Perbedaan Iphone 6 dan 6S yang Harus Anda Tahu!

Iphone adalah salah satu brand smartphone terpopuler di dunia. Ada banyak sekali produk yang diluncurkan oleh brands satu ini. Dinaungi oleh Apple Inc, mereka selalu bisa memberikan sentuhan yang berbeda terhadap setiap jenis device yang mereka kembangkan. Tak heran jika dalam setiap peluncurannya, telepon satu ini selalu mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat dunia.

Dari sekian banyak produk iphone yang bisa anda miliki saat ini, Iphone 6 dan Iphone 6s adalah merupakan salah satu device yang paling sukses. Selain memiliki harga yang terjangkau, smartphone satu ini ternyata memiliki spesifikasi yang sangat mumpuni. Lantas apa perbedaan iphone 6 dan 6s ini? Apakah hanya terletak pada huruf S nya saja? Tentu saja tidak, ada perbedaan lain yang harus anda pahami terlebih dahulu.

Konten Artikel

BACA JUGA:  20 Emulator Android Paling Ringan & Cepat Untuk PC Spek Rendah

Perbandingan Mesin Dari Iphone 6 dan 6s

Perbedaan Iphone 6 dan 6S

Dari semua spesifikasi smartphone, kualitas mesin sudah tentu menjadi hal yang sangat penting bukan? Dalam hal ini, ada perbedaan yang mutlak antara Iphone 6 dan 6s.

Perbedaan utama yang mencolok adalah dari segi engine yang digunakan. Sama sama menggunakan processor merk Apple, Iphone 6 hanya dipersenjatai dengan processor A8 sedangkan iphone 6s memiliki processor A9 di dalamnya.

Sama sama menggunakan dual core, tapi frekuensi CPU Iphone S jauh lebih besar yakni 1,84 GHz sedangkan Iphone 6 hanya 1,4 saja. Apalagi jika anda melihat RAM yang digunakan, Iphone 6 hanya memiliki RAM sebesar 1 GB saja sedangkan Iphone 6S memiliki RAM 2 GB.

Sedangkan untuk ROM, masing masing seri memiliki opsi yang berbeda. Anda bisa memilih kapasitas 16 GB, 64 GB, atau bahkan 128 GB.

BACA JUGA:  Frekuensi RCTI Hilang? Begini Cara Updatenya!

Visualisasi dan Layar

Perbedaan iphone 6 dan 6s selanjutnya adalah dari segi visualisasi dan layar ada sedikit perbedaan yang digunakan. Untuk Iphone 6 menggunakan layar dengan kapasitas 8 Mpx sedangkan untuk iphone 6s menggunakan layar dengan kapasitas 12 Mpx. Kalau dari segi ukuran sama saja.

Akan tetapi Iphone 6s memiliki bobot yang lebih besar 143 gr dimana iphone 6 hanya memiliki bobot 129 gr saja. Rasio layar terhadap badan hp juga berbeda. Iphone 6 memiliki 65,8 % sedangkan iphone 6s memiliki tampilan 65,6 %.

Dari pilihan warna, Iphone 6 memiliki 4 varian warna yang berbeda yakni Hitam, White, Emas dan kelabu. Sedangkan untuk iphone 6 s memiliki varian warna Merah Muda, Emas, Hitam, dan putih. Sama sama menggunakan layar IPS LCD, Kedua smartphone canggih ini memiliki resolusi yang berbeda.

BACA JUGA:  Cara Mengetahui Orang yang Sering Melihat Akun Instagram Kita

Jika iphone 6 hanya bisa disetting maksimal mencapai 1334 x 750, maka iphone 6s bisa dimaksimalkan hingga 2678 x 1500 dengan density yang sama.

Tanggal Peluncuran

Perbedaan iphone 6 dan 6s selanjutnya ada pada tanggal peluncuran kedua smartphone ini. Diketahui, iphone 6 diluncurkan pada tanggal 9 september 2014 sedangkan iphone 6s diluncurkan satu tahun setelahnya yakni pada tanggal 9 September 2015. Tak heran jika orang beranggapakan kalau iphone 6s adalah bentuk revisi dari produk iphone 6.

Perbedaan Kamera

Perbedaan iphone 6 dan 6s selanjutnya adalah dari segi kamera, resolusi foto maksimal dari iphone 6 hanya mencapai 3264×2448 sedangkan resolusi foto maksimal dari iphone 6s mencapai 4000×3000. Untuk kamera utama, iphone 6 memiliki resolusi 8 Mpx sedangkan Iphone 6s memiliki resolusi 12 Mpx. Sedangkan untuk kamera depan, iphone 6 memiliki resolusi 1,2 Mpx dan iphone 6s memiliki resolusi 5 Mpx.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar