Frekuensi Trans TV dan Cara Mengatasi Jaringan yang Buruk Pada Antena UHF

Dari sekian banyak saluran televisi yang ada di Indonesia, Trans TV adalah salah satu channel TV terbaik yang sangat direkomendasikan untuk Kamu. Selain memiliki tayangan informasi bermanfaat dan berkualitas, channel TV satu ini senantiasa memperbaiki kualitas tayangannya supaya memberikan kepuasan pada pecinta televisi di seluruh negeri. Karenanya jangan heran jika frekuensi trans tv ini menjadi salah satu frekuensi terbaik yang harus ada di list channel parabola Kamu.

Bagi Kamu yang menggunakan antena televisi rumahan atau otomatis, pasti Kamu tidak akan terlalu sulit untuk mendapatkan channel frekuensi dari stasiun televisi satu ini. Akan tetapi bagi Kamu yang menggunakan parabola, sudah tentu Kamu harus melakukan beberapa pengaturan dan konfigurasi khusus supaya channel kesayangan Kamu satu ini bisa muncul pada layar kaca televisi Kamu.

Perbedaan Antena TV (UHF) dengan Parabola

Tahukah Kamu, ternyata ada perbedaan yang mencolok antara antena rumahan (UHF) dengan antena parabola. Perbedaan ini terletak pada sinyal yang ditangkap oleh kedua antena tersebut. Antena rumahan atau UHF menangkap sinyal analog yang dipancarkan oleh transponden darat sehingga sangat rentan terjadi gambar berbintik atau semut.

Sedangkan parabola menangkap sinyal analog yang sudah bisa dipastikan kalau siaran yang akan Kamu tangkap memiliki kualitas jempolan dan sangat jernih. Karena disebarkan via transponden udara, Kamu berpotensi juga untuk mendapatkan siaran yang berasal dari luar negeri tergantung dengan kualitas parabola yang digunakan. Jika frekuensi luar saja bisa ditangkap dengan baik, apalagi dengan frekuensi trans TV yang berjarak dekat bukan?

Mengatasi  Jaringan Trans TV yang buruk pada antena UHF

Ada alasan khusus yang mendasari kenapa channel trans TV bisa sangat buruk pada antena digital Kamu. Tapi tenang saja karena ternyata ada beberapa cara unik yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Sudah tentu cara ini tidak akan mutlak membuat frekuensi Trans TV Kamu menjadi bagus, tapi setidaknya cara ini bisa memperbaiki kualitas siaran pada layar kaca Kamu.

1. Meninggikan antena

Frekuensi Trans TV

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk memperbaiki sinyal antena Kamu adalah dengan meninggikan antena di rumah Kamu. Dengan meninggikan antena, sangat besar kemungkinan kalau frekuensi trans TV yang Kamu dapatkan menjadi lebih bagus lagi. Sangat disarankan untuk menggunakan antena dengan batang bambu dibanding besi untuk menghindari sambaran petir. Antena berbahan besi lebih rentan terkena petir dibandingkan antena berbahan bambu.

2. Mengganti antena dan kabel

Cara kedua yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mengganti antena TV Kamu dan meluruskan kabel antena yang digunakan. Sangat bagus jika Kamu menggunakan kabel dengan panjang yang sesuai supaya Kamu bisa mendapatkan kualitas gambar yang bagus. Kabel yang terlalu panjang biasanya akan menghasilkan gambar yang tidak terlalu bagus. Apalagi jika kabel yang digunakan adalah kabel bekas yang memiliki transmisi rendah.

3. Mengganti booster

Selanjutnya Kamu bisa juga mengganti booster yang Kamu gunakan. Booster ini berfungsi sebagai penguat signal. Jika Kamu menggunakan booster dengan kualitas yang bagus, kami pastikan kalau sinyal frekuensi trans TV akan membaik pada layar kaca Kamu. Jika Kamu menggunakan satu booster saja, hal itu juga tidak jadi masalah selama Kamu menggunakan booster dengan kualitas yang bagus.

4. Membetulkan arah antena

Hal terakhir yang bisa Kamu lakukan untuk memperbaiki frekuensi trans TV pada televisi Kamu adalah dengan mengganti arah antena yang Kamu miliki. Memutar antena bisa memunculkan kualitas gambar siaran yang lebih bagus. Arah antena sendiri bisa Kamu sesuaikan dengan antena orang lain yang ada di wilayah Kamu.

5. Mengganti dengan parabola

Langkah selanjutnya yang bisa Kamu lakukan jika frekuensi trans 7 di wilayah Kamu buruk adalah dengan mengganti antena Kamu menggunakan parabola. Di era modern ini harga pemasangan parabola tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau. Kamu juga bisa mendapatkan tayangan berkualitas dengan ragam channel yang sangat banyak dari seluruh dunia. Tapi tentunya Kamu harus memilih parabola dengan kualitas yang bagus supaya Kamu tidak kecewa dengan hasilnya nanti.

FREKUENSI TRANS TV HD MPEG 4

SATELIT : TELKOM 3S 118° E
TRANSPONDER :3589 H 6000 Mpeg4
KODE FREKUENSI TRANS TV : 3589 MHZ
KODE SIMBOLRATE : 6000
POLARISASI : H
VPID : 33
APID :36
PCR PID : 33
SID : 0001

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~