Penyebab Hilangnya Frekuensi Kompas TV Pada Parabola Kamu

Perkembangan dunia parabola memberikan dampak positif bagi masyarakat negeri ini. Segala informasi bermanfaat bisa Kamu akses melalui beragam tayangan televisi yang bisa Kamu akses melalui parabola seperti salah satunya adalah Kompas TV yang merupakan salah satu televisi terpopuler di Indonesia. Tak pelak, Frekuensi kompas TV ini juga menjadi salah satu frekuensi tersibuk saat ini.

Sebagaimana kita semua tahu, parabola menggunakan sistem, setting yang berbeda dengan antena rumahan biasa. Jika antena rumahan menggunakan receiver yang otomatis dan tidak bisa Kamu atur, parabola mengharuskan Kamu melakukan setting frekuensi dan biss key terlebih dahulu sebelum Kamu bisa mengakses channel tersebut. Begitu juga dengan channel Kompas TV yang sedang kita bahas ini.

Masalah yang Sering Muncul Pada Parabola

Bagi Kamu yang memiliki parabola, pastinya Kamu tahu benar bahwa memiliki parabola tidak menjamin kalau Kamu akan mendapatkan channel terbaik. Malah seringkali muncul masalah yang tidak terduga duga seperti salah satunya adalah ketika sebuah channel mendadak hilang pada parabola yang Kamu miliki. Sudah tentu hal ini menjadi suatu kendala yang tidak Kamu harapkan. Hal ini bisa juga terjadi pada frekuensi kompas TV pada televisi Kamu.

Karenanya sebelum melakukan tindakan preventif untuk mengatasi hal ini, Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi pemicu terjadinya lost channel secara tiba tiba pada parabola Kamu. Dengan mengetahui penyebabnya, sudah tentu Kamu akan bisa menentukan langkah terbaik untuk mengatasi hal ini.

Penyebab Hilangnya Frekuensi Kompas TV

Frekuensi Kompas TV

Secara umum, ada tiga penyebab utama yang memicu terjadinya hilang channel secara tiba tiba pada sebuah parabola. Disini kami akan membahas ketiga penyebab utama tersebut secara lengkap berikut dengan cara mengatasinya.

1. Proses Tracking yang Tidak Sempurna

Alasan pertama yang memicu hilangnya frekuensi kompas TV secara tiba tiba adalah karena Kamu melakukan proses tracking secara tidak sempurna. Biasanya hal ini terjadi karena Kamu terlalu buru buru dalam melakukan tracking sehingga lupa melakukan saving pada channel kompas TV yang sudah Kamu temukan. Atau bisa juga dikarenakan Kamu tidak melakukan settingan pendukung yang sesuai dengan aturan.

Untuk mengatasi hilangnya channel karena alasan ini, Kamu hanya perlu melakukan settingan ulang. Ikuti petunjuk setting channel baru dari awal hingga akhir secara sistematis. Jika Kamu melakukannya dengan benar, sudah pasti channel kompas TV kesayangan Kamu ini akan kembali muncul pada layar televisi Kamu.

2. Faktor Cuaca yang Tidak Stabil

Hal kedua yang seringkali menjadi pemicu hilangnya frekuensi Kompas TV pada parabola Kamu adalah karena faktor cuaca yang tidak stabil. Biasanya hal ini terjadi pada saat hujan yang disertai petir, atau pada saat angin terlalu besar di wilayah Kamu. Bisa juga karena ada gangguan lain yang memang bukan berasal dari teknis parabola atau aspek lainnya.

Jika Kamu mengalami hal seperti ini, langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah menunggu hingga cuaca benar benar stabil kembali. Jika kondisinya masih belum memungkinkan, sebaiknya Kamu mematikan parabola Kamu untuk sementara waktu karena bisa saja hal ini akan merusak parabola yang Kamu miliki secara teknis. Jangan memaksakan untuk melakukan setting pada saat kondisi cuaca memang sedang tidak memungkinkan.

3. Frekuensi di Update Tanpa Kamu Ketahui

Faktor lain yang menyebabkan frekuensi kompas TV mendadak hilang dari layar televisi Kamu adalah karena pihak stasiun TV melakukan update frekuensi tanpa Kamu ketahui. Kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi. Biasanya hal ini dipicu oleh merger dari dua buah stasiun televisi atau dikarenakan pergantian nama dari stasiun televisi tersebut. Atau bisa juga disebabkan oleh hal teknis lain yang tidak kita ketahui.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, Kamu cukup melakukan update frekuensi pada parabola Kamu dan memastikan kalau proses tracking selesai hingga tahap terakhir supaya channel benar benar disimpan pada memori parabola Kamu.

4. Frekuensi Terhapus Secara Tidak Sengaja

Faktor lain yang menjadi pemicu terjadinya hilang channel pada parabola Kamu adalah karena frekuensi kompas TV ini terhapus secara tidak sengaja oleh Kamu sendiri. Seringkali hal ini terjadi pada pengguna baru. Pada saat belum memahami cara kerja dari sistem parabola, pengguna baru biasanya bereksplorasi tanpa memahami teknis dengan baik. Sudah tentu hal ini menjadi pemicu hilangnya channel secara tiba tiba.

Untuk mengatasi hal ini pastikan Kamu melakukan tracking dari awal lagi dan melakukan setting ulang atau konfigurasi khusus supaya channel Kompas TV bisa muncul kembali pada layar televisi Kamu. Jika Kamu memang tidak memahaminya, Kamu bisa juga meminta bantuan dari rekan atau provider parabola Kamu agar proses setting berjalan sebagaimana mestinya.

Cara Mendapatkan Frekuensi Kompas TV

Untuk mendapatkan frekuensi dari kompas TV yang paling update dan akurat, Kamu bisa mengunjungi beragam situs parabola di internet. Biasanya provider parabola seperti ini memberikan banyak referensi frekuensi bagi Kamu.

Tidak jarang mereka juga memberikan kode biss key untuk masuk ke channle program khusus seperti misalnya channel sepakbola.

Kamu bisa juga mencari informasi di jejaring sosial dan di forum forum parabola online. Biasanya disana berkumpul banyak informasi akurat mengenai frekuensi Kompas TV terbaru dan hal hal lain yang terkait di dalamnya.

Cobalah satu persatu hingga Kamu benar benar menemukan frekuensi channel yang terbaik dan kompatibel dengan parabola yang Kamu miliki.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~