Apa Itu dan Cara Daftar Internet Banking BRI

Semakin hari, kemajuan teknologi semakin cepat dan menghasilkan hal-hal baru darinya. Termasuk layanan di dalam Bank BRI. Tidak hanya BRI, hampir seluruh bank yang ada berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada para nasabah. Salah satu wujudnya adalah adanya BRI Internet Banking yang bisa diakses oleh semua pengguna BRI.

Apa Itu Internet Banking BRI ?

BRI Internet Banking

Internet Banking BRI adalah salah satu jenis saluran distribusi yang ditawarkan oleh Bank BRI guna mendapatkan akses rekening secara praktis dan mudah oleh nasabah BRI. Adapun tahapan akses pada jenis layanan ini adalah dengan memakai jaringan internet berupa perangkat lunak pada browser komputer.

Dapat dikatakan bahwa Internet Banking yang ditawarkan oleh BRI adalah sebuah layanan di sektor perbankan yang bisa dilakukan secara online. Manfaat dari adanya layanan ini adalah agar nasabah dapat menggunakan layanan untuk tujuan transaksi keuangan jenis non tunai.

Adapun media yang digunakan untuk layanan ini adalah komputer atau laptop dan smartphone. Cara menggunakan Internet Banking BRI juga sangat mudah dan praktis. Sehingga, Anda bisa lebih hemat tenaga dan waktu saat melakukan suatu transaksi.

Cara Daftar Internet Banking BRI

Cara Daftar Internet Banking BRI

Untuk bisa menggunakan layanan Internet Banking dari BRI ini, Anda harus mengetahui bagaimana cara mendaftarnya. Berikut adalah beberapa langkah yang wajib dilakukan saat mendaftar Internet Banking.

  1. Siapkan Syarat Berkas yang Ditentukan

Langkah pertama saat mendaftar ke BRI Internet Banking adalah mempersiapkan berbagai syarat yang ada. Syarat tersebut meliputi KTP, ponsel untuk tujuan verifikasi, buku tabungan BRI asli dan email yang masih aktif.

  1. Datang Ke Customer Service Bank atau ATM

Cara daftar yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi customer service. Tentu saja dengan membawa berkas dan syarat yang telah dipersiapkan. Di sana, Anda harus mengisi formulir yang telah disediakan. Dalam hal ini, usahakan mengisi data dengan sebenar-benarnya. Selain datang ke CS, ada juga cara mudah aktivasi Internet Banking, yaitu dengan menggunakan ATM.

  1. Lakukan Proses Aktivasi

Adapun cara selanjutnya adalah menuju ke proses aktivasi. Cara aktivasi Internet Banking BRI sangatlah sederhana. Langkah ini dilakukan sesudah proses pendaftaran berhasil. Caranya adalah dengan memasukkan kartu ATM Anda kepada slot yang sudah disediakan. Setelah itu, buka PIN ATM Anda. Kemudian buka menu lainnya kemudian lanjutkan menuju proses registrasi.

  1. Buat Sandi untuk Mendapatkan User Name

Sesudah sampai di menu registrasi, Anda harus memilih menu Internet Banking. Kemudian, ketiklah sandi internet bangking baru untuk cara mengaktifkanInternet Banking BRI. Setelah itu, lakukan proses verifikasinya dengan mengulang password yang ada. Jika proses ini berhasil, maka akan muncul struk aktivasi dengan berisikan user ID dan password Internet Banking.

  1. Log In dan Daftar BRI Mobile

Setelah itu, Anda bisa melakukan log in ke BRI Internet Banking dengan ponsel ataupun PC. Untuk linknya adalah https://ib.bri.co.id/ib-bri. Setelah itu, langsung daftar ke BRI Mobile dengan cara mengklik daftar.

  1. Ikuti Instruksinya

Pada tahap ini, Anda akan mendapatkan beberapa instruksi di dalamnya. Mulai dari proses mengisi data dan konfirmasi data. Lakukan semuanya hingga prosesnya selesai. Jika sudah, lakukan proses log out dari link yang dibuka dengan menggunakan browser tersebut. Karena nantinya akan ada link khusus aplikasi resmi BRI Mobile.

  1. Download Aplikasi BRI Mobile

Sesudah proses download selesai, Anda akan mendapatkan link download aplikasi dari BRI. Setelah itu, download aplikasinya. Jika sudah, Anda bisa langsung membuka aplikasi tersebut.

  1. Lakukan Aktivasi IB Mobile BRI

Berikutnya, di bagian menu utama akanada beberapa menu. Anda harus memilih Internet BRI sehingga bisa melakukan transaksi internet. Sesudah itu, pilihlah aktivasi IB Mobile BRI. Sesudah proses ini sukses, maka akan ada pemberitahuan khusus bahwa BRI Mobile Anda aktif. Dengan demikian, Anda sudah bisa mengakses dan bertransaksi Bank via internet.

Cara membuat Internet Banking BRI sebenarnya tidak ribet. Namun, Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati agar tidak terjadi kesalahan dan benar-benar bisa menggunakan layanan Internet Banking dari BRI. Akan ada berbagai kemudahan yang didapatkan dengan memiliki akses Internet Banking ini.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar