Peluang Usaha Jual Beras : 7 Tips Jualan Beras Eceran, Kemasan atau Grosir

usaha jual beras

Untuk memulai usaha jual beras baik eceran, kemasan maupun grosir agar sukses. Anda harus tau beberapa tips jitu agar usaha beras Anda laku keras. Silahkan baca tips cara memulai jual beli beras dibawah ini agar lebih menguntungkan.

Tentunya, untuk bisa berjualan beras, Anda tak bisa sembarangan berjualan tanpa strategi. Salah-salah, Anda malah rugi. Agar Anda bisa sukses dalam melakukan bisnis berjualan beras ini, maka ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, berikut ini.

Tips 1 : Menentukan Target Konsumen

bisnis-beras-ekspor

Sebelum berjualan, Anda bisa menentukan target konsumen Anda. Anda bisa menargetkan rumah tangga dan juga penjual makanan. Jika Anda berada di lingkungan di mana kedua konsumen itu berada, maka usaha beras sudah menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana bila di daerah sekitar Anda berjualan ada juga yang berjualan beras? Anda perlu memikirkan strategi agar dagangan Anda lebih laku, seperti misalnya menghadirkan lebih banyak pilihan beras dibandingkan kompetitor Anda. Dengan begitu, pasti akan lebih banyak pengunjung datang ke tempat Anda.

Tips 2 : Mendatangkan Beras dari Penggilingan

bisnis-beras-online

Jika Anda menyuplai beras dari agen beras, maka harganya akan sama dengan toko sembako, dan hal itu akan membuat Anda sulit menghasilkan keuntungan. Solusinya, Anda bisa menyuplai beras Anda langsung dari tempat penggilingan beras.

Jika Anda merasa membeli dari tempat penggilingan beras masih mahal, maka Anda bisa langsung membeli gabah dari petani, dan menggilingnya untuk kemudian Anda jual. Proses ini terbilang lebih murah, namun membutuhkan tenaga yang ekstra.

Tips 3 : Siapkan Gudang yang Aman

bisnis-beras-organik

Anda juga harus menyiapkan gudang yang aman untuk menyimpan beras Anda. Aman di sini adalah aman dari pencuri, dan juga aman dari hewan-hewan seperti tikus. Selain itu, pastikan pula gudang beras Anda kokoh, sehingga bebas dari bocor saat hujan.

Untuk menghindari tikus, sebaiknya Anda menjaga kebersihan gudangnya, dan berikan pencahayaan yang cukup, karena tikus kurang menyukai tempat yang terang.

Tips 4 : Sediakan Beras dari Berbagai Tipe

bisnis-beras-impor

Selera masing-masing orang akan beras berbeda, karena itu Anda juga sebaiknya menyiapkan berbagai jenis beras agar bisa memenuhi semua minat konsumen. Memang menyediakan berbagai jenis beras akan memakan biaya yang lebih mahal, namun semua akan terbayarkan jika tempat dagangan Anda lebih laku dari kompetitor.

Tentu saja, Anda juga perlu memperhatikan kualitas beras yang Anda jual. Jika Anda punya berbagai jenis beras, namun kualitasnya kurang baik, maka tetap saja toko beras Anda tak akan laku.

Tips 5 : Tata Letak Beras

bisnis-beras-irc

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, setelah Anda menyiapkan berbagai jenis beras, maka Anda juga harus memikirkan tata letaknya di toko Anda. Anda harus meletakkan semua jenis beras itu agar semua bisa terlihat oleh konsumen. Toko Anda pun akan terlihat lebih lengkap jika semua varian beras bisa terlihat.

Anda bisa menggunakan rak bersusun seperti tangga, dengan posisi rak belakang lebih tinggi dari rak depannya, sehingga jika dilihat dari depan, semua beras akan terlihat oleh konsumen. Toko Anda pun akan dinilai lebih menarik.

Tips 6 : Cara Promosikan Beras

bisnis-beras-promosi

Semua sudah siap, mulai dari toko, sampai jenis berasnya. Kini, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan promosi. Agar lebih murah, Anda bisa promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan syukuran di toko beras Anda, sehingga banyak orang tahu bahwa Anda telah membuka toko beras.

Saat ini untuk memprosikan beras atau produk lainnya tidak hanya secara offline namun juga bisa secara online, berikut ini caranya :

1. Cara Promosi Beras Manual / Offline

Anda bisa membuat spanduk atau banner di depan toko Anda, sehingga orang yang lewat akan tahu ada toko beras baru. Terakhir, Anda juga bisa memberikan promo menarik dalam jangka waktu tertentu, agar bisa menarik konsumen. Siapa tahu dari konsumen itu ada yang bakal jadi langganan Anda.

2. Cara Promosi Beras Online

Ada beberapa cara mempromosikan beras secara online :

Tips 7 : Kembangkan Usaha Anda

Selanjutnya jika sudah berjalan, selalu kembangkan usaha Anda menjadi lebih besar. Untuk itu ikuti saja 5 tips dari duwitmu.com.

  1. Strategi Bisnis Memajukan Usaha Kecil.
  2. Menghemat Anggaran Operasional, Teknik Pengembangan Usaha.
  3. Ketahui Harga Pasar.
  4. Pahami Pesaing Anda, Cara Berbisnis Kecil.
  5. dan Meskipun Perusahaan Kecil, Lakukan Investasi.

Setelah Anda melakukan semua itu, Anda cukup berusaha semaksimal mungkin menjaga agar toko Anda jangan sampai bangkrut. Jika Anda melakukan semuanya dari hati, maka berjualan beras ini tak akan jadi beban, dan Anda pun akan menikmatinya. Bonusnya, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lumayan.