Peluang Bisnis

9 Strategi Pemasaran Bisnis Ritel

Pebisnis ritel yang cerdas tahu bahwa memaksimalkan keuntungan membutuhkan strategi pemasaran yang bagus. Mencari strategi pemasaran bisnis ritel dapat menghabiskan waktu pemasaran sebanyak yang Kamu butuhkan, untuk memasarkan produk yang lebih efisien.

Pengertian Bisnis Retail adalah suatu penjualan dari sejumlah kecil komoditas kepada konsumen. Retail berasal dari Bahasa Perancis diambil dari kata retailer yang berarti “memotong menjadi kecil-kecil” (Risch,1991:2).

Berikut inidefinisi retailing menurut beberapa ahli:

  • Menurut Levy dan Weitz (2001:8) “Retailing adalah satu rangkaianaktivitas bisnis untuk menambah nilai guna barang dan jasa yang dijual kepada konsumen untuk konsumsi pribadi atau rumah tangga“. Jadi konsumen yang menjadi sasaran dari retailing adalah konsumen akhir yang membeli produk untuk dikonsumsi sendiri
  • Menurut Berman dan Evans (2001:3) “Retailing merupakan suatu usaha bisnis yang berusaha memasarkan barang dan jasa kepada konsumen akhir yang menggunakannnya untuk keperluan pribadi dan rumah tangga
  • Menurut Kotler (2000:502) retailing yaitu: “Penjualan eceran meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang atau jasa pada konsumen akhir untuk dipergunakan yang sifatnya pribadi, bukan bisnis
  • Menurut Gilbert (2003:6) Retail adalah semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari distribusi

Karakteristik Bisnis Ritel

Menurut Berman dan Evans (2001) pada intinya karakteristik retailing ada tiga, yaitu:

  1. Small Average Sale : Tingkat penjualan retailing pada toko tersebut relatif kecil, dikarenakan targetnya merupakan konsumen akhir yang membeli dalam jumlah kecil.
  2. Impulse Purchase : Pembelian yang terjadi dalam retailing sebagian besar merupakan pembelian yang tidak direncanakan. Hal ini yang harus dicermati pengecer, yaitu bagaimana mencari strategi yang tepat untuk memaksimalkan pembelian untuk mengoptimalkan pendapatan.
  3. Popularity Of Stores : Keberhasilan dari retailing sangat tergantung akan popularitas dan image dari toko atau perusahaan. Semakin terkenal toko atau perusahaan maka semakin tinggi pula tingkat kunjungan yang pada akhirnya berdampak pada pendapatan.

Nah, untuk mendukung upaya Kamu, berikut ini ada ide pemasaran ritel untuk membantu meningkatkan penjualan dan lebih banyak menarik pelanggan.

Mengembangkan Strategi Pemasaran Bisnis Ritel

1. Lacak Setiap Campaign Pemasaran

marketing-bisnis-ritel

Apakah Kamu tahu apa laba atas investasi (ROI) Kamu untuk campaign pemasaran terakhir yang Kamu luncurkan? Jika ya, apakah campaign sukses? Apakah Kamu menetapkan tujuan yang spesifik dan terukur?

Apa yang ingin Kamu capai dengan campaign Kamu? Apakah lebih banyak kunjungan ke situs web Kamu, pendapatan didorong oleh pembelian atau ulasan pascapembelian online?

Sangat penting untuk menetapkan sasaran campaign dan kemudian mengembangkan mekanisme untuk melacak sasaran tersebut untuk setiap campaign pemasaran yang Kamu luncurkan, daring atau nonaktif.

2. Mencari Peluang Pemasaran Gratis

marketing-bisnis-ritel

Apakah Kamu menggunakan situs media sosial pelanggan Kamu? Apakah Kamu menempatkan poster dan selebaran di papan buletin komunitas, atau spanduk di persimpangan yang ramai?

Sudahkah Kamu menghubungi perusahaan lokal lain yang memiliki basis pelanggan target Kamu tetapi tidak secara langsung bersaing dengan Kamu untuk mengembangkan paket-paket unik di mana Kamu semua memasarkan dan menjual satu sama lain? Kamu juga dapat mengirim penawaran ini melalui campaign pemasaran email.

3. Follow Up

pelanggan-bisnis-ritel

Apakah Kamu memfollowup pelanggan Kamu setelah mereka melakukan pembelian? Menghargai pelanggan karena kesetiaan mereka adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Kirim pelanggan baru hadiah khusus, seperti kupon diskon sepuluh persen untuk mendorong mereka mengunjungi lagi.

4. Membantu Pelanggan

bisnis-ritel-dan-karyawan

Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk menyambut pelanggan Kamu dan bertanya apa yang bisa Kamu lakukan untuk membantu mereka. Kamu mungkin bertanya kepada siapa mereka berbelanja dan apa yang disukai orang itu sehingga Kamu dapat membuat saran yang dipersonalisasi.

Bantu pelanggan menemukan hadiah yang sempurna dan menjadi sumber daya yang dapat diandalkan untuk masa depan. Menyediakan konten yang berharga dalam bentuk bantuan, saran, kiat, dan cara kerja juga dapat membantu bisnis Kamu tetap menjadi pilihan pertama para pelanggan.

5. Pelatihan karyawan

pemasaran-bisnis-ritel

Kamu mungkin menghabiskan banyak waktu untuk melatih karyawan untuk mengerjakan daftar, membuka dan menutup, dan menyimpan barang-barang yang disimpan. Tetapi berapa banyak waktu yang Kamu curahkan untuk melatih karyawan untuk berjualan?

Melatih karyawan untuk menjual dengan baik sangat penting untuk kesuksesan Kamu. Ketika karyawan memiliki pengetahuan dan skill memadai maka mereka dapat membantu menjaga pelanggan Kamu bahagia dan setia.

6. Uji Coba Materi Pemasaran

bisnis-ritel-membantu-pelanggan

Untuk memaksimalkan ROI Kamu, Kamu harus mencoba menguji beberapa materi pemasaran Kamu satu sama lain untuk melihat mana yang menghasilkan kinerja terbaik.

Pilih segmen kecil dari milis Kamu untuk menguji versi Kamu yang berbeda, kemudian kirim versi pemenang ke seluruh daftar Kamu. Cara ini juga merupakan strategi efektif untuk direct mail, email marketing dan halaman arahan.

7. Pahami Target Pemasaran

strategi-bisnis-ritel

Apakah Kamu tahu sifat-sifat apa yang dibagikan oleh pelanggan terbaik Kamu? Jika tidak, akan sulit untuk menargetkan orang-orang yang paling mungkin menjadi pelanggan Kamu yang paling menguntungkan.

Cari tahu semua yang Kamu bisa tentang pelanggan terbaik Kamu untuk mengembangkan profil pelanggan; kemudian, targetkan milis Kamu untuk menjangkau orang-orang yang cocok dengan demografi tersebut. Setelah pelanggan terbaik Kamu dapatkan, Kamu dapat membuat beberapa profil untuk berbagai jenis pelanggan dengan tujuan penargetan.

8. Bangun Hubungan Pelanggan

marketing-bisnis-ritel

Interaksi pribadi dengan pelanggan adalah cara yang bagus untuk menjalin hubungan dan mendorong loyalitas pelanggan dalam jangka panjang. Pemasaran Kamu dapat menjadi kontrak jangka panjang secara alami, yang berarti Kamu tidak selalu harus menjual.

Kirim ucapan terima kasih dan email ulang tahun, ucapan selamat ulang tahun, dan komunikasi hubungan-hubungan lainnya yang mengesankan.

9. Pasarkan Melalui Media

bisnis-ritel-media-sosial

Hubungan masyarakat dan pemasaran bisnis ritel mungkin tidak identik, tetapi tujuan akhirnya hampir sama. Untuk membuat pelanggan sadar akan perusahaan, produk, dan layanan Kamu ketika Kamu memiliki produk baru, memiliki acara, sumbangan amal atau pengumuman lain yang layak diberitakan, draf press release bisa Kamu kirim ke surat kabar lokal, stasiun TV, stasiun radio, situs web, dan blogger.

9 tips pemasaran bisnis ritel yang sederhana namun efektif ini akan membantu Kamu meningkatkan penjualan dan lebih efisien dengan strategi pemasaran Kamu. Selamat mencoba!

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar