Android

Cara Root Samsung J5 Prime Dan Install Custom Recovery TWRP

Samsung adalah salah satu dari sekian banyak brand smartphone terpopuler di negeri ini. Salah satu produk Samsung yang paling laris adalah Samsung J5. Samsung J5 ini sendiri memiliki beberapa versi yang berbeda dari mulai J5 Pro atau bahkan J5 Prime. Cara root samsung J5 ini sendiri sangat mudah sehingga Kamu bisa memaksimalkan fungsi dari smartphone samsung yang Kamu miliki.

Ada alasan yang membuat smartphone samsung J5 Prime ini sendiri harus di root. Secara spesifikasi, sebenarnya smartphone satu ini sudah lebih dari cukup untuk menjadi salah satu smartphone terbaik di kelasnya. Tapi terkadang kita memerlukan proses root untuk membuat sebuah smartphone bisa dikendalikan secara maksimal dan benar benar menginterpretasikan pemiliknya. Tentunya Kamu juga ingin tampilan dan performa smartphone Kamu benar benar versi Kamu bukan?

Tentang Proses Root Dan Device Samsung J5 Prime

Sebelum Kamu melanjutkan cara root samsung J5 prime ini, akan sangat baik jika Kamu memahami bahwa device samsung satu ini tidak akan bisa Kamu root jika Kamu hanya menggunakan aplikasi instant rooting yang bisa Kamu dapatkan di playstore seperti misalnya Towelroot, KingoApp, Framaroot, Kingroot, dan berbagai aplikasi instant root lainnya. Jadi Kamu harus menghindari penggunaan aplikasi instant root seperti ini.

Artinya, aplikasi instant root di atas tidak akan memberikan dampak apapun terhadap smartphone Samsung J5 yang Kamu miliki. Sudah tentu Kamu harus memahami Cara Root Samsung J5 yang khusus supaya proses root yang Kamu lakukan berjalan dengan lancar dan sukses. Alasan mengapa hal ini bisa terjadi bisa saja disebabkan oleh beberapa setting bawaan pabrik dari samsung yang mungkin menggunakan device khusus.

Samsung J5 adalah device canggih yang menggunakan processor Quadcore 1,2 Ghz Snapdragon 410. Sudah ada banyak sekali versi firmware yang digunakan oleh smartphone satu ini. Meskipun tidak secanggih smartphone samsung lainnya seperti S8 atau Note 8, smartphone satu ini sudah lebih dari cukup untuk membuat Kamu nyaman memainkan game berat di dalamnya.

Dengan ukuran layar yang cukup besar berdiagonal 5 Inch, sudah pasti smartphone satu ini nyaman untuk dibawa dan sangat kompatibel dengan ukuran kantong yang tidak terlalu besar. Mungkin inilah beberapa alasan yang mendukung kenapa smartphone satu ini bisa menjadi salah satu smartphone terpopuler di negeri ini dan digunakan oleh banyak kalangan.

Tips Sebelum Memulai Cara Root Samsung J5 Prime

Sebelum Kamu mulai melakukan proses root pada smartphone samsung J5 Kamu, kami sangat merekomendasikan Kamu untuk mempersiapkan beberapa hal di bawah ini. Pertama, Kamu harus benar benar memahami terlebih dahulu bagaimana cara melakukan proses root ini dari awal hingga akhir. Mungkin Kamu bisa meminjam device teman terlebih dahulu untuk melakukan browsing bilamana Kamu lupa progress root pada saat root itu sendiri sedang dilakukan.

Selanjutnya Kamu juga harus memastikan kalau baterai gadget Kamu terisi lebih dari 50% sebelum Kamu mulai melakukan Cara Root Samsung J5 prime ini. Dikhawatirkan Proses root ini akan sangat menguras daya smartphone Kamu. Dikhawatirkan proses root akan terganggu atau bahkan gagal jika tiba tiba smarphone samsung j5 Kamu mati karena kehabisan baterai.

Terakhir, pastikan Kamu mendownload aplikasi Samsung USB Driver dan menginstalkannya di komputer Kamu sebelum Kamu mulai melakukan proses rooting ini. Aplikasi satu ini akan membantu Kamu untuk mengakses smartphone Samsung J5 Prime pada saat kondisi handphone sedang mati atau tidak aktif karena mengalami proses root. Jika sudah ada semua hal yang kami paparkan di atas, selanjutnya Kamu hanya tinggal melakukan proses root ini ke tingkat selanjutnya.

Cara Root Samsung J5 dan Langkah Langkahnya

Proses root samsung galaxy J5 Prime ini sendiri terbilang sangat mudah jika Kamu memahami progressnya dengan baik. Hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah dengan mendownload file root atau CF Root Auto yang sesuai dengan jenis smartphone yang Kamu gunakan. Untuk memastikannya Kamu bisa melihat build number version dan smartphone Kamu. Caranya Kamu buka menu setting kemudian pilih about phone. Disana akan ada informasi mengenai build number yang Kamu butuhkan.

Setelah di download, Cara Root Samsung J5 Prime selanjutnya Kamu harus mengekstrak file tersebut pada folder yang mudah ditemukan di komputer Kamu dan kemudian Kamu bisa langsung mengaktifkan debug mode USB dan membuka kunci OEM pada menu Developer Options. Untuk mengakses menu ini Kamu bisa memilih menu setting, kemudian pilih about phone dan ketuk menu build number sebanyak 7x tanpa jeda.

Selanjutnya sambungkan lagi Smartphone samsung galaxy J5 Prime Kamu ke komputer dengan USB Kamu lakukan installing device driver hingga selesai. Kalau sudah Kamu harus memutus koneksi smartphone dari komputer Kamu mematikannya. Kemudian nyalakan kembali smartphone dengan menggunakan mode download atau fastboot. Caranya mudah, Kamu hanya perlu menekan tombol Volume Down, Home dan Power secara bersamaan.

Hubungkan smarptohne samsung J5 ke komputer dengan kabel data dan kemudian Kamu hanya tinggal membuka folder CF Root Auto yang di awal sudah di ekstrak. Cari file exe bernama Odin3 dan double klik pada menu yang disediakan tersebut. Jika driver terinstall dengan baik, akan muncul notifikasi kalau progres berhasil dijalankan. Jika Kamu sudah bisa sampai ke titik ini berarti Cara Root Samsung J5 Prime ini sukses Kamu lakukan.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~