Toko Online

Cara Mengajukan Komplain di Tokopedia Agar Cepat di Tangani

Kamu pernah membeli barang di Tokopedia dan mengalami kerusakan tapi bingung bagaimana caranya komplain? Tidak perlu bingung, sebagai marketplace unggulan di Indonesia, Tokopedia memberikan layanan komplain sehingga Kamu bisa mengeluhkan apa yang terjadi pada Kamu. Tapi bagaimana cara komplain Tokopedia? Berikut adalah ulasannya.

Cara Komplain Tokopedia

Tokopedia dianggap sebagai pasar online terbesar di Indonesia. Tokopedia adalah platform bagi individu dan usaha kecil untuk membuat toko online. Tokopedia didirikan oleh dua pemuda yang penuh cita-cita bernama William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, pada 6 Februari 2009 tetapi kemudian diluncurkan secara terbuka tepat pada tanggal Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2009.

Jika Kamu sedang mengalami kendala atau masalah dengan barang yang sudah Kamu beli di marketpalce Tokopedia maka Kamu bisa mengajukan komplain ke pusat resolusi Tokopedia. Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah panduan untuk melakukan komplain barang yang mengalami kendala di Tokopedia dengan menggunakan aplikasi Tokopedia melalui smartphone.

1. Buka aplikasi Tokopedia di smartphone Kamu
2. Login menggunakan user ID dan password akun Tokopedia

Cara Komplain Tokopedia - Login

Cara Komplain Tokopedia – Login

3. Klik pada tulisan ‘Akun’ di sebelah kanan bagian bawah

Cara Komplain Tokopedia - Klik Akun

Cara Komplain Tokopedia – Klik Akun

4. Klik tulisan ‘Komplain sebagai pembeli’

Cara Komplain Tokopedia - Sebagai Pembeli

Cara Komplain Tokopedia – Sebagai Pembeli

5. Selanjutnya Tokopedia akan menampilkan notifikasi pop – up dengan keterangan ‘Jika Kamu memiliki masalah dengan pemesanan Kamu, mohon klik tombol komplain dan silakan didiskusikan dengan penjual’, setelah itu klik opsi ‘Komplain’.
6. Jika sudah klik menu komplain maka Kamu akan diarahkan ke halaman buat resolusi yang akan menampilkan :

  • Nomor invoice
  • Pembelian dari toko mana
  • kategori masalah yang diterima

7. Silakan pilih masalah yang ingin Kamu ajukan komplain apakah produk yang bermasalah, rusak, tidak sesuai dengan deskripsi barang, tidak lengkap atau ongkos kirim yang terlalu berlebihan.

8. Apabila Kamu sudah menentukan kategori masalah yang Kamu alami maka Kamu bisa meng-klik opsi ‘Lanjut’.

9. Langkah berikutnya adalah Kamu harus mengisi keterangan terkait produk yang Kamu terima mengalami masalah. Isilah kendala yang Kamu alami dengan lengkap agar nantinya pihak penjual dan Tokopedia bisa memahami dengan jelas masalah apa yang Kamu alami pada produk.

10. Setelah mengisi deskripsi sedetil mungkin maka langkah selanjutnya adalah pilih opsi ‘Lanjut’.

11. Sebagai langkah terakhir komplain Tokopedia, maka Kamu diwajibkan untuk melampirkan foto sebagai bukti masalah yang Kamu alami dan pilih resolusi yang diinginkan untuk masalah yang Kamu alami. Apakah Kamu ingin menukar produk sesuai pesanan atau ingin retur produk dan mengembalikan dana kemudian klik “Komplain”.

Bagi Kamu yang belum tau cara menghubungi call center Tokopedia dapat dibaca artikel tersebut.

Cara Komplain Tokopedia di Pusat Resolusi

Cara Komplain Tokopedia di Pusat Resolusi

Cara Komplain Tokopedia di Pusat Resolusi

Sebagai pembeli yang mengalami masalah dengan produknya maka Kamu dapat menjelaskan kendala yang terjadi pada Kamu dan solusi apa yang Kamu inginkan. Nah. saat Kamu mengajukan komplain, maka Kamu wajib melampirkan bukti pendukung permalahan yang Kamu alami seperti :

  1. Foto kemasan produk.
  2. Foto produk dari berbagai sisi.
  3. Foto nota pemesanan.
  4. Foto resi penerimaan.

Jika Kamu sudah melampirkan bukti pendukung maka penjual akan menanggapi keluhan yang Kamu alami dan memberikan penjelasan. Bukan hanya itu saja, penjual juga akan menawarkan solusi baru untuk masalah yang Kamu alami.

Apabila bukti-bukti tidak dilampirkan, maka Kamu tidak bisa melanjutkan proses klaim itu sendiri. Jika bukti telah dilampirkan dan Kamu dengan penjual saling menyetujui dan melakukan solusi yang sama-sama disepakati, maka komplain Tokopedia pun akan dianggap selesai.

Namun, apabila Kamu dan penjual tidak mendapatkan solusi atas permasalahan yang terjadi, maka Kamu dapat meminta bantuan ke Customer Care Tokopedia atau hubungi nomor teleponnya di (021) 8064- 7333 atau (021) 5369-1015.

Dalam banyak kasus, penjual akan membayar pengiriman pengembalian jika kesalahan itu milik mereka, yang berarti bahwa penjual mengirimi Kamu barang yang salah atau rusak. Biasanya jika produk yang Kamu buka bermasalah atau dikembalikan setelah 30 hari penerimaan, Kamu hanya akan menerima pengembalian sebagian.

Beberapa bisnis menetapkan kebijakan berdasarkan kebijakan pasar yang paling banyak dipakai. Jika penjual memilih kebijakan pengembalian dengan pengembalian instan dan pengiriman gratis, ini dapat dipromosikan di depan sebagai bagian dari merek perusahaan.

Jelas, proses pengembalian online sederhana membantu mendorong penjualan dan kesetiaan pelanggan dan mengabaikan peluang pengembalian dapat menurunkan citra penjual.

Syarat Melakukan Pengembalian Produk

Syarat Melakukan Pengembalian Produk

Syarat Melakukan Pengembalian Produk

Sebagian besar toko online juga hanya akan menerima pengembalian barang yang tidak digunakan dan belum dibuka. Jika Kamu menggunakan produk, kemungkinan besar Kamu tidak akan dapat mengembalikannya. Jika itu pakaian, Kamu harus menyimpan lagi pakaian yang telah Kamu coba karena sulit untuk mengembalikan pembelian barang yang telah dicoba.

Ketentuan untuk bisa mengembalikan produk adalah :

1. Produk tidak sesuai deskripsi
2. Terdapat kerusakan
3. Tidak bersegel
4. Dana berlebih

Ketentuan Pengembalian Produk

Ketentuan Pengembalian Produk

Ketentuan Pengembalian Produk

  1. Setiap produk yang Kamu kembalikan harus dalam kondisi yang sama seperti yang Kamu terima dan dalam kemasan aslinya.
  2. Harap simpan tanda terima.
  3. Pastikan untuk memeriksa produk Kamu begitu Kamu menerimanya.
  4. Setiap kerusakan dari pengiriman harus dilaporkan ke Tokopedia dalam waktu setidaknya 14 hari sejak diterimanya produk.
  5. Jika Kamu menerima produk Kamu dan telah rusak selama pengiriman, silakan melakukan komplain di aplikasi.
  6. Sertakan deskripsi kerusakan, dan sertakan gambar jika memungkinkan.

Informasi tersebut sangat membantu penjual dalam memastikan bahwa produknya dikemas dan dikirim dengan benar.

Setelah pengembalian Kamu diterima dan diperiksa, penjual akan memberi tahu Kamu tentang persetujuan atau penolakan pengembalian dana Kamu. Jika Kamu disetujui, maka pengembalian uang Kamu akan diproses, dan kredit akan secara otomatis diterapkan ke kartu kredit Kamu atau metode pembayaran asli, dalam jumlah hari tertentu.

Jika Kamu belum menerima pengembalian uang, periksa dahulu rekening bank Kamu lagi. Kemudian hubungi perusahaan kartu kredit Kamu, mungkin diperlukan beberapa saat sebelum pengembalian dana Kamu secara resmi diposkan. Selanjutnya hubungi bank Kamu. Sering ada waktu pemrosesan sebelum pengembalian uang diposting.

Jika Kamu telah melakukan semua ini dan Kamu masih belum menerima pengembalian uang Kamu, silakan hubungi kami customer service Tokopedia. Untuk pengembalian barang – barang diskon hingga 90% sendiri tidak berlaku. Hanya barang dengan harga reguler yang dapat dikembalikan.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~