Aplikasi

20 Emulator Android Paling Ringan & Cepat Untuk PC Spek Rendah

Tidak memiliki perangkat Android tetapi ingin memainkan game-gamehitsnya? Jika ya, maka Kamu bisa menggunakan emulator Android di komputer atau laptop. Layaknya emulator pada umumnya, Kamu bisa memainkan beragam game Android melalui layar PC. Untuk mengatasi permasalah spek yang tidak mencukupi pada komputer atau laptop Kamu, pilih, download, dan gunakan emulator Android ringan.

Emulator Android untuk PC Spek Rendah

Tidak semua emulator mudah untuk dijalankan dan disetting sesuai dengan keinginan Kamu. Selain itu, tidak semua emulator mampu berjalan dengan cepat dan lancar di seluruh spek komputer. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan emulator Android paling ringan dan cepat sehingga Kamu terhindar dari lag dan gangguan lainnya. Tidak semua emulator dikhususkan untuk bermain game.

Pada intinya, sebuah emulator digunakan untuk mendapatkan pengalaman menggunakan Android di komputer dan laptop. Sebelum download emulator Android, perhatikan syarat minimum spesifikasi PC dan ketersediaan emulator pada edisi Windows maupun Mac yang Kamu gunakan. Agar emulator dapat bekerja dengan baik, sangat direkomendasikan untuk menggunakan emulator yang mendukung PC dengan spesifikasi yang rendah.

Baca juga : Harga HP

Daftar Tempat Download Emulator Android

Tidak perlu khawatir kesusahan mencari emulator. Banyak emulator dirilis dalam edisi gratis alias cuma-cuma. Berikut adalah daftar tempat download emulator terbaik untuk PC (komputer dan laptop) gratis.

  1. Bluestacks

Bluestacks Emulator Android

Bluestacks adalah nama yang sudah tidak asing untuk para gamers. Bluestakcs merupakan emulator Android terbaik untuk bermain game dan sudah banyak digunakan oleh para pencinta game Android. Bluestacks memang diperuntukkan untuk para gamer. Terdapat banyak fitur pengaturan yang memanjakan dan memfasilitasi para gamer. Bluestacks sudah kompatibel untuk Windows dan Mac serta di-update secara berkala.

Baca juga : 

  1. Droid4X

Droid4X Emulator Android

Yang membuat Droid4X menjadi favorit banyak orang adalah desain dan tampilannya yang sederhana. Para penggunanya dijamin tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan emulator satu ini. Droid4X merupakan emulator klasik yang diperuntukkan untuk pencinta game-game casual dan sederhana. Kendati menjadi favorit, Droid4X sudah tidak lagi mendapatkan update sehingga Kamu harus bersiap jika ada semacam bug yang muncul.

  1. KoPlayer

KoPlayer Emulator Android

KoPlayer dapat dikatakan merupakan salah satu emulator pendatang baru. Difokuskan untuk gaming, KoPlayer dilengkapi dengan beberapa fitur untuk merekam game yang Kamu mainkan dan menguploadnya ke internet. KoPlayer cukup ringan untuk dijalankan. Karena masih baru, masih banyak orang yang masih ragu dan menunggu. KoPlayer bisa Kamu jadikan pilihan untuk menguji kualitas emulator lebih jauh.

  1. Nox Player

Nox Player Emulator Android

Nox Player diklaim sebagai emulator android untuk pc ringan yang patut Kamu coba. Ukuran Nox Player juga tidak besar dan sudah kompatibel dengan Windows 7, 8, dan 10. Nox Player ringan dan lancar ketika dioperasikan. Terdapat beberapa fitur yang menunjang pengalaman dan performa bermain game. Kamu bisa melakukan pengaturan yang dapat membuat game dimainkan dengan keyboard dan mouse.

  1. AMIDuOS

AMIDuOS Emulator Android

Berstatus sebagai pendatang baru, AMIDuOS memiliki fitur yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Kendati hanya gratis selama 30 hari (free trial), AMIDuOS cukup memberikan Kamu pengalaman bermain game Android di PC yang mengasyikkan. Interface AMIDuOS sangat user-friendly. Akibatnya, para pengguna tidak akan kesulitan menggunakannya. Ada juga fitur multi-touch untuk Kamu dengan laptop layar sentuh.

  1. Leapdroid

Leapdroid Emulator Android

Jika emulator lain tampak berat dan sulit untuk dijalankan secara lancar, Kamu bisa menggunakan emulator Android Leapdroid. Fitur Andalan yang dimiliki Leapdroid adalah benchmarking dan pengoptimalan yang membuat game dapat dimainkan dengan lancar sesuai dengan spesifikasi PC Kamu. Fitur tersebut yang membuat Lepdroid tidak dapat dianggap remeh, kendati masih berstatus emulator pendatang baru.

  1. Android Studio Emulator

Android Studio Emulator

Android Studio Emulator dilengkapi dengan beragam tools yang dapat membantu para pengembang aplikasi dan game untuk mengembangkan game dan aplikasi Androidnya. Jika Kamu seorang calon pengembang, maka emulator ini dapat Kamu jadikan pilihan utama. Android Studio Emulator memang tidak direkomendasikan untuk para pengguna emulator umum atau pengguna yang hanya ingin bermain game.

  1. Genymotion

Genymotion Emulator Android

Genymotion merupakan emulator yang multifungsi dan dapat melakukan beragam operasi atau aktivitas. Genymotion gratis untuk pengguna personal. Kamu dapat menggunakan Genymotion, baik di komputer maupun di cloud. Genymotion juga cukup ringan untuk dijalankan. Jika Kamu seorang pengembang yang ingin melakukan beragam percobaan (testing) pada aplikasi Android, maka Genymotion wajib Kamu coba.

  1. Andy

Andy emulator android ringan

Andy merupakan emulator ringan dengan fitur-fitur yang baik dan berkualitas. Melalui Andy, Kamu dapat melakukan eksplorasi fitur-fitur Android lebih jauh dan lebih detail. Jika Kamu kesulitan mengendalikan Android lewat komputer, Andy memiliki fitur yang bisa membuat smartphone menjadi semacam controller melalui koneksi Wifi. Seiring berjalannya waktu, Andy masuk dalam jajaran emulator yang patut Kamu coba.

  1. YouWave

YouWave emulator Android paling ringan gratis dan berbayar

Salah satu emulator Android paling ringan dan tertua satu ini memang masih bisa diandalkan. YouWave tersedia dalam dua edisi, gratis dan berbayar. YouWave dapat dikatakan merupakan emulator casual yang tidak memiliki fitur khusus atau fitur Andalan. Proses instalasi dan penggunaan YouWave cukup mudah dan sederhana. YouWave juga menyediakan fitur untuk bermain game Android.

  1. Remix OS Player

Remix OS Player Android Emulator

Remiz OS Player merupakan pendatang baru lainnya di dunia emulator. Remix OS Player sebenarnya diperuntukkan untuk para gamer. Beberapa fitur untuk para gamer dari Remix, diantaranya fitur untuk memainkan multiple game dan kustomisasi toolbar. Kendati baru dan dibuat untuk bermain game, fungsi lain seperti fungsi produktivitasnya mampu bekerja dengan baik dan lancar.

  1. Xamarin

xamarin android emulator

Xamarin dapat menjadi virtual studio dengan kemampuan yang dapat dikatakan powerfull. Untuk pengguna biasa, nampaknya Xamarin tidak begitu seksi. Kendati demikian, Xamarin menyediakan emulator untuk mencoba aplikasi dan game Android. Xamarin direkomendasikan untuk pengguna privat (non-bisnis) dan para pengembang. Kamu dapat melakukan beragam pengaturan agar Xamarin dapat bekerja sesuai dengan keinginan.

  1. MEmu

MEMU Android emulator untuk game

Android emulator untuk game memang merupakan jenis emulator yang banyak dirilis, salah satunya MEmu. Salah satu keunggulan MEmu yang paling menonjol adalah dukungannya untuk chipset Intel dan AMD. Kendati diperuntukkan untuk gaming, sebagai sebuah emulator, MEmu mampu menjalankan fungsiproduktivitasdengan baik. MEmu merupakan emulator Android PC ukuran kecil yang setiap gamer wajib coba.

  1. Bliss

Bliss android emulator

Bliss adalah emulator yang cara kerjanya sedikit berbeda dari emulator lainnya. Bliss bekerja sebagai emulator untuk PC melalui mesin virtual. Sebenarnya, Bliss tidak direkomendasikan untuk mereka para pengguna umum. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu emulator unik ini. Proses instalasi Bliss cukup sederhana. Sebelum mengoperasikannya, apstik sistem atau spek komputer Kamu sudah kompatibel.

  1. ARChon

ARChone Emulator Android Browser Chrome

ARChone adalah emulator yang juga unik. ARChone dioperasikan melalui browser Google Chrome. Untuk menjalankannya, Kamu harus menginstal ARChone di Google Chrome. ARChone dapat memainkan beragam aplikasi dan game Android. Keunggulan ARChone ada pada fleksibilitasnya dimana ARChone dapat dioperasikan di berbagai sistem operasi. ARChone kurang direkomendasikan untuk pengguna casual.

  1. PrimeOS

PrimeOS Android Emulator Untuk PC Speck Rendah

Kamu dapat memainkan game Android dan menjalankan beragam fungsi produktivitas melalui PrimeOS. Kendati dianggap bukan emulator sesungguhnya, PrimeOS terbukti mampu menjalankan fungsi emulator dengan baik. Sebenarnya, PrimeOS ini diciptakan untuk bermain game. Tidak heran, terdapat banyak fitur yang diperuntukkan untuk para gamer Android, diantaranya gaming center dan support untuk mouse dan keyboard.

  1. Windroy

Windroy android emulator

Windroy masuk dalam jajaran emulator terunik. Hal yang membuat unik dari Windroy adalah Windroy dijalankan dengan menggunakan Windows Kernel. Dengan demikian, Kamu tidak memerlukan dukungan Virtualbox. Windroy merupakan emulator Android PC ukuran kecil yang ringan dan mudah untuk digunakan. Melalui Windroy, Kamu bisa memainkan beragam game Android dan menjalankan beragam aplikasi Android di PC.

  1. Windows Android

Windows Android direkomendasikan untuk pengguna PC dengan sistem operasi Windows. Melalui emulator Windows satu ini, Kamu dapat mengoperasikan beragam hal yang bisa dilakukan melalui sistem operasi Android. Tidak dibutuhkan pengaturan tingkat lanjut untuk mengoperasikan emulator ini. Kamu dapat melalukan banyak hal, dari mulai bermain game dan menjalankan fungsi Android pada umumnya.

  1. Manymo

Manymo merupakan emulator yang ringan dan dijamin tidak akan menghabiskan tempat di komputer Kamu. Hal menarik lain dari Manymo adalah dapat dijalankan online. Artinya, Kamu tidak perlu mendownloadnya terlebih dahulu untuk dapat dijalankan. Melalui Manymo, Kamu bisa melakukan pengembangan dan pemeriksaan aplikasi Android di PC. Sayangnya, Manymo menawarkan pilihan pembayaran yang tidak murah.

  1. Virtual Box

Virtual Box gratis emulator

Emulator satu ini memang tidak direkomendasikan untuk pengguna umum. Sebenarnya, Virtual Box lebih tepat disebut sebagai alat untuk membuat emulator. Jika Kamu seorang yang senang berkreasi atau seorang antusias tech, maka Virtual Box adalah tool yang tepat untuk Kamu. Virtual Box gratis dan jangan khawatir dengan cara mengoperasikannya. Terdapat banyak panduan yang sudah disediakan untuk para pengguna.

Baca juga : Share It

Teliti Sebelum Mendownload

Tidak semua emulator Android cocok dijalankan di komputer atau laptop Kamu. Perhatikan spesifikasi sebelum mendownload. Sangat direkomendasikan untuk mendownload emulator Android paling ringan, terutama untuk para gamer. Cari emulator yang sesuai dengan tujuan penggunaan, emulator khusus game untuk bermain game dan emulator khusus pengembang untuk melakukan testing, pengembangan, koreksi, dan perbaikan.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~