6 Bisnis Modal 10 Juta di Bidang Kuliner

Seperti yang bisa kita lihat, kini banyak orang mulai membuka bisnis di bidang kuliner. Kulinernya pun bermacam-macam, mulai dari makanan ringan, sampai ke makanan berat. Memang, kuliner adalah salah satu bisnis dengan modal 10 juta yang menjanjikan, karena bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Anda pun bisa melakukan bisnis kuliner ini.

Jenis Peluang Usaha Modal 10 Juta di Bidang Kuliner

Bila Anda ingin wirausaha kuliner dengan modal 10 juta, mungkin Anda bingung, mau membuka usaha kuliner apa. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa peluang usaha 10 juta dalam bidang kuliner yang mungkin bisa menarik minat Anda.

1. Ayam Geprek

bisnis-modal-1-juta-ayam-geprek

Ayam geprek sepertinya termasuk salah satu usaha yang sedang digemari pada saat ini. Pasalnya, bila Anda melihat di pinggir jalan, pasti ada saja yang membuka usaha ini. Sebenarnya, usaha ayam geprek ini berasal dari ayam goreng tepung ala restoran cepat saji, yang kemudian sedikit dimodifikasi.

Untuk membuat ayam geprek, ayam digeprek dengan bawang, cabai dan garam. Biasanya, jumlah cabai disesuaikan dengan pesanan konsumen, bisa banyak, bisa juga sedikit.

Memulai usaha ini bisa dengan modal 10 juta, dan Anda pun tak memerlukan tempat untuk bisa memulai usaha, cukup menyewa space yang ada di minimarket, atau bahkan Anda bisa membukanya di teras rumah Anda sendiri.

2. Bakso

bisnis-modal-1-juta-bakso

Siapa yang tidak suka bakso? Kebanyakan orang Indonesia pasti menyukai menu yang satu ini. Baksonya juga bermacam-macam, dari yang biasa, hingga yang berukuran jumbo bahkan sampai ada juga bakso di dalam bakso, yang dikenal dengan nama bakso beranak.

Dengan modal 10 juta, Anda bisa memilih untuk berjualan bakso dengan metode apa, apakah dengan gerobak, menyewa kios, atau bahkan seperti restoran kelas atas. Apapun metode yang Anda pilih, selama harganya disesuaikan dengan kantong kebanyakan orang Indonesia, dagangan Anda pasti akan laku, terlepas dari musimnya, apakah sedang musim kemarau atau musim hujan.

3. Bubur ayam

bisnis-modal-1-juta-bubur-ayam

Bubur ayam juga bisa jadi pilihan usaha Anda, pasalnya bubur ayam selalu dicari oleh banyak orang, terutama pada pagi hari. Jika kebetulan di dekat tempat Anda berjualan bubur ayam masih belum ada warung atau gerobak bubur ayam, maka Anda bisa menjadikan ini sebagai momen yang pas untuk berjualan bubur ayam.

Kemungkinan besar, bubur ayam Anda akan laku, mengingat di dekat Anda masih belum ada warung bubur ayam. Kalau pun ada tempat makan, biasanya juga belum buka, sehingga orang yang butuh sarapan akan mendatangi warung Anda.

4. Mie ayam

bisnis-modal-1-juta-mie-ayam

Selain bakso, usaha kuliner yang pasti diminati banyak orang adalah mie ayam. Menu mie memang menjadi salah satu kegemaran dari banyak orang di Indonesia. Karena itu, banyak kita lihat orang berjualan mie ayam, baik itu menggunakan gerobak dan berada di pinggir jalan, maupun yang sudah menyewa tempat.

Dengan modal 10 juta, Anda sudah bisa mempersiapkan segala hal untuk bisa mulai berjualan mie ayam, mulai dari bahan baku mie, bahan pelengkap, sampai ke peralatan masaknya seperti kompor, regulator, tabung gas, selang. Anda juga bisa mempersiapkan meja dan kursi jika Anda membuka mie ayam ini di suatu tempat yang sudah Anda sewa.

5. Kue kering

bisnis-modal-1-juta-kue-kering

Kue kering sering dianggap sebagai usaha yang musiman, karena hanya laku pada saat menjelang Lebaran. Pernyataan itu memang benar, tapi kurang tepat juga, karena meskipun bukan saat Lebaran, terbukti kue kering juga laku.

Dengan modal 10 juta, dan jika Anda kebetulan suka membuat kue, maka usaha kue kering ini adalah pilihan yang utama. Kelebihan dari usaha kue kering ini adalah Anda tak membutuhkan space lagi, sehingga bisa menghemat biaya sewa tempat. Selain itu, Anda juga tak perlu membeli peralatan masak lagi jika sudah ada di rumah.

6. Catering rumahan

bisnis-modal-1-juta-catering-rumahan

Usaha terakhir yang bisa Anda pilih jika memiliki modal 10 juta adalah catering rumahan. Sama seperti usaha kue kering di atas, untuk bisa membuka catering rumahan ini tak perlu membeli alat masak lagi, dan Anda juga tak perlu menyewa tempat.

Agar lebih fokus dan tidak bingung, sebaiknya pada tahap awal Anda memulai bisnis catering ini dengan satu jenis makanan saja. Jika sudah mulai maju, baru Anda bisa mulai merambah ke jenis makanan lainnya.

Kini Anda sudah tahu bahwa dengan modal 10 juta, Anda sudah bisa membuka usaha di bidang kuliner. Perlu diingat, bahwa Anda harus menjalani usaha Anda dengan sepenuh hati, agar tak terhenti di tengah jalan.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar

2 Komentar

  • Saat ini sy berstatus karyawan. Tp sy punya cita2 buka warung makan (sop dan ayam goreng). Mohon masukan tipsnya, apakah sya harus resign dulu ataukah bisa nyambi?