3 Profil Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan Tekstil

Tesktil adalah salah satu kerajinan di Indonesia yang memiliki peluang bisnis besar. Nah, oleh sebab itu, ada banyak wirausahawan yang melirik untuk berwirausaha di bidang ini. Ada cukup banyak wirausahawan sukses di bidang kerajinan tekstil yang bisa Kamu contoh. Dengan begitu, tak ayal Kamu juga bisa jadi seperti mereka suatu hari nanti. Siapa saja?

  1. Fauziah

wirausahawan sukses di bidang kerajinan tekstil

wirausahawan sukses di bidang kerajinan tekstil

Salah satu wirausahawan di bidang tekstil yang berhasil adalah Fauziah. Beliau adalah wirausahawan kain songket yang memiliki pusat di Palembang. Wanita yang lahir pada tahun 1957 ini mewarisi keahlian dan usaha membuat kain songket dari orang tuanya. Oleh karena usaha ini cukup mudah serta tak butuh biaya yang besar, beliau memulai bisnis ini.

Awalnya hanya meneruskan usaha kedua orang tuanya. Sempat terhenti juga karena terbentur modal. Namun, karena niatnya yang besar beliau akhirnya berhasil mendapat kucuran dana dari PLN sebesar 21 juta sehingga usahanya bisa terus berjalan sampai sekarang. Saat ini, songket yang dihasilkan rumah produksi Fauziah adalah yang terbaik di Palembang.

Dia juga sudah tak perlu repot-repot lagi untuk melakukan pemasaran karena orang-orang sendiri yang datang ke gerainya. Menurut Fauziah sendiri, kualitas itu penting. Oleh sebab itu, beliau selalu menjaga dan menekankan pada karyawannya untuk benar-benar menjaga kualitas kain songekt dengan cara melakukan pembinaan langsung pada para pengrajinnya.

Saat ini, Fauziah sudah memiliki 15 orang pengrajin yang menjadi karyawannya. Harga kain songket yang diproduksi juga tak terlalu mahal, hanya berkisar 1 hingga 4 juta rupiah saja, standar harga kain songket biasanya. Dalam sehari, saat ini Fauziah mampu menjual hingga 40 buah kain songket.

Dari hasil penjualan tersebut, rata-rata Fauziah mampu meraih laba bersih hingga 100 juta rupiah per bulannya. Selain kain, Fauziah juga membuat songekt tersebut menjadi baju untuk mengatasi saat-saat penjualan kain songket menurun. Sampai saat ini, kain songket yang diproduksi di sini sudah sampai ke Jakarta dan Medan.

  1. H. Komarudin Kudiya

Profil Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan Tekstil

Profil Wirausahawan Sukses di Bidang Kerajinan Tekstil

Selanjutnya adalah H. Komarudin Kudia S.IP yang merupakan seorang wirausahawan sukses di bidang kerajinan tekstil batik di Indonesia. Beliau lahir pada tahun 1968 di Desa Trusmi Plered Cirebon. Daerah ini sendiri adalah sebuah sentra industri batik Cirebon yang sudah terkenal hingga manca negara.

Oleh karena lingkungannya tersebut itulah pada akhirnya di diri beliau mengalir talenta seni untuk mengembangkan batik hingga sekarang. Awalnya beliau hanyalah pengrajin batik yang bekerja pada orang lain dan mengikuti orang tuanya menjual batik ker berbagai kota di daerah Jawa.

Awalnya, beliau tak ingin melanjutkan usaha di bidang ini. Beliau malah beralih ke bidang komputerisasi setelah kuliah di ITB. Jiwa bisnis itu kembali muncul setelah beliau menikah dan ternyata sang istri juga memiliki latar belakang kuat mengenai batik. Pada tahun 1997, berawal dari Lomba Cipta Selendang Batik Internasional, jalan itu muncul.

Saat itu beliau berhasil menjadi juara I dan harapan I untuk beberapa kategori yang diikutinya. Dengan menjadi juara di sana, beliau akhirnya tertantang untuk membuat desain batik yang baru dan menjalankan usaha batiknya secara profesional. Apalagi ada banyak dukungan yang beliau dapat seperti dari pimpinan Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat.

  1. Valkrisda Caresti

Valkrisda Caresti wirausahan sukses di bidang tekstil

Valkrisda Caresti wirausahan sukses di bidang tekstil

Menjadi seorang wirausahawan yang sukses memang tak mengenal usia. Misalnya saja Kamu bisa melihat dari wirausahawan muda Valkrisda Caresti yang masih berusia awal dua puluhan. Gadis kelahiran Surabaya ini berhasil mengubah limbah tekstil dan kertas menjadi produk kerajinan tangan yang layak dijual.

Meski usaha ini pada awalnya karena hobi saja dan untuk memberi hadiah pada seorang teman, ternyata hal ini menjadi jalannya. Awal dari wirausaha ini tatkala beliau masih duduk di bangku SMA. Beliau menekuni usaha scrapbook yang diberi nama syawnscrap yang memiliki banyak peminat beberapa tahun terakhir.

Kesuksesan dari Valkrisda Caresti salah satunya tak leas dari metode pemesanan yang dibuat. Setiap konsumen bisa memilih tema dan produk yang mereka inginkan. Beliau juga rela merancang konsep produk sesuai dengan keinginan konsumen. Usaha tersebut menjadikannya sebagai wirausahawan sukses di bidang tekstil.

Nah, bagaimana? Terinspirasi dari profil para wirausahawan sukses di bidang kerajinan tekstil di atas? Tak masalah berapapun usia Kamu saat ini. Kamu bisa memulainya sejak dini untuk menghasilkan yang terbaik untuk Kamu. Paling penting, Kamu punya tekad yang besar untuk mencapai hasil terbaik, kan?

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar