Kamu ingin membuka bisnis plan makanan yang anti mainstream, unik dan menarik? Bisnis makanan memang menjadi bisnis yang paling banyak digemari, terutama seorang wanita. Membuka bisnis makanan bukan hanya sekedar mencari uang, tapi juga karena hobi yang tersalurkan.

Namun, jika Kamu hendak membuka sebuah bisnis, Kamu perlu memperhatikan trik berbisnis agar laris manis.

8 Ide Bisnis Plan Makanan

1. Gunakan Bahan Alami dan Menyehatkan

bisnis-plan-makanan

Orang-orang menjadi semakin peduli tentang kesehatan apa yang dimakan memainkan peran yang sangat penting untuk kesehatan. Seorang pelatih nutrisi membantu orang lain merancang dan mengikuti rencana makan yang membantu mereka memenuhi tujuan kesehatan mereka. Beberapa konsumen mungkin memiliki masalah spesifik yang harus dihadapi seperti diabetes atau alergi makanan.

Lainnya mungkin ingin mengikuti jenis diet tertentu, seperti vegan atau bebas gluten. Meskipun Kamu tidak perlu menjadi ahli gizi yang terdaftar, Kamu perlu membuat makanan Kamu terbuat dari bahan yang menyehatkan dan juga mendapatkan rekomendasi dari ahli gizi.

Rekomendasi ahli gizi dapat menambah kredibilitas makanan Kamu. Bisa pula Kamu mempertimbangkan untuk mendapatkan sertifikasi makanan bernutrisi oleh salah satu lembaga pembinaan nutrisi.

2. Delivery

bisnis-plan-makanan-delivery

Orang tua yang sedang bekerja hampir tidak punya waktu untuk memasak makan malam, apalagi berbelanja bahan makanan. Jika Kamu memiliki kendaraan dan beberapa waktu luang selama malam hari dan akhir pekan, Kamu dapat membantu keluarga yang sibuk ini dengan mengantarkan makanan Kamu.

Klien dapat mengirimkan daftar belanjaan dan membayar item yang Kamu ambil. Kemudian Kamu dapat menghasilkan laba dengan membelanjakan apa yang mereka inginkan. Usahakan untuk memberikan harga untuk penawaran terbaik.

3. Gunakan Food Truk

Ingin membuka restoran tanpa membayar ruang ritel dan banyak peralatan dapur? Dengan seperangkat akomodasi yang layak dan persiapan makanan dengan skala kecil, Kamu bisa membuka restoran yang Kamu mau.

Dengan biaya startup yang kecil, harga kompetitif, dan risiko kegagalan yang lebih rendah menjadi beberapa alasan mengapa food truck adalah alternatif yang bagus untuk membuka restoran yang Kamu mau.

Pilih jenis makanan atau masakan tertentu yang Kamu kenal dan kerjakan untuk menyempurnakan resep untuk dijual secara online Kamu. Pastikan Kamu benar-benar fokus pada spesialisasi makanan tertentu sehingga membantu Kamu menonjoli dan membantu upaya branding Kamu.

4. Gunakan Vlog

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk mulai menghasilkan uang dari makanan adalah melalui blog atau vlog makanan. Kamu dapat membagikan resep Kamu melalui teks atau video, dan mempostingnya di blog atau vlog Kamu.

Cobalah untuk membagikannya di Pinterest, Instagram, Facebook, dan banyak lagi. Tidak seperti bisnis makanan lain yang berada di bawah peraturan khusus, blog makanan tidak memiliki aturan makanan khusus karena Kamu tidak menjual makanan tapi memasarkan.

Sebaliknya, Kamu dapat memperoleh penghasilan melalui berbagai opsi lain seperti pemasaran afiliasi, iklan, atau membuat produk Kamu sendiri seperti buku resep.

5. Tautkan ke Posting Blog Kamu

tautkan-blog-di-bisnis-plan-makanan

Blogging adalah bentuk pemasaran konten. Bagikan tautan ke entri blog Kamu yang dapat bertindak sebagai bentuk pemasaran untuk bisnis Kamu. Apabila dilakukan dengan benar, tunjukkan keterampilan dan keahlian Kamu yang menakjubkan!

6. Jaringan

bisnis-plan-makanan-jaringan

Media sosial dibangun untuk interaksi, cobalah untuk membangun jaringan dengan berbagai vendor untuk memasarkan bisnis Kamu. Bukalah jaringan seluas-luasnya karena Kamu tidak pernah tahu kapan dan dengan siapa Kamu bekerja sama.

7. Promosikan Konten Pilar Kamu

Konten pilar adalah konten yang dibagikan di situs web atau blog makanan Kamu yang membawa orang ke situs Kamu lagi dan lagi. Bagikan pos secara teratur dan buat konten Kamu tidak ketinggalan zaman seperti membuat portofolio makanan atau testimonial Kamu.

8. Bagikan Kesuksesan yang Telah Kamu Capai

cerita-sukses-bisnis-plan-makanan

Pastikan Kamu selalu menekan tombol berbagi ke media sosial untuk menampilkan dengan jelas ke situs web Kamu mengenai postingan Kamu. Bagikan cerita kesuksesan Kamu sehingga ketika orang menyukai apa yang mereka lihat, mereka dapat dengan mudah membagikannya dengan orang di sekitarnya.

Jika Kamu tekun dan konsisten menjalankan 8 ide bisnis plan makanan di atas, maka Kamu bisa segera meraih kesuksesan tersebut. Konsisten dan tekun adalah kunci untuk meraih sebuah kesuksesan.

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar