAN dan pilih DHCP.
  6. Pada Kotak IP Address, masukkan IP Address Indihome yang anda inginkan.
  7. Klik Submit, proses selesai.
  8. Setelah itu coba ketikkan kembali alamat IP yang baru anda buat pada browser, jika masuk maka proses penggantian alamat IP ini terlaksana dengan baik. Jika tidak, ulangi dari awal.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar