Kredit Tanpa Agunan BCA 2019

Mempunyai hidup berkecukupan pastinya impian semua orang. Orang-orang pun berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari tanpa bergantung pada orang lain.

Berusaha mempersiapkan yang terbaik di masa depan juga cita-cita yang utama. Menyicil membeli suatu barang, membuka usaha kecil, menyimpang uang untuk ditabung, dan lain sebagainya.

Untuk menyimpan uang, meminta pinjaman atau kredit, orang-orang banyak memilih menyimpan dan meminjam uang tersebut melalui bank. Bank yang mereka pilih tidak sembarangan bank, mereka pasti memiliki kriteria atau syarat tersendiri dalam memilih bank. Misalnya, bank yang memiliki suku bunga pinjaman yang kecil atau terkadang memilih bank syariah.

Dalam kredit bank ada suatu layanan yang dinamakan KTA. KTA merupakan singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. Kredit Tanpa Agunan merupakan salah satu produk atau layanan pinjaman yang memberikan fasilitas kredit tanpa membebankan calon nasabah atau debitur untuk mempersiapkan suatu aset untuk dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.

Selain KTA, kami juga membahassoalalternatifkreditdiluar KTA, yaitu pinjaman online Fintech.

KTA Personal Loan BCA

Kredit Tanpa Agunan BCA 2019

Kali ini akan dibahas mengenai KTA yang ada di bank BCA (Bank Central Asia). Bank ini merupakan bank yang cukup terkenal dan tidak asing lagi. Bank ini merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. KTA BCA juga dikenal dengan sebutan BCA Personal Loan, yang mana pembayarannya dapat diangsur per bulan dengan tenor yang disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan bayar nasabah.

Nasabah atau debitur bisa meminjam pinjaman melalui fasilitas KTA BCA untuk berbagai keperluan, misalnya, untuk menambah dana keperluan renovasi, untuk menambah modal usaha, dan lain sebagainya.

Tetapi, tidak semua pengajuan kredit tanpa agunan ini langung diterima oleh pihak bank. Mungkin karena ada beberapa faktor yang belum kita ketahui. Sebelum kita melakukan pengajuan kredit, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat-syarat mengajukan KTA BCA :

  1. Usia harus di antara 21-55 tahun. Usia debitu tidak boleh lebih dari 55 tahun pda akhir tenor pinjaman.
  2. Minimal memiliki pendapatan per bulan Rp5.000.000 atau 5 juta rupiah.
  3. Debitur harus WNI.
  4. Wajib membuka rekening BCA.
  5. Wajib memiliki kartu kredit BCA.
  6. Status pekerjaan debitur harus Pegawai Tetap atau wiraswasta atau profesional.

Jika dirasa telah memenuhi syarat di atas, debitur bisa mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan tersebut  dengan satang langsung ke kantor cabang BCA atau bisa mengajukan KTA BCA secara online melalui website bank BCA. Ketika pengajuan, debitur akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen untuk aplikasi pinjaman.

Kepada pemegang kartu kredit BCA :

  1. Fotokopi KTP
  2. Mutasi rekening 3 bulan terakhir
  3. Surat Pajak Tahunan
  4. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  5. Kartu kredit BCA minimal 1 tahun dengan kategori selalu lancar dalam pembayaran

Kepada Payroll BCA :

  1. Fotokopi KTP
  2. Surat Pajak Tahunan
  3. Mutasi rekening 3 bulan terakhir
  4. Slip gaji atau surat keterangan perusahaan
  5. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Alasan Pengajuan Ditolak Bank

Diusahakan debitur  untuk tidak terburu-buru mengajukan pinjaman jika belum memenuhi  persyaratan secara keseluruhan. Sadari juga kemampuan diri dan coba perhitungkan soal rasio cicilan serta pengeluaran kebutuhan dalam waktu sebulan.

Ada juga beberapa penyebab pengajuan kredit tanpa agunan BCA ditolak oleh pihak bank :

  1. Dokumen-dokumen yang kurang lengkap merupakan faktor yang sangat sering dialami. Pasalnya, debitur terkadang tergesa-gesa untuk meminjam sehingga melupakan satu atau dua dokumen sebagai syaratnya.
  2. Pemohon tidak memenuhi persyaratan yang ada. Hal ini juga menjadi masalah atau penyebab pengajuan kredit ditolak.
  3. Si pemohon memiliki riwayat hutang yang buruk juga menjadi penyebabnya. Jika debitur memiliki riwayat hutang yang buruk, otomatis kreditur akan sulit memberikan pinjaman. Bukan hanya dalam hal pengajuan KTA saja tetapi untuk pengajuan pinjaman yang lainnya akan sulit.
  4. Debitur mengajukan pinjaman yang terlalu tinggi. KTA BCA memiliki plafon dengan kisaran 5 juta hingga 100 juta dengan tenor pinjaman yang dibebankan cukup singkat yaitu 2-3 tahun. Seperti contoh, peminjam mengajukan pinjaman Rp100 juta dan peminjam akan merasa terbebani dengan cicilan beserta bunganya, dan jika peminjam hanya bekerja dan memiliki gaji di bawah Rp4 juta.

Dalam mengajukan pinjaman, debitur akan dikenai biaya tambahan yang ditanggung sendiri yaitu :

  1. Pembayaran cicilan dan bunga dalam waktu sebulan sesuai dengan yang telah ditetapkan.
  2. Adanya biaya materai sebesar Rp6000 yang dikenakan saat debitur mengembalikan aplikasi pengajuan pinjaman.
  3. Biaya provisi sebesar 1% dari kredit limit atau dengan minimal Rp100 ribu.
  4. Biaya keterlambatan dalam pembayaran cicilan sebesar 0,28% per hari.
  5. Biaya lain termasuk premi asuransi jiwa dengan waktu 1 tahun sebesar 0,363% dan waktu 2 tahun sebesar 0,693% atau untuk 3 tahun sebesar 1.020%.

Kelebihan KTA BCA

Kredit Tanpa Agunan dari BCA ini memiliki beberapa kelebihan yang patut Anda simak baik-baik :

  1. KTA BCA memiliki keistimewaan tersendiri, pasalnya, bunga pinjaman yang dibebankan kepada peminjam cukup rendah yaitu hanya sekitar 1% saja tiap bulannya.
  2. Sudah dilengkapi juga dengan asuransi. Sangat berbeda dengan pinjaman dari bank lain, BCA memiliki proteksi asuransi yang diberikan kepada debitur dengan kisaran 1% per bulan yang harus dibayar bersamaan dengan angsuran atau cicilan.

Dalam melalukan pengajuan KTA BCA, jika telah disetujui oleh pihak bank pencairan akan dilakukan setelah 14 hari setelah persetujuan. Dan untuk sistem pembayaran cicilan Kartu Tanpa Agunan BCA ini bisa dilakukan melalui auto-debet lewat rekening nasabah langsung. Selain itu, juga bisa dilakukan pembayaran cicilan dengan melalui mobilebanking, internet banking, atau dengan layanan setor tunai dari teller BCA secara langsung.

Dalam proses pengembalian kredit tanpa agunan ini debitur diharuskan membayar angsuran cicilan dengan tidak melewati tanggal jatuh tempo. Jika melewati, akan dikenakan denda keterlambatan pembayaran KTA BCA.

Banyak juga orang yang bertanya-tanya apakah seorang WNA (Warga Negara Asing) bisa mengajukan pinjaman KTA atau tidak. Jawabannya, bisa, tergantung oleh WNA tersebut sudah bisa melengkapi syarat atau belum. WNA tersebut harus melampirkan fotokopi paspor miliknya atau KITAS dan dilengkapi dengan dokumen lain yang dibutuhkan oleh pihak bank.

Bagi debitur harus mengingat juga bahwa bank akan menghitung lanjut kemampuan bayar Anda tersebut. Jika semakin besar penghasilan debitur maka pinjaman yang bisa diberikan oleh pihak bank juga akan semakin besar.

Selain jumlah penghasilan, jumlah pinjaman yang diberikan juga dipengaruhi oleh limit dari kartu kredit  yang dimiliki oleh calon debitur. Pihak bank bisa memberikan besar pinjaman 4 hingga 5 kali lipat dari limit kartu kredit yang dimiliki. Pihak bank akan menyetujui permohonan pengajuan KTA BCA apabila jumlah cicilan KTA per bulan tidak melebihi 40% hingga 60% dari total penghasilan debitur.

Manfaatkan waktu anda yang berharga untuk kehidupan yang lebih baik dan berkualitas di masa depan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca.

Pinjaman Online Fintech

Meskipun KTA BCA menawarkan banyak kelebihan tetapi banyak pula calon nasabah yang tidak mengajukan permohonan pinjaman tanpa agunan di BCA karena beberapa alasan:

  1. Bukan nasabah BCA, tidak punya kartu kredit BCA dan bukan nasabah payroll di Bank BCA. Alhasil tanpa kedua persyaratan ini, calon nasabah tidak bisa mengajukan personal loan di BCA.
  2. Calon peminjam tidak memenuhi persyaratan yang diminta oleh bank, antara lain minimum penghasilan dan dokumen – dokumen lainnya.
  3. Jumlah pengajuan pinjaman yang disetujui tidak sesuai harapan karena BCA memberikan pagu pinjaman KTA dibawah yang diajukan. BCA menerapkan ketentuan soal cara menetapkan pagu pinjaman sehingga sangat bisa pengajuan tidak disetujui sesuai permintaan.
  4. Catatan kredit calon peminjam di SID buruk sehingga pengajuan pinjaman tidak disetujui oleh bank. Histori kredit di SID selalu menjadi patokan bank dalam memberikan KTA.

Dalamkondisipenolakanpengajuan KTA BCA, apaalternatifkredittanpajaminan yang bisadiambilolehkonsumen. Salah satunyaadalahpengajuanpinjaman online di Fintech.

Pinjaman online Fintech tidak menerapkan persyaratan yang yangseketat KTA BCA. Persyaratan pinjol lebih mudah dibandingkan bank.

Simak penjelasan soal cara pengajuan dan pilihan Fintech  disini.

 

Sumbangan Artikel Guest Posting – Duwitmu.com

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar