Televisi

Trik Mengatasi Frekuensi SCTV Yang Mendadak Hilang

Frekuensi memiliki peranan penting untuk menangkap signal yang bertebaran di udara. Dengan sinyal frekuensi ini, antena bisa menangkap dan mengkonversi sinyal tersebut menjadi sebuah siaran yang bisa Kamu nikmati pada layar televisi Kamu. Karena itulah frekuensi menjadi salah satu aspek yang sangat penting.

SCTV sebagai salah satu stasiun televisi terbaik di negeri ini memberikan banyak sekali informasi bermanfaat bagi keseharian Kamu. Karenanya jangan heran jika channel satu ini selalu dinanti oleh para pecintanya. Terlebih frekuensi SCTV ini sangatlah kuat dan mencakup seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga ke pelosok. Tapi bagaimana jika signal channel satu ini mendadak hilang?

Lakukan Tracking Ulang Dan Konfigurasi Dengan Benar

Cara pertama yang harus Kamu lakukan jika frekuensi SCTV mendadak hilang dari parabola Kamu adalah dengan melakukan tracking ulang dan memastikan kalau semua settingan diatur dengan baik. Jika Kamu melakukannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami pastikan kalau channel SCTV yang hilang ini akan kembali muncul pada channel parabola Kamu.

Biasanya channel hilang tiba tiba disebabkan oleh konfigurasi yang tidak sempurna. Jika Kamu melakukannya dengan sempurna dan melakukan saving setelah melakukan tracking, kami pastikan kalau channel tersebut tetap ada pada daftar channel di televisi Kamu.

Biasanya Kamu melakukan tracking tapi lupa melakukan saving pada memori parabola Kamu. Jadi pada saat device dimatikan atau dipindahkan, channel tersebut otomatis hilang.

Jika Disebabkan Oleh Cuaca, Tunggu Hingga Cuaca Membaik

Hal selanjutnya yang menjadi pemicu terjadinya channel frekuensi SCTV hilang secara tiba tiba adalah karena cuaca yang sedang tidak stabil. Perlu Kamu tahu, pada saat cuaca sedang buruk, frekuensi hilang tiba tiba bukanlah hal yang aneh.

Medan magnet yang diciptakan oleh aliran air dan petir pada saat cuaca memburuk bisa merusak kualitas sinyal frekuensi dan membuat channel hilang pada list di parabola Kamu.

Jika Kamu mengalami kondisi seperti ini, sudah tentu tidak ada yang bisa Kamu lakukan. Kamu hanya perlu menunggu hingga cuaca menjadi kembali stabil dan memastikan tidak terjadi apa apa pada antena yang Kamu miliki.

Jika cuaca sudah kembali stabil, kami pastikan channel SCTV akan kembali muncul pada layar televisi Kamu.

Sebagai tambahan, sebaiknya jika cuaca memang sedang benar benar buruk, lebih baik Kamu memutus koneksi dari tv ke parabola karena dikhawatirkan aliran kejut listrik yang berlebih dari petir bisa membuat televisi Kamu menjadi rusak.

Update Channel Frekuensi SCTV Pada Parabola Kamu

Alasan selanjutnya yang seringkali membuat sebuah channel hilang mendadak dari parabola Kamu adalah saat channel tersebut melakukan update frekuensi dan Kamu tidak mengetahuinya. Jika ha in terjadi, sudah tentu frekuensi lama dari televisi tersebut hilang dan tidak menyiarkan tayangan apapun. Hal ini juga sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh beberapa alasan.

Jika Kamu mengalami kondisi seperti ini, langkah terbaik yang bisa Kamu lakukan sudah tentu adalah dengan melakukan tracking ulang dan memastikan kalau frekuensi SCTV yang Kamu masukkan adalah channel terbaru dan paling update. Lakukan setting konfigurasi dengan tepat sesuai dengan panduan dari masing masing parabola yang Kamu miliki. Jangan lupa untuk menyimpannya pada daftar list dari parabola Kamu.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~