Banyak yang bilang, bahwa orang Indonesia rasanya belum makan jika belum makan nasi. Wajar saja, karena nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Nasi itu sendiri, seperti yang sudah Kamu ketahui, berasal dari beras, sehingga pastinya orang yang berjualan beras pasti akan laku. Kamu pun bisa melakukan bisnis beras, asalkan memiliki niat.

Cara memulai bisnis beras agar sukses Kamu harus tau beberapa tips jitu agar usaha beras Kamu laku keras. Silahkan baca tips bisnis jual beli beras dibawah ini agar lebih menguntungkan.

Tips Ampuh Bisnis Beras untuk Meningkatkan Penjualan dan Menguntungkan

Tentunya, untuk bisa berjualan beras, Kamu tak bisa sembarangan berjualan tanpa strategi. Salah-salah, Kamu malah rugi. Agar Kamu bisa sukses dalam melakukan bisnis berjualan beras ini, maka ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan, berikut ini.

1. Menentukan target konsumen

bisnis-beras-ekspor

Sebelum berjualan, Kamu bisa menentukan target konsumen Kamu. Kamu bisa menargetkan rumah tangga dan juga penjual makanan. Jika Kamu berada di lingkungan di mana kedua konsumen itu berada, maka bisnis beras sudah menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana bila di daerah sekitar Kamu berjualan ada juga yang berjualan beras? Kamu perlu memikirkan strategi agar dagangan Kamu lebih laku, seperti misalnya menghadirkan lebih banyak pilihan beras dibandingkan kompetitor Kamu. Dengan begitu, pasti akan lebih banyak pengunjung datang ke tempat Kamu.

2. Mendatangkan beras dari penggilingan

bisnis-beras-online

Jika Kamu menyuplai beras dari agen beras, maka harganya akan sama dengan toko sembako, dan hal itu akan membuat Kamu sulit menghasilkan keuntungan. Solusinya, Kamu bisa menyuplai beras Kamu langsung dari tempat penggilingan beras.

Jika Kamu merasa membeli dari tempat penggilingan beras masih mahal, maka Kamu bisa langsung membeli gabah dari petani, dan menggilingnya untuk kemudian Kamu jual. Proses ini terbilang lebih murah, namun membutuhkan tenaga yang ekstra.

3. Siapkan gudang yang aman

bisnis-beras-organik

Kamu juga harus menyiapkan gudang yang aman untuk menyimpan beras Kamu. Aman di sini adalah aman dari pencuri, dan juga aman dari hewan-hewan seperti tikus. Selain itu, pastikan pula gudang beras Kamu kokoh, sehingga bebas dari bocor saat hujan.

Untuk menghindari tikus, sebaiknya Kamu menjaga kebersihan gudangnya, dan berikan pencahayaan yang cukup, karena tikus kurang menyukai tempat yang terang.

4. Sediakan beras dari berbagai tipe

bisnis-beras-impor

Selera masing-masing orang akan beras berbeda, karena itu Kamu juga sebaiknya menyiapkan berbagai jenis beras agar bisa memenuhi semua minat konsumen. Memang menyediakan berbagai jenis beras akan memakan biaya yang lebih mahal, namun semua akan terbayarkan jika tempat dagangan Kamu lebih laku dari kompetitor.

Tentu saja, Kamu juga perlu memperhatikan kualitas beras yang Kamu jual. Jika Kamu punya berbagai jenis beras, namun kualitasnya kurang baik, maka tetap saja toko beras Kamu tak akan laku.

5. Tata letak beras

bisnis-beras-irc

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, setelah Kamu menyiapkan berbagai jenis beras, maka Kamu juga harus memikirkan tata letaknya di toko Kamu. Kamu harus meletakkan semua jenis beras itu agar semua bisa terlihat oleh konsumen. Toko Kamu pun akan terlihat lebih lengkap jika semua varian beras bisa terlihat.

Kamu bisa menggunakan rak bersusun seperti tangga, dengan posisi rak belakang lebih tinggi dari rak depannya, sehingga jika dilihat dari depan, semua beras akan terlihat oleh konsumen. Toko Kamu pun akan dinilai lebih menarik.

6. Siapkan strategi promosi

bisnis-beras-promosi

Semua sudah siap, mulai dari toko, sampai jenis berasnya. Kini, yang perlu Kamu lakukan adalah melakukan promosi. Agar lebih murah, Kamu bisa promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, Kamu juga bisa melakukan syukuran di toko beras Kamu, sehingga banyak orang tahu bahwa Kamu telah membuka toko beras.

Bila Kamu memiliki modal lebih, Kamu bisa membuat spanduk atau banner di depan toko Kamu, sehingga orang yang lewat akan tahu ada toko beras baru. Terakhir, Kamu juga bisa memberikan promo menarik dalam jangka waktu tertentu, agar bisa menarik konsumen. Siapa tahu dari konsumen itu ada yang bakal jadi langganan Kamu.

Setelah Kamu melakukan semua itu, Kamu cukup berusaha semaksimal mungkin menjaga agar toko Kamu jangan sampai bangkrut. Jika Kamu melakukan semuanya dari hati, maka berjualan beras ini tak akan jadi beban, dan Kamu pun akan menikmatinya. Bonusnya, Kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang lumayan.

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar