10 Bisnis Anak Kuliahan / Mahasiswa : Modal Kecil Menguntungkan

bisnis-anak-kuliahan-les-private

Ada banyak sekali bisnis anak kuliahan modal kecil yang dapat Kamu terapkan. Salah satunya Les Privat, bisnis untuk mahasiswa pemula ini sangat menguntungkan karena modal dikeluarkan sangat kecil. Bisnis ini termasuk bisnis rumahan untuk mahasiswa karena bisa dikerjakan dirumah sendiri.

Akan tetapi, sebelum Kamu memulai bisnis sebaiknya perhatikan terlebih dahulu beberapa aspek. Aspek yang perlu Kamu perhatikan adalah besarnya modal usaha, sesuai tidaknya dengan minat, bakat dan keterampilan, serta intensitas waktu berbisnis. Agar Kamu tidak kesulitan berikut ini adalah 10 bisnis yang cocok untuk anak kuliahan.

Bisnis Anak Kuliahan Modal Kecil Bagi Pemula

Berikut ini cara atau daftar contoh bisnis sambil kuliah untuk mahasiswa yang mencari uang tambahan.

1. Les Privat

bisnis-anak-kuliahan-les-private

Salah satu bisnis yang cocok bagi Kamu yang sedang kuliah adalah les privat SD, SMP, SMA bahkan sesama mahasiswa. Bagi Kamu yang mengambil studi jurusan eksakta maka dapat memberikan pelajaran Biologi, Fisika, Kimia, Matematika. Sedangkan bagi Kamu yang studi di jurusan rumpun ilmu sosial maka dapat mengajar Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, maupun Geografi.

Tapi, tidak menutup kemungkinan bagi Kamu yang kuliah di jurusan eksakta maupun sosial mengajar mata pelajaran umum seperti Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Ada dua manfaat yang dapat Kamu peroleh ketika menekuni bisnis les privat. Manfaat pertama adalah bertambahnya uang saku. Manfaat yang kedua adalah memperdalam penguasaan materi dan melatih keterampilan mengajar.

2. Jasa Fotografi atau Video

bisnis-anak-kuliahan-jasa-fotografi

Bisnis berikutnya yang dapat ditekuni oleh anak kuliahan adalah jasa fotografi atau video. Bisnis ini memang prospeknya bagus bila Kamu kelola dengan baik. Hal ini dikarenakan semua orang tentu membutuhkan momen spesial untuk diabadikan. Misalnya: wisuda, pernikahan, study tour, dll. Dalam memulai bisnis ini, Kamu harus memiliki keterampilan fotografi maupun edit video yang mumpuni.

3. Jasa Pengiriman

bisnis-anak-kuliahan-jasa-pengiriman

Bisnis jasa pengiriman dapat Kamu jadikan pekerjaan sampingan untuk mengisi waktu luang saat tidak kuliah. Bisnis jasa pengiriman mudah dilakukan dan juga menguntungkan. Dalam bisnis ini, tugas Kamu hanya mengantarkan barang-barang. Selain itu, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Namun, pastikan Kamu memiliki kendaraan dan mengenal baik wilayah pengiriman.

4. Jasa Tour dan Travel

bisnis-anak-kuliahan-jasa-tour-guide

Bagi Kamu yang memiliki hobi travelling dalam negeri maupun luar negeri maka bisnis tour dan travel layak untuk ditekuni. Cara pelaksanaannya dapat Kamu lakukan dengan mengumpulkan seluruh mahasiswa yang ingin pergi liburan ke suatu tempat wisata. Setelah bisnis ini sudah berkembang, Kamu bisa mengantar orang umum yang ingin pergi berlibur.

5. Penulis Lepas

bisnis-anak-kuliahan-penulis-lepas

Bisnis penulis lepas bisa menjadi opsi terbaik jika Kamu menyukai dunia tulis menulis dan mempunyai banyak ide. Umumnya, bentuk tulisan yang ditawarkan sangat bervariasi mulai dari artikel umum dengan berbagai tema hingga karya kreatif seperti cerpen maupun puisi. Bisnis penulis lepas relatif mudah untuk Kamu lakukan karena fleksibilitasnya.

Bayangkan saja, Kamu tidak perlu repot-repot pergi ke kantor karena tulisan dapat dikerjakan di mana dan kapan pun waktunya. Di samping itu, keuntungan bersih yang diperoleh dari bisnis ini hampir 80% karena tidak dibutuhkan modal berupa materi yang cukup banyak. Dalam menekuni bisnis penulis lepas yang Kamu butuhkan kemampuan menulis, kreativitas, laptop, dan kuota internet (wifi).

6. Online Shop

bisnis-anak-kuliahan-online-shop

Bisnis anak kuliahan yang relatif mudah untuk diterapkan tetapi menghasilkan profit lumayan adalah online shop. Contoh usaha mahasiswa ini cukup dengan modal 1 juta atau bahkan kurang dari itu Kamu sudah bisa menjalankannya. Di sini, Kamu dapat menjual berbagai macam barang mulai dari baju, jaket, sepatu, dll dengan memanfaatkan sosial media maupun situs jual beli online. Jika Kamu tidak mempunyai barang untuk dijual maka dapat menjadi dropshiper.

7. Jasa Penerjemah

bisnis-anak-kuliahan-translator

Apabila Kamu mengambil jurusan kuliah bahasa asing seperti Inggris, Jepang, mandarin, maka bisnis jasa penerjemah sangat prospek untuk Kamu jalankan. Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar karena hanya membutuhkan laptop, smartphone, kuota internet (wifi), dan kamus. Selain itu, lingkup pasar jasa penerjemah bukan hanya mahasiswa tapi juga pelajar hingga orang umum.

8. Jualan Makanan Ringan

bisnis-anak-kuliahan-jualan-makanan-ringan

Apabila letak kantin sangat jauh dari ruang kuliah, maka bisnis makanan ringan tentu sangat prospek. Kamu bisa menjual makanan ringan dengan harga terjangkau kepada teman sekelas maupun mahasiswa lain. Selain itu, Kamu juga dapat menerapkan metode lain dengan menitipkan dagangan di kantin kampus. Usaha kuliner untuk mahasiswa ini modalnya pun tidak terlalu besar.

9. Jualan Kaos

bisnis-anak-kuliahan-jualan-kaos

Bisnis yang satu ini memang sudah banyak dipraktekkan oleh anak kuliahan. Sebelum memulai bisnis ini Kamu sebaiknya menentukan apakah ingin membuat kaos sendiri atau menjadi reseller. Jika Kamu ingin membuat kaos sendiri maka harus mempunyai berbagai desain yang menarik. Selain menarik, Kamu juga harus mengikuti trend yang sedang ramai di kalangan anak muda.

Kemudian, jangan lupa juga Kamu harus mempunyai relasi dengan tempat konveksi sablon untuk proses produksi kaos. Sementara itu, jika Kamu ingin menjadi reseller maka harus pintar-pintar mencari distributor yang menjual kaos dengan harga murah. Semakin murah harga kulak kaos yang Kamu keluarkan, maka keuntungan bersihnya juga akan lebih besar.

10. Jualan Pulsa Elektrik

bisnis-anak-kuliahan-jualan-pulsa-elektrik

Berjualan pulsa elektrik sering dilakukan oleh sebagian besar mahasiswa yang ingin belajar bisnis. Di samping mudah dilakukan, bisnis ini juga dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan bila dikelola dengan baik. Namun, resiko yang biasa dialami para mahasiswa ketika menjalankan bisnis ini adalah menumpuknya utang terlebih dari teman sendiri.

Menjalani kuliah sambil berbisnis memang memiliki banyak manfaat. Selain menambah pemasukan, kegiatan ini juga bisa menjadi alternatif pilihan untuk Kamu tekuni setelah lulus nanti. Agar bisnis Kamu dapat bertahan dan berkembang lebih besar maka lakukanlah pengelolaan sebaik mungkin. Selain itu, pastikan juga bisnis yang Kamu jalani sesuai dengan minat, bakat serta keterampilan.

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar
CLOSE