Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, 10 Melalui LAN & Wifi

Memiliki banyak komputer tidak berarti Anda membutuhkan banyak printer juga. Jika memang diperlukan, memang tidak ada salahnya untuk memiliki jumlah printer yang sama dengan jumlah komputer. Namun, jika tidak, maka Anda bisa melakukan sharing printer antara komputer dengan menggunakan network atau jaringan. Cara sharing printer dengan menggunakan network tidak sulit untuk dipraktikkan.

Sharing printer dengan menggunakan jaringan lokal sangat dianjurkan untuk kantor ukuran kecil. Anda bisa menggunakan kabel LAN atau koneksi wifi. Saat ini, koneksi wifi tentu sudah menjadi prioritas dan pilihan utama.

Pada umumnya, cara share printer melalui Windows 7,8, dan 10 tidak berbeda jauh dalam hal skema. Namun, dalam praktik terdapat perbedaan dalam instruksi dan tampilan menu dan opsi lainnya.

Cara Sharing Printer Lewat Internet

Baik Windows 7, 8, dan 10 menyediakan cara share printer melalui koneksi internet. Prinsipnya adalah membuat komputer utama menjadi sumber wifi. Nantinya, komputer lain akan mengakses printer tersebut dari jaringan lokal yang dibuat oleh komputer utama. Anda tentu membutuhkan modem wifi dan komputer/laptop yang bisa terhubung dengan koneksi internet nirkabel. Kabel LAN tidak dibutuhkan karena sudah ada wifi.

Cara Sharing Printer Windows 7

Cara sharing printer di Windows 7 tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Meskipun mudah, bukan berarti prosedurnya sangat sederhana. Anda masih harus melakukan beberapa pengaturan untuk membuat printer dapat dioperasikan di komputer yang berbeda. Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut agar sharing printer dapat dilakukan dengan baik dan benar.

PC atau komputer yang digunakan harus hidup dan siap bekerja (tidak di mode Sleep atau Hibernation). Tidak semua jenis printer dapat disharing. Windows akan memberikan pemberitahuan mengenai bisa tidaknya printer Anda disharing.Anda bisa menshare printer tidak hanya di sesama Windows 7 saja.Jika Anda sudah mengetahui dan memenuhi syarat-syarat tersebut, maka Anda sudah bisa menshare printer melalui network yang tersedia.

Sebelumnya, Anda harus melakukan set up file and printer sharing terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  1. Klik Start. Daftar popup akan muncul kemudian.
  2. Pilih Control Panel pada daftar popup tersebut. Ketikan network pada kotak pencarian.
  3. Klik Network and Sharing Center.
  4. Klik Change advanced shared settings.cara sharing printer windows 7 dengan wifi
  5. Klik tanda panah ke bawah.
  6. Pilih File and printer sharing, kemudian pilih Turn on file and printer sharing.
  7. Klik Save Changes.cara sharing printer windows 7 ke windows 10

Jika prosedur tersebut sudah dilakukan dengan, Anda sudah bisa mempraktikkan cara sharing printer Windows 7 lewat jaringan LAN. Selanjutnya, ikut langkah-langkah berikut untuk menshare printer di Windows 7.

  1. Klik Start. Daftar popup akan muncul.
  2. Klik Devices and Printers dari daftar popup.
  3. Klik kanan pada printer yang akan Anda share. Daftar dropdown akan muncul.
  4. Pilih Printer properties pada daftar dropdown tersebut.cara sharing printer windows 7
  5. Klik Sharing.
  6. Pilih Share this printer.cara sharing printer windows 7 lewat jaringan lan

Dengan mengikuti prosedur di atas, Anda sudah bisa menshare printer tersebut dengan komputer yang sudah terhubung dengan jaringan. Agar komputer terhubung dengan printer yang sudah Anda sharing, Anda bisa klik Start, kemudian klik Device and Printers. Pilih Add a printer. Klik Add a network, wireless or Bluetooth Printer. Klik Shared printer. Klik Next dan ikuti prosedur selanjutnya.

Cara Sharing Printer Windows 8

Cara share printer selanjutnya dapat diterapkan tidak hanya di Windows 8 saja, tetapi juga di Windows 8.1. Tidak berbeda jauh dengan cara sebelumnya yang membutuhkan koneksi jaringan, Anda harus menghidupkan dan menggunakan jaringan tersebut terlebih dahulu sebelum bisa membuat printer Anda di gunakan banyak komputer. Cara sharing printer lewat koneksi internet di Windows 8 dan Windows 8.1 tidak sulit untuk dipraktikkan.

Sebelum menshare printer, Anda harus mengaktifkan find devices dan content option di pengaturan network connections. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Klik Start, baik melalui tombol Windows di keyboard atau klik di sudut kiri bawah layar.
  2. Windows 8: Pada layar Start, ketik PC Settings. Kemudian pilih Settings dan klik PC Settings.
  3. Pada Windows 8.1: Ketikan saja PC Settings pada layar Start. Kemudian, klik PC Settings.
  4. Pada menu PC Settings windows, pilih Network options di sisi kiri layar.
  5. Pilih Connections. Silakan lihat dan pilih koneksi Wifi yang akan digunakan.
  6. Dibawah Find devices and content, Anda akan menemukan On/Off switch.
  7. Pilih On untuk membuka koneksi komputer ke printer yang akan Anda share.

Sekarang jaringan untuk menshare printer tersebut sudah aktif dan siap digunakan. Anda sudah bisa menshare printer antar komputer dengan jaringan tersebut. Berikut adalah cara sharing printer di Windows 8 dan 8.1.

  1. Buka Control Panel. Untuk membukanya, klik kanan sudut kiri bawah layar dan pilih opsi Control Panel.
  2. Pada menu Control Panel, lihat Hardware and Sound. Kemudian klik opsi View devices and printers.
  3. Di menu selanjutnya, Anda bisa melihat seluruh perangkat dan printer yang tersedia.
  4. Di bawah menu Printer, pilih printer yang akan Anda share. Kemudian double
  5. Pilih Customize your printer.
  6. Pada menu Properties, klik tab Sharing. Kemudian ceklis Share this printer.
  7. Klik OK untuk menyimpan pengaturan dan menshare printer.

Jika Anda mengikuti prosedur di atas dengan baik, Anda sudah bisa menghubungkan komputer lain dengan printer yang sudah disharing tersebut. Anda bisa membuat printer yang dishare diproteksi dengan username dan password. Hal tersebut dapat dilakukan untuk membuat pengguna “asing” tidak bisa menggunakan printer. Anda juga bisa membebaskan pengguna lain untuk menggunakan printer dengan mematikan opsi tersebut.

Cara Sharing Printer Windows 10

Sebelumnya, Anda bisa menshare printer melalui HomeGroup. Namun, setelah Windows menghilangkan fitur HomeGroup tersebut pada update-an Windows 10 April 2018, Anda tidak bisa lagi menggunakan cara tersebut. Akibatnya, Anda harus menshare printer melalui jaringan lokal. Cara sharing printer Windows 10 melalui LAN membutuhkan beberapa langkah yang harus Anda lakukan dengan baik.

Agar printer bisa disharing, pastikan komputer yang terhubung dengan PC Anda dalama keadaan menyala dan siap bekerja. Teknik sharing printer dengan jaringan lokal ini diperuntukkan untuk jaringan rumahan atau jaringan kantoran yang tidak terlalu besar dengan printer yang tidak memiliki fitur koneksi nirkanel (wifi). Sebelum menshare, Anda harus mengaktifkan fitur sharingnya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Bukan menu Windows Setting. Caranya dengan klik kanan menu Start, kemudian pilih Settings.
  2. Klik Network and Internet.
  3. Klik Network and Sharing Center.
  4. Klik Change advanced sharing settings.
  5. Pastikan opsi Turn on network discovery aktif (bulat hitam). Ceklis Turn on automatic setup of network connected devices.
  6. Aktifkan juga Turn on file and printer sharing (bulat hitam).
  7. Kemudian, klik Save changes dan tutup layar.
  8. Akses kembali Windows Settings.
  9. Klik Devices, kemudian pilih menu Printers & Scanners.
  10. Pilih printer yang akan Anda share atau klik Add a printer or scanner jika printer belum tersedia.
  11. Klik Manage pada printer yang dipilih.
  12. Klik printer Properties.
  13. Klik tab sharing, kemudian klik Change Sharing Options.
  14. Jika Anda tidak memerlukan beberapa perubahan dan pengaturan maka klik OK.

Sekarang, printer yang Anda sharing tersebut sudah tersedia di jaringan yang Anda gunakan. Untuk mengecek apakah printer tersebut sudah tersedia di jaringan, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka layar Windows Setting.
  2. Klik Devices.
  3. Klik Printers & Scanners.
  4. Jika printer sudah terhubung secara otomatis, printer tersebut sudah tersedia dan bisa diakses.

Jika printer yang disharing tersebut belum terdeteksi dan tersedia secara otomatis, maka Anda harus menyediakannya (add) secara manual. Langkah-langkah menghubungkan printer secara manual tersebut sudah termasuk dengan cara add printer di Windows 10 dengan wifi dan cara sharing printer dengan ip address.Berikut adalah langkah-langkah menghubungkan printer yang tidak terdeteksi secara otomatis.

  1. Buka layar Windows Setting.
  2. Klik Devices.
  3. Klik Printers & Scanners.
  4. Klik The printer that I want isn’t listed.
  5. Di layar selanjutnya Anda akan diberikan banyak opsi.
  6. Untuk menemukan printer yang dishare melalui IP adress, pilih Add a printer using a TCP/IP adress or hostname.
  7. Untuk menemukan printer yang dishare melalui Bluetooth dan Wifi, pilih Add a Bluetooth, wireless or network discoverable printer.
  8. Untuk menemukan printer yang dishare melalui jaringan lokal, pilih Add a local printer or network printer with manual setting.
  9. Untuk menemukan printer berdasarkan namanya, pilih Select a shared printer by name.
  10. Masukkan nama komputer dan nama printer yang terhubung.
  11. Klik Next untuk menyelesaikan proses.

Cara Sharing Printer ke Komputer lain Melalui Wifi

Memiliki printer yang dilengkapi dengan fitur wifi memang memudahkan penggunaan pada banyak komputer. Anda dapat menshare printer tanpa banyak melakukan pengaturan. Jika Anda tidak memiliki printer wifi, Anda bisa memanfaatkan koneksi internet untuk menshare printer. Anda dapat menggunakan koneksi internet wifi untuk menshare printer Anda ke komputer/laptop lain. Cara mempraktikkannya tidak sulit.

Anda tidak membutuhkan peralatan tambahan, sebagaimana metode sharing menggunakan router. Berikut adalah cara share printer ke komputer lain melalui wifi (jaringan lokal).

  1. Pastikan printer dan komputer Anda sudah menyala dan siap bekerja. Begitu juga dengan komputer lain.
  2. Anda akan memanfaatkan komputer utama (dipasang printer) sebagai sumber koneksi wifi.
  3. Buka menu Start dan ketik Control Panel, kemudian akses menu Control Panel.
  4. Pilih Network and Internet.
  5. Klik Network and Sharing Center.
  6. Klik Change Advanced Sharing Settings.
  7. Ceklis Turn on file and printer sharing.
  8. Klik Save Changes yang berada di bagian bawah layar.
  9. Kembali ke menu Control Panel.
  10. Pada menu Hardware and Sound, klik View devices and printers.
  11. Klik kanan pada printer yang dishare. Kemudian, pilih Printer properties.
  12. Klik Sharing tab.
  13. Ceklis Share this printer. Kemudian klik Apply dan OK.

Sekarang, printer tersebut sudah bisa dishare dan digunakan oleh komputer/PC lain yang berada di area wifi yang sama atau berdekatan.

Baca juga : Wifi Portable

Anda bisa mengujinya dengan melihat ketersediaan printer tersebut di komputer lain. Cara sharing printer melalui wifi ini merupakan cara yang bisa diterapkan di Windows 7, 8, dan 10. Perbedaannya hanya pada cara mengakses beberapa menu. Skema sama dan prosedurnya tidak jauh berbeda.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~