Cara Cek NIK e – KTP Secara Online Terbaru 2019

Pengecekan NIK pada KTP diperlukan untuk memastikan apakah NIK tersebut sudah terintegrasi dengan kartu identitas lain, diantaranya SIM, paspor, dan kartu identitas penting lainnya.

Kamu dapat melakukan pengecekan tersebut tanpa harus mengunjungi kantor yang berwenang. Kamu dapat melakukannya dengan cara online.

Cara cek KTP online pun tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Biayanya pun gratis.

Baca juga : Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Apa itu NIK ?

NIK adalah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia. Kepanjangan dari singkatan NIK adalah Nomor Induk Kependudukan. NIK terdiri 16 digit bersifat unik dan khas, tunggal, serta melekat pada seseorang (dan hanya pada orang itu) sepanjang masa.

Berikut ini penjelasan tentang 16 digit dari NIK :

  1. 6 digit pertama adalah  kode wilayah tempat tinggal pada saat mendaftar.
    2 digit awal adalah kode provinsi.
    2 digit setelahnya adalah kode kota/kabupaten.
    – dan 2 digit terakhir adalah kode kecamatan.
  2. 6  digit kedua adalah tanggal, bulan, dan tahun kelahiran dalam format hh-bb-tt ( khusus untuk perempuan tanggal lahirnya ditambah angka 40.4 ).
  3. 4 digit terakhir adalah nomor urut yang dimulai nomor 0001.

Apa itu KTP dan e-KTP ?

Kartu tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi Penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

eKTP atau KTP-el adalah Kartu tanda Penduduk (KTP) yang dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi.

sumber : wikipedia

Panduan Cara Cek NIK e – KTP Secara Online

Panduan Melakukan Pengecekan KTP Online

Pengecekan E-KTP dilakukan untuk melakukan cek data kependudukan Kamu. Apakah sudah terdaftar di pusat atau belum. Pengecekan dilakukan dengan menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Nomor inilah yang akan membuka atau menampilkan data identitas Kamu. Jadi, hapalkan atau catat nomor NIK Kamu. NIK ini merupakan semacam kode dari identitas Kamu (jenis kelamin, kota/kabupaten, provinsi, tanggal lahir, dll).

Beberapa permasalahan pada e-KTP, termasuk identitas ganda dan asli-palsu e-KTP dapat diidentifikasi dari NIK. Pengecekan yang dilakukan tentu saja opsional dan bukan kewajiban warga negara, apalagi bagian dari prosedur pembuatan e-KTP. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut. Berikut adalah panduan untuk melakukan pengecekan e-KTP Kamu melalui metode online.

  • Akses website resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tingkat daerah (kabupaten/kota).
  • Masukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) E-KTP Kamu. Kemudian, klik cek dan tunggu.
  • Setelah menunggu, akan muncul data pribadi Kamu ( pesan : NIK yang Kamu masukkan terdaftar aktif di Database Dispendukcapil Kota …………) yang sudah terdaftar dan sesuai dengan data pada E-KTP Kamu.

Cek data NIK KTP dahulu dapat dilakukan di website resmi http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik/ namun saat ini layanan sudah ditutup sebagai gantinya bisa cek di Dispendukcapil kabupaten / kota masing – masing. Contohnya dibawah ini cara cek nomor ktp online di kota surabaya.

Cara Cek Status NIK e-KTP online Surabaya

  1. Buka website dispendukcapil.surabaya.go.id.
  2. Cari menu layanan online untuk cek KTP Online ( Cek NIK Penduduk Kota Surabaya ).
  3. Bisa juga langsung mengakses http://dispendukcapil.surabaya.go.id/ceknik_sby.
  4. Masukkan NIK.
  5. Masukkan kode captcha ( berupa angka ).
  6. Klik Cek Nik.cara cek nik ktp secara online
  7. Jika terdaftar sebagai warga surbaya maka akan muncul pesan ” NIK yang Kamu masukkan terdaftar aktif di Database Dispendukcapil Kota Surabaya “.Cara Cek Status NIK e-KTP online Surabaya

Cara Cek Status NIK e-KTP online Malang Kota

Berbeda dengan surabaya malang kota sepertinya tidak menyediakan aplikasi cek secara realtime di website http://dispendukcapil.malangkota.go.id namun sebagai gantinya malang kota ini juga menyediakan cek NIK e-KTP melalui email atau form Informasi yang ada di website http://dispendukcapil.malangkota.go.id.

cara cek nomor ktp secara online malang kota

Selain menggunakan email dilihat dari layanan website tersebut dapat bertanya melalui WhatsApp.

Baca juga : Cara Menggunakan Whatsapp di PC / Laptop

Prosedur cara cek KTP online tersebut sangat mudah, bukan? Melalui sarana atau media yang disediakan oleh Dukcapil tersebut, Kamu bisa mencari data atau identitas seseorang melalui NIK-nya. Cara mencari data seseorang lewat E-KTP dapat dilakukan dengan menerapkan pemeriksaan di atas. Tentu saja yang diperlukan adalah NIK dari orang yang ingin datanya Kamu cari.

Pemeriksaan identitas orang lain berdasarkan NIK tersebut tentu harus sudah seizin orang yang bersangkutan. Terkait cara mencari NIK berdasarkan nama tentu merupakan kewenangan ASN Dukcapil, Kemendagri dan pihak berwenang lainnya. Selain cara online, Kamu juga bisa melakukan pengecekan tersebut dengan cara offline. Terdapat 2 cara pengecekan offline yang bisa Kamu lakukan.

Pertama dengan mengunjungi kantor Dukcapil. Mendatangi kantor Dukcapil juga merupakan salah satu cara cek KTP asli atau palsu. Kedua, dengan menggunakan aplikasi E-KTP.

Cara kedua dengan menggunakan aplikasi sebenarnya tidak begitu direkomendasikan karena aplikasi E-KTP yang digunakan bukanlah aplikasi yang resmi. Namun, jika Kamu memang ingin mencobanya, tidak ada yang dapat menghentikan langkah Kamu. Berikut penjelasan kedua cara tersebut.

  1. Mendatangi Kantor Dukcapil

Kamu bisa mendatangi kantor Dukcapil di daerah Kamu masing-masing. Lakukan pemeriksaan dengan mengikuti prosedur yang tersedia. Pemeriksaan dapat dilakukan baik melalui pengecekan manual maupun menggunakan card reader. Card reader tersebut menggunakan chip khusus untuk memeriksan E-KTP Kamu. Prosedurnya mudah, kartu hanya akan diperiksa melalui card reader tersebut dan hasilnya akan langsung diketahui.

  1. Menggunakan Aplikasi E-KTP

Temukan, download, dan instal aplikasi pengecekan E-KTP dan NIK online di Google Play Store dan Apple App Store. Sebelum melakukan cek NIK dan E-KTP melalui aplikasi tersebut, perlu kembali Kami ingatkan bahwa aplikasi tersebut bukan aplikasi resmi. Pengecekan yang dilakukan cukup mudah, masukkan saja NIK pada E-KTP Kamu dan tidak tunggu lama, hasil pengecekan tersebut akan muncul dalam waktu singkat.

Baca juga : Syarat, Biaya dan Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara Mengecek Status E-KTP Melalui SMS

Jika Kamu sudah melakukan cek nomor induk kependudukan online tetapi belum ada hasil, maka bisa jadi data kependudukan Kamu belum tersedia atau masih dalam proses peng-inputan. Kamu mungkin termasuk penduduk Indonesia yang kurang beruntung dan masih belum memiliki E-KTP, meskipun sudah membuatnya. Namun, jangan khawatir karena Kamu bisa melakukan pengecekan progress pembuatan E-KTP Kamu melalui SMS.

Untuk melakukan pengecekan via SMS, kirim SMS dengan format: NIK#Nomor NIK Kamu dan kirim ke nomor layanan SMS Getaway Dukcapil daerah tempat Kamu tinggal. Kamu akan mendapatkan balasan berupa update status E-KTP. Berikut adalah balasan yang akan Kamu dapatkan.

  • Sudah Dicetak. E-KTP Kamu sudah selesai dibuat dan sudah dicetak.
  • Siap Cetak. E-KTP Kamu sudah selesai dibuat dan siap dicetak.
  • Data Teridentifikasi Ganda. Identitas Kamu terekam ganda dengan NIK yang berbeda.
  • Terima Kasih Telah Merekam E-KTP. Kamu sudah melakukan perekaman E-KTP.
  • Tidak Ada Status. Identitas sudah tercantum di Dukcapil tetapi belum melakukan perekaman E-KTP.

Contohnya saja Disdukcapil kota Depok yang sudah terdapat layanan SMS Center.

cara cek ktp asli atau palsu Melalui SMS

Beragam cara cek KTP online di atas dapat memastikan apakah NIK Kamu sudah terdaftar dan E-KTP yang Kamu dapatkan merupakan E-KTP asli yang terdaftar di dinas kependudukan. Pemeriksaan validitas keaslian E-KTP merupakan hal yang penting. Jika sampai ada masalah, maka Kamu bisa mendeteksinya sedini mungkin. Akibatnya, Kamu akan terhindar dari beragam potensi permasalahan dan kerugian yang mungkin muncul.

Cara Cek KTP / e-KTP Online KPU

Selain cara diatas bisa juga mencoba cek ktp online di kpu.

  1. Buka https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id.
  2. Masukkan Nama dengan benar.
  3. Masukkan NIK dengan benar.
  4. Klik CARIcara cek ktp online kpu
  5. Dibawah akan muncul data dari KTP tersebut.

Itulah beberapa cara cek nik e-KTP secara Online melalui webiste, email, SMS dan KPU.

Pertanyaan dan Jawaban Seputar KTP / e-KTP

Berikut ini  beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan :

#Q : Berapa lama pembuatan e ktp selesai ?.

#A : Untuk lama tidak bisa ditentukan karena harus melalui beberapa tahap dibawah ini.

  1. Untuk proses pencetakan KTP elektronik, data perekaman KTP elektronik harus melalui proses konsolidasi otomatis di database pusat/Kemendagri;
  2. Kondisi saat ini, antrian proses konsolidasi di database pusat masih sangat panjang karena mencakup data perekaman seluruh Indonesia, sehingga mengakibatkan sistem sempat mengalami overload;
  3. Karena proses konsolidasi otomatis dilakukan oleh sistem, maka kami dan juga Kemendagri juga tidak bisa memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses tersebut, tetapi tim teknis kami dan Kemendagri setiap hari memonitor perkembangan data perekaman;
  4. Kemudian Kamuikan data dimaksud sudah siap cetak, pencetakan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kiriman blangko KTP elektronik dari pusat/Kemendagri (lihat link pengumuman);
  5. Untuk peruntukan surat keterangan pengganti KTP-el sementara, kami sudah mengirimkan surat pemberitahuan resmi ke semua instansi layanan publik yang lain.

Namun dari pengalaman tergantung antrian jika antrian perekaman e-KTP sedikit kurang lebih 1-2 jam selesai namun jika antrian banyak bisa dibayangkan berapa lama. Setelah perekaman selesai biasanya dapat tanda surat tanda pengambilan beserta tanggal kapan kita harus mengambilnya ( rata – rata 2 minggu namun sekali lagi semua tergantung tahap – tahap diatas).

#Q : Berapa masa berlaku ktp lama / sampai kapan ktp lama berlaku ?.

#A : Masa berlaku ktp lama sampai mendapatkan e-KTP ( KTP baru ) namun saran secepatnya mengurus e-KTP karena ada beberapa layanan publik yang mengharuskan menggunakan e-KTP.

#Q : Berapa masa berlaku e-KTP ?.

#A : Seumur hidup.

#Q : Belum perekaman, bagaimana cara pengurusan KTP-el ?

#A : Jika belum melakukan perekaman ktp elektronik (scan sidik jari dan iris mata), maka harus datang sendiri ke dispendukcapil dengan membawa fotokopi KK.

#Q : Biaya pembuatan e-KTP ?

#A : Tidak dikenakan biaya ( GRATIS ).

#Q : Bagaimana cara mengurus KTP karena hilang?

#A : Silakan pengajuan KTP dengan membawa fotokopi KK dan dilampiri surat kehilangan KTP dari kepolisian.

 

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~