Syarat, Biaya dan Cara Bayar Pajak Motor Online

Era modern ini memberikan banyak sekali kemudahan dalam membayar segalanya melalui media online atau internet. Salah satunya adalah bayar pajak online terutama untuk pajak kendaraan bermotor yang ada di Indonesia.

Hal ini didukung dengan adanya aplikasi berupa samsat online yang mulai berkembang cukup baik dan mendapatkan kepercayaan yang cukup baik dari masyarakat secara luas.

Dengan perkembangan aplikasi yang membantu dalam proses pembayaran pada sebuah pajak untuk kendaraan memang membantu segala lapisan masyarakat.

Banyak kemudahana seperti menghemat waktu, biaya, dan tenaga yang lebih untuk membayarkan pajak yang anda butuhkan. Masalah seperti calo juga mulai bisa dikurangi secara berkala dan membuat pembayar pajak lebih nyaman dan aman.

Baca juga : Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan

Pengertian Pajak Motor

Definisi dari pajak motor adalah pajak yang dikenakan kepada setiap pemilik atau penguasa pada motor tersebut.

Syarat Bayar Pajak Motor

Berikut ini hal yang perlu dipersiapkan sebagai syarat bayar pajak motor :

  1. KTP ( e-KTP ) Pemilik motor.
  2. Memiliki nomor rekening tabungan dan ATM pada bank yang akan dituju.
  3. Kondisi motor dalam keadaan pengesahan pada STNK penuh selama 1 tahun agar bisa di urus.
  4. Kendaraan dalam keadaan tidak berganti STNK agar proses bisa dilanjutkan.
  5. Surat pada kendaraan harus dalam kondisi lengkap seperti BPKB, KTP Pemilik sesuai BPKB, dan STNK.
  6. Keadaan kendaraan tidak dalam terlambat dalam kurung waktu selama lebih dari 1 tahun.
  7. Posisi kendaraan adalah bukan dalam keadaan hilang, rusak, lapor jual, dan mengalami masalah kriminal.

Baca juga : Cara Daftar Internet Banking BRI

Ketentuan Dalam Cara Bayar Pajak Motor Online

Setelah syarat keadaan motor terpenuhi, ada juga ketentuan dalam cara bayar pajak motor online sebagai berikut :

  1. Pembayaran pajak motor online yang pertama, wajib pajak harus dengan data kepemilikan kendaraan yang sesuai data dari server samsat provinsi tertentu.
  2. Pastikan kendaraan tidak posisi terblokir atau blokir dari data kepemilikan yang ada.
  3. Miliki nomor telefon yang tidak berganti dan aktif agar mudah dihubungi untuk pakwajib pajak.
  4. Anda juga harus memiliki nomor rekening tabungan dan ATM pada bank yang akan dituju. Jika bisa dipenuhi maka proses tidak bisa dilanjutkan.
  5. Kendaraan juga harus memiliki nomor KTP yang sama sesuai yang terdaftar di server samsat agar bisa didaftarkan ulang.
  6. Berlaku juga untuk pembayaran ulang setelah 1 tahun.
  7. Hal ini tidak untuk pembayaran pajak yang bersamaan saat ganti STNK 5 tahun sekali.
  8. Masa berlaku ini bisa dibayarkan mulai sejak kurang dari 6 bulan dari masa jatuh tempo.
  9. Wajib pajak merupakan wajib pajak perseorang.

Cara Membayar Pajak Motor Online

bayar pajak online di samsat online

Jika anda anda sudah memastikan segala ketentuan yang ada seperti di atas, maka anda bisa melanjutkan dalam cara membayar pajak motor online. Ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan dalam melakukan bayar pajak online sebagai berikut :

  1. Buka Situs
    Perlu anda ketahui, bayar pajak stnk bisa dimana saja sesuai plat nomor kendaraan yang anda miliki. Jadi anda kunjungi situs yang menyesuaikan provinsi plat nomor kendaraan yang anda miliki. Jika anda memiliki motor plat Solo dan tinggal di Surabaya, anda bisa mengakses samsat yang Jawa Tengah bukan Jawa Timur.
    Berikut ini provinsi yang sudah melayani pembayaran pajak motor online, yaitu:

  2. Isi Data Kendaraan
    Ada beberapa data seperti kota sesuai plat, alamat kantor samsat pengurusan pertama, nomor polisi, kode captcha pada web. Setelah seluruh data terisi, anda cukup klik cari pada tombol yang tersedia. Dalam mengisi, anda harus lebih teliti agar sesuai dengan kendaraan yang ingin anda bayar pajaknya dan muncul nominal tagihan.
  3. Pilih kota untuk mengambil nota pajak motor
    Sebelum membayarkan tagihan, ketahui dahulu anda harus mengisi terlebih sebuah form yang ada. Ini digunakan untuk anda jika ingin mengambil nota bahwa sudah membayarkan pajak. Isilah dahulu data seperti kota pengambilan nota, Samsat terdekat anda tinggal saat ini, jenis bank pada saat pembayaran, layanan pembayaran m-banking.
    Setelah selesai mengisi data, maka klik “kode bayar” dan klik print jika sudah muncul. Pada hal tersebut, nanti akan muncul kode pembayaran, jumlah uang, alamat samsat yang digunakan sebagai tempat ambil nota pajak.
  4. Pembayaran Pajak
    Biaya bayar pajak motor memang beragam, untuk pembayaran yang lebih mudah bisa gunakan langsung ATM atau M-Banking. Cukup buka pada menu Bayar Multi Payment Samsat sesuai tempat tinggal. Masukkan kode pembayaran yang sudah didapatkan dari e-samsat (samsat online ). Klik lanjutkan untuk memproses pembayaran dan print out yang ada akan menjadi bukti sah untuk penukaran pajak nota.
  5. Pengambilan nota pajak di samsat terdekat
    Setelah seluruh proses dilalui, anda hanya perlu mengambil nota pajak sesuai dengan samsat yang sudah didaftarkan. Bawalah KTP, STNK, dan bukti pembayaran yang seluruhnya asli ke loket pembayaran.

Banyak pertanyaan seputar pertanyaan “Bisakah bayar pajak motor di kota lain?”. Maka dengan cara pembayaran ini sangat membantu dan mendukung anda agar menjadi hidup yang lebih praktis dan mudah. Bayar Pajak Online bukanlah hal yang sulit dan membingungkan jika anda mulai terbiasa dengan hal ini.

Baca juga : Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via Online atau SMS

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar