Bisnis Online

5 Kiat Sukses Bisnis Baju Online Impor Agar Cepat Laku

Bisnis yang berkaitan dengan life style masyarakat terutama baju memang tidak akan ada matinya. Hal ini dikarenakan seiring dengan berkembangnya waktu berbagai mode baju terus bermunculan mengikuti selera masyarakat. Jadi, dapat dikatakan bahwa bisnis baju online impor merupakan usaha yang mempunyai prospek cerah. Lalu Bagaimana cara memulai bisnis online shop baju yang baik dan benar. Silahkan ikuti tips cara bisnis online baju yang akan kami ulas di Portal Uang ini.

Terlebih lagi saat ini masyarakat begitu menggemari penggunaan berbagai produk impor dengan branded tertentu. Kondisi yang demikian ini jelas sebuah peluang usaha bagi Kamu. Namun, jangan kaget apabila Kamu akan menemui banyak pesaing saat memulai bisnis ini. Oleh karena itu, agar bisnis Kamu bisa bertahan dalam ketatnya persaingan, maka perlu menerapkan lima tips di bawah ini.

Tips Cara Merintis Bisnis Baju Online Impor Agar Cepat Laku

1. Siapkan komponen penunjang bisnis Kamu

komponen bisnis baju online

Dalam berbisnis, niat dan tekad adalah dua komponen yang penting. Akan tetapi, saat akan memulai bisnis online tentu tidak hanya membutuhkan kedua komponen tersebut. Berbisnis online berarti memasarkan produk Kamu serta melakukan transaksi melalui sosial media dan marketplace. Jadi, Kamu wajib untuk mempersiapkan perangkat berupa smartphone atau laptop dan koneksi internet. Itulah beberapa komponen yang diperlukan saat mau memulai bisnis baju online shop atau berbisnis online yang lain.

2. Lakukan riset pasar

riset pasar bisnis baju online

Setelah seluruh komponen penunjang bisnis siap, maka selanjutnya Kamu harus melakukan riset pasar. Melakukan riset pasar tentu penting bagi perkembangan bisnis Kamu. Hal ini dikarenakan ketepatan dalam riset pasar akan membuat bisnis Kamu berhasil. Dalam riset pasar, Kamu harus mengamati selera konsumen terhadap suatu produk dan juga daya beli mereka. Disinilah  kunci utama agar bisnis baju online Kamu agar cepat laku.

Jangan lupa juga untuk menentukan segmentasi pasar dari produk baju yang Kamu jual. Apakah baju ini akan dijual untuk pelanggan anak-anak, wanita, pria, anak muda atau siapa? Dengan menentukan segmentasi pasar secara fokus maka akan membuat penjualan produk menjadi lebih maksimal. Makismalnya penjualan produk tentu akan membuat bisnis Kamu terus bertahan bahkan berkembang.

3. Memastikan kualitas produk

kualitas produk bisnis baju online

Rahasia sukses dalam berbisnis baju online impor yang juga harus Kamu perhatikan adalah soal kualitas produk. Kamu sebaiknya jangan hanya melihat dari aspek harga yang murah tetapi pastikan juga bahwa baju impor berkualitas dan asli. Jadi, Kamu harus memilih baju impor secara jeli dengan memperhatikan beberapa indikator mulai dari tag, bahan hingga kualitas sablonan.

Mengapa Kamu harus jeli dalam membeli baju impor sebelum dijual kembali? Hal ini dikarenakan kegiatan bisnis jual baju impor termasuk salah satu usaha yang berisiko tinggi terhadap penipuan. Dewasa ini, banyak sekali supplier yang mengaku produknya asli tetapi ternyata hanya buatan lokal. Ketika Kamu menjual barang tiruan tentu akan berakibat buruk pada citra usaha di mata pelanggan.

4. Harga yang kompetitif

harga bisnis baju online

Meskipun produk baju impor yang Kamu jual berkualitas dan juga asli tetapi pikirkanlah harga kompetitifnya. Idealnya, dalam bisnis baju online impor Kamu perlu menyesuaikan dengan harga asli di negara asalnya. Tujuannya adalah harga jual yang Kamu tawarkan kepada pelanggan terlihat logis apalagi untuk sebuah baju impor branded, berkualitas dan asli.

Selain itu, pastikan juga Kamu tidak terlalu banyak menaikkan harga dari modal untuk mendapatkan profit. Sebaiknya, Kamu menaikkan harga secara realistis agar dapat menjangkau daya beli konsumen. Harga produk yang terlalu mahal tentu sangatlah sulit untuk dijangkau oleh konsumen. Mahalnya harga produk yang Kamu jual juga akan berakibat pada penurunan minat beli konsumen.

5. Datangi langsung suppliernya

supplier bisnis baju online

Cara yang pertama ini memang sedikit ribet karena Kamu harus mendatangi langsung suppliernya. Misalnya, Kamu ingin mengimpor produk berupa baju dari Singapura. Ini artinya Kamu harus datang ke Singapura secara langsung untuk memilih supplier. Jadi, dapat disimpulkan bahwa cara ini sangatlah menyita waktu dan biaya tentunya.

Namun, sebenarnya Kamu tidak harus mendatangi suppliernya secara langsung. Apabila Kamu mempunyai rekan yang berdomisili di Singapura, maka dapat memintanya untuk berbelanja dan mengirimkan baju tersebut ke Indonesia. Dengan demikian, Kamu hanya perlu membiayai pembelian baju dan ongkos kirimnya. Tetapi, usahakan rekanan yang Kamu pilih bisa dipercaya.

Memulai bisnis baju impor secara online merupakan salah satu tindakan yang tepat. Ini tidak terlepas dari gaya hidup masyarakat zaman sekarang terutama kaum muda yang menggemari produk-produk branded. Akan tetapi, sama seperti memulai usaha pada umumnya, merintis bisnis jual baju impor juga memerlukan perencanaan yang matang.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar