Frekuensi RCTI Hilang? Begini Cara Updatenya!

Sebagai salah satu channel terbaik di negeri ini, tidak heran jika RCTI menjadi salah satu stasiun TV yang palng dinanti dan selalu dilihat oleh para pecinta siaran televisi. Ada banyak sekali program yang menarik dari channel TV satu ini. Karenanya jangan heran jika kemudian frekuensi RCTI menjadi salah satu frekuensi dengan pengguna terbanyak di era modern ini.

Karena kualitas acara yang sangat baik, channel satu ini terus tumbuh menjadi salah satu penyedia informasi terpercaya di negeri ini. Akan tetapi, jika anda menggunakan parabola ketimbang antena rumahan seringkali channel RCTI Ini hilang begitu saja dari list channel yang ada di layar televisi anda. Bagaimana cara mengatasi masalah seperti ini supaya channel kesayangan anda ini bisa segera kembali?

Konten Artikel

Penyebab Hilangnya Frekuensi Channel

Frekuensi RCTI

Sebelum kita melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai cara update frekuensi RCTI ini, tahukah anda ternyata ada beberapa alasan yang membuat channel dari sebuah stasiun televisi bisa mendadak hilang dari layar kaca anda.

BACA JUGA:  Cara Cek IP Address : Laptop / PC, Wifi, HP dan Modem Lewat CMD / Android

Penyebab pertama hilangnya channel dari sebuah televisi pada list adalah karena proses tracking yang belum terselesaikan dengan baik.

Proses tracking adalah proses dimana anda melakukan pencarian frekuensi paling tepat pada parabola anda. Biasanya diperlukan proses pencariandan saving pada proses tracking ini. Seringkali anda lupa melakukan saving pada proses tracking ini sehingga channel channel yang sudah anda dapatkan tidak disimpan pada memori parabola dan mendadak hilang pada saat parabola dalam kondisi mati.

Tidak hanya itu saja, hilangnya sebuah channel dari list stasiun televisi pada parabola anda bisa juga disebabkan oleh masalah cuaca dan angin pada daerah anda.

Pada daerah yang memiliki kondisi cuaca yang tidak stabil biasanya channel parabola seperti frekuensi RCTI ini sedikit sulit untuk didapatkan. Alhasil channel mendadak hilang dengan sendirinya. Tentu saja hal ini tidak akan terus menerus terjadi jika anda memiliki parabola dengan receiver yang kuat.

BACA JUGA:  Cara Flash ASUS Zenfone 5 Melalui Flashboot, Flashtool dan SD Card

Terakhir, hilangnya sebuah channel secara mendadak seperti ini bisa juga disebabkan oleh frekuensi channel yang mendadak dirubah.

Kondisi seperti ini sudah tentu akan menghilangkan channel secara mutlak dan anda harus melakukan tracking ulang pada channel tersebut supaya bisa menghadirkan channel tersebut kembali. Proses tracking pada parabola ini sendiri sangatlah mudah dan bisa anda pelajari dengan cepat.

Cara Update Frekuensi RCTI terbaru Di Parabola

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan supaya anda bisa mendapatkan kembali channel frekuensi RCTI pada parabola anda. Tentunya cara ini bisa anda lakukan dengan mudah jika ana memahami tata caranya dengan baik.

  1. Sudah tentu anda harus melakukan tracking terlebih dahulu terhadap channel RCTI ini di parabola anda dan melakukan saving supaya channel tersebut tidak hilang lagi.
  2. Pastikan juga kalau setting parabola yang anda miliki berada pada status seperti ini. Untuk mode MPEG 4, Kode frekuensi berada pada signal 04533 MHz.
  3. Jangan lupa untuk menempatka Symbol Rate pada angka 02650 dengan bentuk polarisasi yang dipilih adalah “H”. Kode Vid harus anda tempatkan pada angka 1110 – 1120 – 1110.
BACA JUGA:  Frekuensi Trans TV dan Cara Mengatasi Jaringan yang Buruk Pada Antena UHF

Untuk mode MPEG 2, channel berada pada angka yang sama, tapi symbol rate berada pada angka yang lebih tinggi yakni 04268 dengan bentuk polarisasi yang ipilih adalah “V”. Untuk kode yang lain bisa anda sesuaikan dengan mode MPEG 4.

Pastikan kalau anda melakukan proses setting frekuensi RCTI ini dengan seksama supaya tidak terjadi kesalahan di dalamnya.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar