Bisnis Online

7 Ide Bisnis Online Syariah Terbaru

Populasi Muslim yang besar di dunia saat ini memberikan peluang besar bagi para pengusaha dan produsen makanan halal, kosmetik, perawatan pribadi, dan produk farmasi. Apalagi di Indonesia sendiri penduduk terbanyak adalah beragama Islam, jadi ketika Kamu bisa melihat peluang bisnis namun sesuai dengan syariah Islam. Apa sajakah ide bisnis online syariah yang bisa dicoba?

Untuk mengetahui waktu yang sangat baik untuk memulai bisnis online yang sesuai dengan syariah, berikut adalah 7 ide bisnisnya.

Contoh Ide Bisnis Online Syariah Halal dan Terpercaya

1. Islamic Marriage Counselor

bisnis-online-syariah-menjual-makanan

Kehidupan pernikahan tidak selalu mudah bagi sebagian orang karena ada banyak tantangan di sepanjang jalan. Sebagai konselor pernikahan, Kamu akan ditugasi membimbing pasangan menuju pernikahan yang sukses, sakinah, mawaddah, dan warohmah.

Jika Kamu cukup terampil, maka Kamu dapat menjadi konselor pernikahan Islam secara online. Kamu bisa memberi masukan pada pasangan. Hal yang perlu Kamu miliki mungkin pelatihan dan akreditasi yang diperlukan.

2. Pemandu wisata

bisnis-online-syariah-travel-guide

Jika Kamu tinggal di kota dengan sejarah Islam, maka Kamu dapat menjadi pemandu wisata dengan membuat webnya dan membawa turis di sekitar tempat Kamu menjelaskan peristiwa bersejarah, mendiskusikan arsitektur dan menampilkan fakta sejarah yang menarik tentang sekitarnya.

3. Saluran YouTube

bisnis-online-syariah-vlogger

Channel YouTube adalah salah satu gagasan paling serbaguna yang dapat Kamu lakukan dengan mudah. Ketika dikelola dengan baik, saluran YouTube dapat lebih menguntungkan daripada blog. Sebagai permulaan, Kamu tidak memerlukan domain atau Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menghosting saluran Kamu.

Kamu juga memiliki audiens yang besar dan platform siap pakai bagi Kamu untuk diajak bekerja sama. Selain itu, persetujuan AdSense melalui YouTube juga mudah. Kamu dapat mulai menghasilkan uang dengan membuat akun dan membuat postingan.

Kamu dapat pergi ke YouTube, mengunggah video dan Kamu dapat memulai dari sana. Kamu dapat membuat saluran YouTube yang didasarkan pada ajaran agama Islam Kamu dengan orang lain.

Setiap hari, lebih dari 5 miliar video ditonton di YouTube dan video Kamu dapat menjadi salah satunya. Kamu dapat memperoleh bayaran melalui dengan mengaktifkan Google AdSense di saluran Kamu, melalui video yang disponsori dan melalui penjualan layanan Kamu atau layanan orang lain di YouTube.

4. Halal Caterer

bisnis-online-syariah-menjual-makanan

Jika Kamu adalah spesialis dalam memasak makanan Halal, maka Kamu dapat menawarkan layanan Kamu sebagai katering dan melayani acara seperti ulang tahun, pernikahan, pesta ulang tahun secara online dan antar delivery atau menggunakan jasa go send dari berbagai ojek online.

5. Blogger Resep Makanan Halal

bisnis-online-syariah-blogger-muslim

Banyak orang akan suka memasak makanan halal untuk diri mereka sendiri, tetapi mereka tidak tahu bagaimana cara mempersiapkannya. Jika Kamu terampil dalam berbagai resep halal, Kamu dapat membagikannya dengan dunia, melalui situs web atau blog Kamu.

6. Toko buku

bisnis-online-syariah-toko-buku

Kamu dapat membuka toko buku secara online dan menjual Alquran serta buku-buku agama Islam. Meskipun e-book mengambil alih pasar buku, tapi masih belum ada yang benar-benar dapat menggantikan menarik dan nyamannya membaca buku dengan bentuk hard copy.

Selain mengoperasikan toko buku online, akan menguntungkan juga jika Kamu memiliki toko offline agar pelanggan Kamu dapat dengan mudah membeli buku Kamu.

7. Online Tutoring

bisnis-online-syariah-toko-buku

Internet adalah rumah yang bisa memberikan berbagai pilihan bimbingan, di mana Kamu dapat mengajar seseorang yang tinggal di seluruh dunia. Kamu bisa memberikan bimbingan dari rumah Kamu sendiri.

Setelah Kamu membuat profil tutor online gratis, siswa yang bersemangat dapat terhubung dengan Kamu melalui web. Kamu dapat mengajarkan Pelajaran Bahasa Arab, IPA, IPS, dan berbagai macam pelajaran melalui Skype atau FaceTime, dan tarif per jam bisa Kamu tentukan sendiri.

Jika Kamu memiliki jadwal yang sibuk, Kamu dapat mengatur hari dan waktu sesuka Kamu sehingga Kamu tidak akan meninggalkan klien Kamu. Belajar online adalah bisnis yang sangat bagus yang dapat Kamu gunakan untuk menghasilkan uang dari rumah.

Jika Kamu tertarik untuk memulai bisnis online syariah Kamu sendiri, mulailah dari sekarang. Kamu hidup di zaman yang serba teknologi. Peluang dan potensi pertumbuhan bisnis akan semakin naik. Berkat internet dan smartphone, jumlah perdagangan yang dilakukan secara online telah mengalami pertumbuhan yang eksplosif.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar