20 Situs Download Ebook Gratis Terlengkap

Internet menyediakan beragam hal gratis, dari mulai film gratis hingga ebook gratis. Terdapat beragam website yang menawarkan ebook cuma-cuma dalam berbagai macam topik.

Memang, tidak semua memberikan ebook tersebut secara cuma-cuma. Selain itu, tidak semua situs download ebook gratis tersebut memiliki library yang sangat lengkap. Meskipun begitu, gratis ya gratis. Sebuah kesalahan jika Anda tidak memanfaatkannya.

Daftar Situs Tempat Download Ebook Gratis dan Berbayar Terlengkap

Buku elektronik atau ebook adalah buku yang dipublikasikan dalam bentuk digital. Anda dapat membaca ebook atau e-book melalui perangkat digital, diantaranya PC (komputer dan laptop), komputer tablet, dan smartphone. EPUB (.epub) dan PDF (.pdf) adalah format ebook yang paling lumrah.

Sebelum membaca ebook, pastikan Anda memiliki software PDF reader atau aplikasi yang (minimal) dapat membaca satu dari kedua format tersebut.

Selain aplikasi tersebut, Anda juga bisa menggunakan PDF reader di browser yang Anda gunakan. Dengan demikian, Anda bisa membaca ebook dengan format PDF langsung dari browser Anda.

Format lain yang biasa digunakan oleh ebook adalah Kindle, MOBI, dan HTML. Pada umunya terdapat 4 jenis tempat download e-book gratis dan berbayar. Berikut penjelasan singkat ketiganya.

  • Digital Library. Website ini merupakan perpustakaan digital. Anda hanya bisa membaca buku tanpa membeli atau memilikinya.
  • Bookstore. Sesuai dengan namanya, Anda dapat membeli, membaca, dan mendownloadnya dengan gratis sesuai dengan kebijakan website.
  • Archive. Situs web ini berisi kumpulan ebook gratis (mayoritas). Website jenis archive ini biasanya memberikan ebook secara cuma-cuma dan legal.
  • Books Search Engine.Website ini layaknya mesin pencari untuk buku. Ketikan kata kunci pencarian, kemudian website tersebut akan mencarikanyya untuk Anda.

Berikut adalah 20 website download ebook gratis terlengkap yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi.

  1. Free-Ebooks.net

download ebook gratis terlengkap

Free-Books.net (www.free-ebooks.net) merupakan website yang menyediakan ebook dari penulis independen. Jangan harapkan Anda mendapatkan ebook dari para penulis ternama dengan karyanya yang sudah kesohor. Anda akan menemukan banyak publikasi baru, dari mulai fiksi, non-fiksi, hingga audiobook. Beragam format ebook yang tersedia di Free-Ebooks.net menggunakan format EPUB, PDF, dan Kindle.

  1. Project Gutenberg

download ebook gratis format pdf

Jika Anda mencari perpustakaan buku dengan jumlah buku yang cukup masif, maka Project Gutenberg (www.gutenberg.org) wajib Anda kunjungi. Project Gutenberg menyediakan sekitar 53.000 buku dalam berbagai format, diantaranya EPUB, Kindle, dan HTML. Fitur pencarian buku yang digunakan cukup mudah digunakan. Sayangnya, beberapa buku terikat dengan hak cipta yang membatasi akses terhadap buku tersebut.

  1. Google Play Books

download ebook gratis berbahasa indonesia

Cara download ebook gratis di Android adalah dengan berkunjung ke Google Play Books (www.play.google.com/store/books). Google Play Books menyediakan koleksi buku yang cukup banyak. Meskipun begitu, beberapa buku populer klasik karya pengarang ternama terlihat tidak lengkap atau bahkan tidak tersedia. Play Books merupakan website yang tepat bagi pencinta karya fiksi dan pengguna smartphone Android.

  1. Amazon Cheap Reads for Kindle
BACA JUGA:  Mengenal Apa itu Vlog?

situs download ebook gratis

Tempat download ebook gratis selanjutnya adalah Amazon Cheap Reads for Kindle (www.amazon.com). Amazon menyediakan buku gratis dengan jumlah yang tidak bisa diremehkan. Anda dapat menemukan buku lama dan bukubaru dengan berbagai macam topik. Ebook di website ini hanya tersedia dalam format Kindle. Akibatnya, Anda harus menkonversi format ebook tersebut untuk membacanya di aplikasi ebook reader yang Anda gunakan.

  1. Overdrive

tempat download ebook gratis

Overdrive (www.overdrive.com) adalah perpustakaan digital yang menyediakan beragam buku, dari mulai buku baru yang belum populer hingga buku lama yang sudah melegenda. Saat ini, Overdrive juga menyediakan buku-buku populer mainstream. Fitur pencarian dan perbendaharaan bukunya dapat dikatakan sangat mudah untuk digunakan. Untuk mengakses buku gratis tersebut, Anda harus memiliki kartu perpustakaan yang aktif dan valid.

  1. Wikibooks

ebook gratis indonesia

Wikibooks (www.wikibooks.org) adalah wikipedia “yang dibukukan”. Bedanya dengan Wikipedia, Wikibooks berisi buku dengan pembahasan yang jauh lebih spesifik. Wikibooks dapat diedit oleh siapapun yang memiliki keahlian dibidangnya. Anda dapat mengakses ebook di Wikibooks dengan bermodal browser saja atau mendownloadnya dalam format PDF. Dibanding Wikipedia, Wikibooks merupakan sumber buku/konten non-fiksi yang lebih kredibel.

  1. ManyBooks

kumpulan ebook gratis

ManyBooks (www.manybooks.net) adalah perpustakaan digital dengan koleksi lebih dari 50.000 e-book gratis, murah, dan yang sudah didiskon. Jika Anda penggemar buku fiksi, maka ManyBooks wajib Anda coba. Tersedia beragam ebook fiksi, dari mulai tema horror sampai literary fiction. Fitur browsing bukunya dapat dikatakan masih membutuhkan peningkatan. Format ebook yang tersedia di ManyBooks adalah EPUB, MOBI, dan PDF.

  1. Library Genesis

download ebook novel gratis

Library Genesis (libgen.io) adalah search engine untuk e-book gratis. Opsi pencarian yang tersedia cukup lengkap, dari mulai publisher hingga ISBN. Anda dapat menemukan beragam buku gratis yang tersedia di ribuan website di internet. Sangat dianjurkan untuk melakukan pencarian dengan kata kunci dan opsi yang spesifik. Ketika kata kunci buku dan website akan memberikan Anda link ebook gratis dari buku yang Anda cari.

  1. Feedbooks

situs ebook gratis terlengkap

Feedbooks (www.feedbooks.com) menyediakan layanan, dari mulai download gratis hingga download berbayar. Jumlah ebook yang tersedia cukup masih dengan variais topik yang beragam. Format ebook yang tersedia di Feedbooks adalah EPUB, MOBI, dan PDF. Jika Anda mampu melakukan pencarian dengan handal, Anda akan terkejut karena Feedbooks ternyata menyediakan beragam buku fiksi dan no-fiksi yang sangat menarik.

  1. PDFBooksWorld
BACA JUGA:  Cara Menautkan YouTube dengan AdWords, Wajib Tahu!

tempat download ebook gratis terlengkap

PDF Books World (www.pdfbooksworld.com) adalah website download ebook gratis format PDF. Website download ebook cuma-cuma ini sangat sederhana dan terlihat tanpa basa basi. Untuk mendownload, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk sekadar baca ebook gratis, Anda hanya tinggal mengklik buku mana yang akan Anda baca. Koleksi buku elektronik di PDF Books World cukup banyak dan bervariasi.

  1. Sci-Hub

link download ebook gratis

Sama dengan Libgen, Sci-Hub (www.sci-hub.tw) merupakan search engine ebook dengan kemampuan pencarian yang impresif. Selain itu, Sci-Hub memungkinkan Anda untuk mendownload gratis buku yang Anda inginkan. Anda dapat menemukan dan mendownload beragam jenis ebook, dari mulai fiksi hingga non-fiksi. Sci-Hub dapat dikatakan merupakan situs download buku kuliah gratis yang banyak digunakan oleh para mahasiswa.

  1. Bookyards

portal ebook gratis

Bookyards (www.bookyards.com) menyediakan e-book gratis dari para penulis terkenal. Tercatat, terdapat 7.495 ebook dari 6.711 penulis top. Selain ebook dari para penulis top, Bookyards juga mempublikasikan ebook dari membernya sendiri. Anda dapat menemukan beragam e-book gratis, dari mulai novel hingga textbook. Bookyards menggunakan format PDF untuk ebook gratis yang dipublikasikannya.

  1. Get Free Ebooks

kumpulan ebook pendidikan gratis

Anda dapat mengakses beragam ebook baik buku rilisan baru maupun buku rilisan lama, bahkan buku dengan reputasi legendaris atau klasik. Get Free Ebooks (www.getfreeebooks.com) menyediakan ebook dalam beragam genre. Beberapa genre populer di Get Free Ebooks adalah Sejarah, Autobiografi, Klasik, Puisi, dan Mitologi. Get Free Ebooks menyediakan ebook dalam berbagai format, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

  1. Obooko

baca ebook gratis

Anda dapat menemukan beragam jenis ebook di Obooko (www.obooko.com). Perpustakaan bukunya cukup banyak, dari mulai textbook hingga novel. Obooko menyediakan e-book gratis dalam format EPUB, PDF, dan Kindle. Untuk membaca dan mendownload ebook secara cuma-cuma, Anda harus terlebih dahulu menjadi anggota. Anda dapat mendownload ebook sesuai dengan format file yang Anda inginkan.

  1. eReaderIQ

web download ebook gratis

EreaderIQ (www.ereaderiq.com) memiliki tampilan dan fitur perbendaharaan buku yang memang tidak biasa. Namun, hal tersebut tidak membuat kualitas dan kuantitas ebook free yang tersedia buruk. Anda dapat mendapatkan beragam e-book gratis, baik yang berbatas waktu atau tidak. Pastikan untuk selalu mengunjungi eReaderIQ untuk mendapatkan buku baru yang dapat Anda baca dengan gratis alias cuma-cuma.

  1. Bookboon

free download ebook teknisi laptop gratis

Bookboon (www.bookboon.com) menyediakan buku dalam beragam format. Koleksi buku yang disediakan juga cukup beragam dengan jumlah yang tidak sedikit. Anda dapat menemukan textbooks kuliah bidang hukum, pemasaran, ekonomi, manajemen, dll. Selain buku gratis, tersedia juga layanan Business-Premium yang memberikan textbooks yang lebih banyak dan bervariasi. Bookboon juga direkomendasikan untuk para pelajar.

  1. Free Computer Books
BACA JUGA:  Cara Gabung PDF Jadi Satu Halaman Secara Online Gratis

ebook komputer gratis

Free Computer Books (www.freecomputerbooks.com) merupakan mesin pencari ebook di bidang komputer. Anda akan menemukan banyak buku-buku komputer, baik yang dipublikasikan oleh kalangan akademis maupun buku-buku komputer mainstream. Opsi pencarian yang tersedialengkap dan spesifik. Anda bisa mencari beragam buku komputer dengan beragam tema, dari mulai web programing hingga networking and communications.

  1. Free Tech Books

free download ebook gratis

Jika sebelumnya Anda bisa mencari buku komputer, maka melalui Free Tech Books (www.freetechbooks.com) , Anda bisa mencari buku-buku teknik. Free Tech Books merupakan search engine buku teknik. Anda bisa mencari buku teknik yang diperuntukkan untuk kalangan akademisi atau buku teknik yang dijual umum. Free Tech Books memiliki kemampuan pencarian yang baik. Kuncinya ada pada penggunaan kata kunci yang tepat.

  1. Scribd

download ebook gratis berbahasa indonesia

Anda pasti sudah tidak asing dengan Scribd (www.scribd.com) adalah website document sharing untuk ebook dan dokumen digital lainnya. Anda dapat download ebook gratis berbahasa Indonesia melalui Scribd. Jumlah ebook dan dokumen yang diupload id Scribd sudah sangat banyak. Namun, Anda perlu berhati-hati karena tidak semua e-book gratis tersebut legal untuk diunduh. Overall, Scribd menawarkan e-book gratis dalam jumlah banyak.

  1. E-Library

ebook manajemen keuangan pdf gratis

Sesuai dengan namanya, E-Library (www.e-library.net) adalah perpustakaan elektronik yang dapat Anda akses secara gratis. Tersedia juga opsi berbayar jika Anda mendownload koleksi pada perpustakaan elektronik tersebut. Ebook yang tersedia di E-Library cukup banyak dengan kategori yang juga bervariasi. Anda dapat menemukan ebook anak, resep, hingga ebook religi. Tampilan E-Library memang tampak sedikit kuno dan membosankan. Namun, jangan remehkan koleksi dan kualitas buku yang ditawarkan.

Baca juga : poster pendidikan

Cara Download Ebook Gratis

Dari sekian banyak situs download buku gratis pdf di atas, tidak semua menyediakan fitur download langsung. Berikut adalah beberapa prosedur atau cara mendapatkan ebook gratis melalui website download e-book gratis.

  • Registrasi. Beberapa situs mengharuskan Anda melakukan registrasi terlebih dahulu. Jika itu yang harus dilakukan, maka lakukan saja. Fitur download gratis baru muncul jika Anda sudah melakukan registrasi.
  • Download Langsung. Beberapa website menyediakan fitur download langsung. Untuk e-book gratis yang Anda dapatkan di mesin pencari buku, hampir semuanya menyediakan fitur download langsung.

Jangan terburu-buru kemudian pergi ketika Anda mengunjungi website download ebook gratis tetapi tidak bisa langsung mendownload. Periksa terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Banyak kasus atau kejadian dimana orang langsung mencari tempat download ebook ilegal karena tidak mengetahui apa yang mereka cari sebenarnya dapat dicari dan didapatkan secara gratis dan legal.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar