8 Tokoh Wirausahawan Sukses yang Inspiratif di Indonesia dan Dunia

Cita-cita menjadi wirausahawan belum banyak yang menggelutinya secara serius. Padahal usaha ini mampu mendatangkan keuntungan yang di luar ekspektasi. Bahkan menjadi tokoh wirausahawan sukses itu bisa membuka peluang kerja seluas-luasnya. Ini dia 8 wirausahawan sukses yang inspiratif di Indoensia dan dunia.

  1. Handy Setiono

Handy Setiono tokoh wirausahawan sukses

Handy Setiono tokoh wirausahawan sukses

Sejak tahun 2006, kekayaan Handy Setiono tercatat sebagai tokoh wirausaha yang masuk daftar 25 pengusaha terbaik di Asia. Dia memilih sektor kuliner untuk menopang hidupnya serta pengembangan usahanya. Ketika di awal-awal karir, Handy pernah ditipu oleh karyawannya sendiri. Namun dia terus melaju dan akhirnya bisa menggapai posisi sekarang.

  1. Reza Nurhilman

Reza Nurhilman tokoh wirausahawan sukses

Reza Nurhilman tokoh wirausahawan sukses

Sama seperti Handy Setiono, Reza juga menekuni wirausaha di bidang kuliner. Khususnya makan ringan keripik. Ia menamai perusahaannya dengan nama Keripik Makicih. Pada awal perjalanan karirnya, dia hanya menghabiskan 50 juta Rupiah. Setiap hari membungkus keripik serta memasarkannya lewat online.

Produk unggulannya adalah keripik singkong dengan pedasnya menyentuh level 3-10. Bayangkan betapa pedasnya kalau makan yang level 10. Selain itu, ada pula gurilem, bakso goreng, serta seblak. Dengan kerja keras tanpa henti, saat ini bahkan mampu memproduksi 2.000-5.000 kemasan. Sedangkan karyawannya mencapai 30 orang.

  1. Elang Gumilang

Elang Gumilang tokoh wirausahawan sukses

Berbeda dengan pengusaha sebelumnya, bidang yang Elang geluti adalah dunia bisnis properti. Tokoh wirausahawan sukses ini bertindak sebagai developer yang sengaja membidik kalangan yang kurang mampu. Misalnya dengan menawarkan rumah hemat dan murah tipe 20 sampai 60. Setiap tahunnya, Elang mampu menghasilan omzet 20 miliar.

  1. Chairul Tanjung

Chairul tanjung pengusaha sukses

Chairul tanjung pengusaha sukses

Siapa sangka, bahwa tokoh wirausaha sekaliber Chairul Tanjung itu pernah jualan buku kuliah stensilan, buka usaha fotokopi, serta jualan kaus. Momen itu terjadi saat dia masih kuliah. Dalam perjalanan karirnya, ia membentuk perusahaan berkelompok dan akhirnya mampu mengambil-alih Bank Mega.

Perusahaan milik Chairul Tanjung yang bernama Para Group ini bukan main besarnya sekarang. Bahkan mampu membawahi Para Investindo untuk bisnis keuangan, Para Inti Investindo untuk investasi dan media, Para Inti Propetindo untuk properti, dan lain-lain. Alhasil, ia pun mampu menguasai pasar Indonesia di berbagai bidang. Salut!

  1. Purdi E Chandra

Purdi E Chandra Tokoh wirausahawan sukses

Purdi E Chandra Tokoh wirausahawan sukses

Tokoh wirausahawan ini pernah mendapatkan rekor MURI karena mendirikan lembaga bimbingan belajar paling besar di Indonesia. Sekarang, nama bimbel atau bimbingan belajar demikian santer terdengar. Terutama kalau ada yang menyebut Primagama. Pasti Kamu sekalian kenal dengan bimbingan belajar ini.

Pada mulanya, Primagama bahkan hanya memiliki 2 murid saja. Perjuangan untuk bangkit, evaluasi, dan terus bertahan hingga sekarang tergolong berat. Namun, seberat apa pun bebannya, Purdi E Chandra tetap optimis. Alhasil, sampai sekarang, tiap tahunnya ada ratusan ribu murid yang mendaftar. Bahkan outlet-nya tersebar di seluruh Indonesia.

  1. Bong Chandra

Bong Chandra Tokoh wirausahawan sukses

Siapa sangka kalau pemuda kelahiran tahun 1997 ini berhasil menjadi salah satu tokoh wirausahawan sukses asal Indonesia. Predikat itu bahkan ia miliki seorang diri dalam ukuran prestasi se-Asia sebagai motivator. Tahukah Kamu awal perjalanan Bong Chandra menjadi seorang motivator? Semua berawal dari saat ia berjualan baju dan kue.

Rupanya dagangan yang ia jual bukan hanya laku karena bagus-bagus, tetapi juga akibat bakatnya dalam menarik pembeli. Hal itu baru ia sadari ketika tengah memotivasi rekannya agar bangkit untuk menghadapi situasi tersulit apa pun. Di usia yang tergolng muda, Bong Chandra saat ini menjadi miliader dengan membawahi berbagai bidang usaha.

  1. Richard Branson

Richard Branson Tokoh wirausahawan sukses

Richard Branson Tokoh wirausahawan sukses

Pria ini memiliki pribadi yang sangat unik. Sepanjang hidupnya, ia dedikasikan untuk mengarungi berbagai petualangan. Misalnya pada tahun 1987 dan 1991 saat dia melintasi Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Agaknya, kepribadiannya inilah yang juga memancing sisi kreativitasnya di bidan usaha.

Richard Branson memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap apa pun yang ia geluti. Alhasil, sekarang dengan perusahaannya bernama Virgin Group, ia berhasil membawahi 200 perusahaan. Letak perusahaan yang ia kelola berada di 30 negara. Berkat keterampilannya dalam berwirausaha pula, ia juga memperluas bisnisnya di bidang perkeretaapian.

  1. Anita Roddick

Anita Roddick Tokoh wirausahawan sukses

Anita Roddick Tokoh wirausahawan sukses

Tokoh wirausahawan sukses ini sangat energik dalam membangun usahanya. Perusahaannya terkenal dengan nama The Body Shop. Dia menjalankan bisnis di sektor produk kecantikan secara alami. Ada momen terkenal yang dialami oleh Anita Roddick. Tepatnya saat dia menjadi orang pertama yang melarang uji-coba kimiawi pada hewan.

Dia beranggapan, bahwa hewan memiliki kehidupannya sendiri yang tidak boleh diganggu dengan cara seperti itu. Bahkan ia mempromosikan perdagangan secara adil ke berbagai negara di dunia. Alhasil, selain sebagai wirausaha, ia juga menjadi aktivis di bidang lingkungan dan sosial. Saat ini namanya sudah dikenal di banyak negara dunia.

Usaha apa yang tengah Kamu geluti saat ini? Apa pun itu, mudah-mudahan selalu bersemangat untuk menekuninya. Berkaca dari berbagai wirausawan di atas, tentu semua kesuksesan tersebut tidak bisa lepas dari semangat kerja keras tanpa henti. Mereka adalah sebagian dari kelompok kecil yang tidak mengenal kata menyerah sepanjang hari.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar