6 Bisnis Modal 5 Juta yang Mempunyai Prospek Cerah

Dalam memulai sebuah bisnis, Anda tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Kini, dengan modal kecil sejumlah 5 juta pun Anda sudah bisa untuk merintis sebuah bisnis. Menjalankan bisnis bermodal 5 juta memang tidak akan langsung menghasilkan keuntungan berjumlah besar dalam sekejap. Tetapi, bisnis modal 5 juta akan memberikan keuntungan secara bertahap dan konsisten.

Perolehan keuntungan secara bertahap dan konsisten inilah yang akan membuat bisnis Anda terus bertahan bahkan berkembang. Sebelumnya, Anda mungkin bertanya-tanya tentang usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal uang 5 juta. Ada banyak sekali jenis peluang usaha sampingan dengan modal sejumlah 5 juta rupiah yang dapat Anda mulai jalankan nanti ditahun 2019, yaitu:

Daftar Contoh Bisnis Modal 5 Juta yang Dapat Anda Mulai

1. Membuka jasa laundry

bisnis-modal-5-juta-laundry

Apabila Anda mempunyai modal 5 juta, membuka jasa laundry dapat menjadi salah satu opsi usaha. Dengan uang 5 juta, Anda bisa membeli satu atau dua unit mesin cuci untuk memulai bisnis ini. Namun, jika Anda menginginkannya dalam jumlah banyak sekaligus, maka bisa membeli mesin cuci kondisi bekas tetapi masih layak pakai.

Pada zaman modern seperti sekarang ini, usaha laundry mempunyai peluang pasar yang cukup menjanjikan bahkan dikampung sekalipun. Hal ini dikarenakan masyarakat zaman sekarang khususnya kaum muda menerapkan gaya hidup yang praktis. Salah satu contohnya adalah mereka lebih senang menggunakan jasa laundry daripada mencuci pakaiannya sendiri. Jadi, usaha ini tidak akan pernah sepi dari pelanggan. Enaknya bisnis laundry ini juga bisa dikerjakan dirumah / menjadi bisnis rumahan.

2. Membuka usaha foto copy dan ATK

Satu lagi bisnis dengan modal 5 juta yang dapat Anda mulai adalah membuka usaha foto copy dan ATK. Bisnis ini dianggap memiliki prospek yang sangat menjanjikan meskipun pada awalnya besarnya perolehan keuntungan tidak seberapa. Anda sebaiknya membuka usaha ini di lokasi-lokasi yang strategis seperti kantor, kampus maupun sekolah.

3. Jual beli barang bekas

bisnis-modal-5-juta-barang-bekas

Seiring dengan semakin maraknya situs jual beli online yang bermunculan, maka usaha ini pun juga ikut berkembang. Usaha jual beli barang bekas dapat Anda mulai dengan menggunakan modal 5 juta rupiah yang dimiliki. Selain itu, bisnis yang satu ini juga sangat fleksibel karena dapat Anda jalankan kapan dan dimana pun. Ini dikarenakan promosi barang Anda lakukan melalui situs jual beli online.

4. Menjual aksesoris dan souvenir

bisnis-modal-5-juta-jual-souvenir

Sebenarnya, Anda bisa mengubah hobi membuat aksesoris dan souvenir menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Dengan membuka usaha penjualan aksesoris dan souvenir maka keuntungan yang akan Anda peroleh cukup lumayan. Hal ini dikarenakan berbagai macam jenis aksesoris dan souvenir selalu dicari oleh kaum hawa untuk digunakan bahkan dikoleksi. Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa karena modalnya tidak sampai 5 juta lingkungan juga mendukung.

Akan tetapi, memulai bisnis penjualan aksesoris dan souvenir tidak harus didasari hobi. Meski Anda tidak memiliki hobi membuat aksesoris dan souvenir, bisnis ini tetap bisa dimulai. Caranya adalah dengan mengambil berbagai barang berharga terjangkau dan berkualitas dari supplier. Kemudian, Anda tinggal menaikkan nominal harga belinya untuk mendapatkan profit saat dijual.

5. Membuka counter pulsa

bisnis-modal-5-juta-counter-pulsa

Pada era teknologi seperti sekarang ini, semua orang tentu membutuhkan pulsa dan paket internet. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk membuka counter pulsa menggunakan uang 5 juta yang dimiliki, maka ini adalah tindakan tepat. Bisnis modal 5 juta berupa counter pulsa memang mempunyai prospek yang cerah terlebih jika Anda membukanya di area padat penduduk.

Skema bisnis ini dapat Anda jalankan melalui kerjasama dengan agen pulsa yang terpercaya. Tidak hanya sekedar terpercaya, agen pulsa yang Anda pilih sebagai mitra kerjasama juga sebaiknya bersedia memberikan penawaran harga menarik. Disamping menjual pulsa dan kuota internet, lengkapi juga counter Anda dengan berbagai produk aksesoris smartphone.

6. Membuka salon sederhana

bisnis-modal-5-juta-salon

Merintis bisnis salon tidak melulu membutuhkan modal yang besar. Kini, Anda dapat memulainya dengan menggunakan modal awal sebesar 5 juta rupiah. Dana tersebut tentu akan Anda pergunakan untuk membeli berbagai peralatan yang menunjang bisnis salon. Selain itu, Anda juga harus memiliki keterampilan memotong rambut, melakukan creambath, lulur dll.

Namun, apabila Anda tidak mempunyai keterampilan tersebut, maka solusi terbaiknya adalah mempekerjakan orang. Disamping peralatan dan keterampilan, ada satu lagi aspek yang dapat menentukan keberhasilan bisnis ini. Aspek tersebut adalah kemampuan berkomunikasi. Terapkan komunikasi yang baik dengan pelanggan agar mereka selalu mengunjungi salon Anda.

Deskripsi di atas tentu semakin meyakinkan Anda bahwa memulai bisnis ternyata tidak harus membutuhkan modal besar. Sebaliknya, hanya dengan modal kecil sebesar 5 juta misalnya Anda sudah bisa merintis bisnis. Jadi, segera pikirkan jenis bisnis apa yang ingin Anda mulai agar uang 5 juta yang dimiliki menjadi lebih bermanfaat.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar