Penjelasan dan Trik Mengatasi Error Hresult 0xc8000222

Error Report seringkali terjadi pada saat kita sedang melakukan installing aplikasi atau fitur pada komputer dan laptop. Jenis error ini sendiri ada beragam dari mulai error code hingga error pop up. Jika anda pernah melakukan installing microsoft net framework, mungkin anda pernah mengalami error code hresult 0xc8000222 yang muncul tiba tiba?

Kondisi munculnya pop up error code seperti ini sudah tentu sangat menjengkelkan karena membuat anda harus melakukan instalasi aplikasi tersebut berkali kali. Tidak ada jaminan pula kalau error report seperti ini tidak akan terjadi lagi. Padahal ne framework adalah salah satu fitur microsoft penting yang sangat krusial perannya dalam menjalankan komputer terutama pada windows 7.

Konten Artikel

BACA JUGA:  Cara Unlock Bootloader Redmi Note 3 Pro Tanpa Sms

Penyebab munculnya Hresult 0xc8000222

Setiap kode error yang muncul pada microsoft windows memiliki arti dan maksudnya masing masing. Anda harus tahu penyebab dan cara penanggulangannya. Beda kode tentu beda pula cara menanganinya. Jika salah dalam melakukan eksekusi, bisa bisa aplikasi yang diinstalkan atau berkaitan dengan kode tersebut menjadi tidak berjalan dengan baik.

Sejauh ini baru diketahui bahwa penyebab terjadinya error code hresult 0xc8000222 adalah karena terjadi crash pada file instalasi. Crash ini kemungkinan besar disebabkan oleh terjadinya file ganda yang berasal dari aplikasi net framework yang baru dengan file yang berasal dari net framework lama. Uniknya crash seperti ini biasanya hanya terjadi apabila anda menginstalkan net framework 4 ke atas.

Dicoba beberapa kali, kode error yang muncul pada saat instalasi microsoft net framework 3 ke bawah bukan hresul diatas melainkan kode lain. Ini mengindikasikan memang ada sedikit perbedaan antara net framework tipe 3 ke bawah dengan versi setelahnya. Karena itulah hal seperti ini tidak terjadi pada aplikasi net framework yang baru.

BACA JUGA:  Daftar Frekuensi Trans 7 dan Alternatifnya

Cara mengatasi Error Code Hresult 0xc8000222

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi munculnya kode error seperti ini. Cara pertama adalah dengan menggunakan CMD.

1. Membuka CMD dengan administrator

Sumber Gambar: Youtube

Caranya klik start kemudian klik accesories. Klik kanan pada Command promt dan pilih “run as administrator”. Jika anda membukanya sebagai client metode ini tidak akan bisa dijalankan. Anda juga bisa langsung mencarinya di kolom ‘Search’.

2. Mengetikkan “net stop wuauserv” (tanpa tanda kutip)

Sumber Gambar: Youtube

Ini digunakan untuk mematikan proses windows update yang berjalan. Biarkan aplikasi CMD ini tetap berjalan atau bisa juga di minimize. Kemudian tekan tombol windows + R untuk menjalankan aplikasi RUN. Jika sudah muncul ketikkan %windir% supaya bisa masuk ke folder yang berisikan sistem windows.

BACA JUGA:  Cara Login Whatsapp Web Tanpa Scan Barcode

3. Cari folder yang memiliki nama “Software Distribution”

Sumber Gambar: Youtube

Kalau sudah menemukannya, klik kanan folder dan rename menjadi SDold (lama). Tutup tab windows explorer dan kemudian anda harus kembali menuju CMD yang tadi di minimize. Jalankan kembali windows update dengan mengetikkan “net start wuauserv” tanpa tanda kutip. Jangan tutup aplikasi CMD ini, minimize ulang.

Setelah langkah langkah di atas anda lakukan, selanjutnya anda hanya tinggal mencoba reinstalling aplikasi microsoft net framework di komputer atau laptop anda. Biasanya dengan metode di atas, error code hresult 0xc8000222 tidak akan muncul lagi pada saat anda sedang melakukan instalasi net framework pada windows.

Metode penyelesaian error code hresult 0xc8000222 ini hanya digunakan untuk error pada proses instalasi Microsoft Net framewor atau setelah instalasi. Metode ini tidak akan memiliki efek apapun jika digunakan pada error code lain yang mungkin muncul pada saat anda melakukan proses instalasi software pada komputer atau laptop anda.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar