Persyaratan, Biaya dan Cara Perpanjangan Paspor Online : Mudah dan Cepat !

Bepergian keluar negeri tentu tidak lupa dari yang namanya paspor pribadi Kamu. Paspor adalah sebuah dokumen resmi dari negara oleh pejabat berwenang dari suatu negara dengan mencantumkan identitas dari penggunannya untuk berjalan-jalan antar negara.

Saat ini, bagi Kamu yang mengalami paspornya hampir kadaluarsa, maka Kamu bisa segera melakukan perpanjangan paspor online.

Saat ini segala dokumen yang ada termasuk paspor, lebih mudah dalam melakukan perpanjangan agar bisa terus digunakan. Hal ini juga membantu Kamu yang tidak sempat untuk datang ke lokasi pembuatan paspor hanya untuk melakukan perpanjangan.

Menghemat waktu, tenaga, dan biaya adalah kemudahan yang paling jelas jika melakukan perpanjangan paspor menggunakan media online atau internet.

Persyaratan Perpanjangan Paspor Online

Persyaratan Perpanjangan Paspor Online

Berikut ini yang harus disiapkan sebelum melakukan perpanjangan paspor secara online :

  1. Persiapkan paspor lama Kamu dengan dilengkapi fotokopi paspornya. (fotokopi berupa halaman depan dan belakang yang ada informasi data diri pengguna paspor).
  2. Bawa KTP atau e-KTP milik Kamu dan jangan lupa dalam bentuk fotokopi.
  3. Dokumen untuk perpanjang paspor juga tergantung tahun pembuatan Kamu. Jika Kamu yang membuat paspor di bawah tahun 2009, maka Kamu cukup membawa dokumen berupa paspor dan e-KTP saja.
  4. Jika Kamu mendaftar pada tahun di atas 2009, maka bawalah paspor lama Kamu serta e-KTP dan Kartu Keluarga asli dan juga bentuk fotokopi.
  5. Persiapkan juga akta kelahiran milik Kamu, ijazah di setiap tingkat(SD, SMP, dan SMA), surat atau buku nikah, surat baptis yang asli atau fotokopinya juga. Kamu boleh memilih salah satu saja dengan memastikan dokumen yang digunakan terdaftar informasi lengkap mengenai nama, tempat dan tanggal lahir, dan nama orang tua.
  6. Siapkan juga berupa materai 6000.

Karena masa berlaku paspor adalah setiap 5 tahun, maka baiknya perpanjang saat masa aktifnya hanya tersisa 6 bulan. Saat ini Kamu juga bisa mengganti paspor dari bentuk buku menjadi bentuk elektronik sehingga menjadi praktis. Adanya paspor elektronik ini membuat Kamu menjadi lebih mudah dalam perpanjangan dan menggunakannya.

Biaya Perpanjangan Paspor

Biaya Perpanjangan Paspor

Biaya dalam perpanjangan paspor online Jakarta, Perpanjangan paspor online Surabaya, dan tempat lainnya tetap sama. Jumlah besaran yang perlu Kamu keluarkan hanya tergantung dari jenis paspornya. Selain jenis, bisa juga tergantung kondisi yang terjadi seperti kelalaian pribadi atau karena adanya bencana alam yang terjadi.

Berikut biaya yang dibutuhkan :

  1. Paspor biasa
    Paspor biasa 38 halaman untuk WNI/orang adalah sebesar Rp.300.000 , jika 48 halaman sebagai kehilangan karena kelalaian, maka biayanya Rp.600.000. Jika karena bencana alam, biaya yang dibutuhkan sebesar Rp.300.000.
    Selain 48 halaman, bisa juga hanya 24 halaman dengan biaya yang lebih ringan. Untuk WNI biasa hanya Rp. 100.000, jika karena kelalaian maka bianya menjadi Rp.200.000. Biaya untuk pengganti kerusakan dalam bencana alam menjadi Rp.100.000.
  2. E-Paspor
    Nah, untuk Kamu yang sudah menggunakan E-Paspor, maka harganya berubah menjadi Rp.600.000 untuk WNI 48 halaman. Jika karena kelalaian menjadi Rp. 800.000 dan jika akibat bencana alam biayanya menjadi Rp.600.000.
    Untuk yang 24 lembar, menjadi Rp. 350.000 untuk WNI atau orang biasa. Untuk biaya karena kelalaian menjadi Rp. 400.000, jika akibat bencana alam menjadi Rp. 350.000.

Dalam pembuatan biaya paspor terdapat dana tambahan untuk penggunaan jasa teknologi sistem penerbitan dengan berbasis biometrik sebesar Rp.55.000.

Kebutuhan tadi perlu Kamu persiapkan agar lebih mudah dalam perpanjangan paspor online yang ada. Selain itu, Jadi, Kamu tidak perlu bingung lagi dalam proses dan biaya yang dibutuhkan untuk memperpanjang paspor.

Cara Perpanjangan Paspor Online

Berikut cara perpanjangan paspor online :

  1. Kunjungi Situs www.imigrasi.go.idCara Perpanjangan Paspor Online
    Kamu bisa akses di ponsel atau komputer Kamu. Pilih pada menu “Layanan Publik” dan kemudia “Layanan Paspor Online”. Lalu klik pada menu “Pra Permohonan Personal” dengan menuliskan data yang dibutuhkan pada formulir perpanjangan paspor tersebut. Setelah mengisi, Kamu bisa memilih pilihan pada kantor imigrasi yang paling dekat dengan tempat tinggal Kamu.
    Bisa juga ke web imigrasi daerah tempat tinggal Kamu :
    – Surabaya : http://surabaya.imigrasi.go.id/
    – Bandung : http://bandung.imigrasi.go.id/
    Dan kota lainnya.
  2. Membayar
    Setelah melakukan pengisian yang ada, nanti akan muncul berupa pembayaran dan konfirmasi berupa permohonan yang ada.
    Bayarkan melalui bank yang Kamu miliki agar lebih mudah. Bayarkan sesuai nominal yang ada. Jika Kamu bingung, periksa pada ketentuan yang ada di email dan jangan lupa saat bayar mencantumkan nomor permohonan yang ada.
    Setelah semua selesai, Kamu bisa memverifikasi lewat akun milik Kamu.
  3. Menentukan jadwal wawancara dan datang ke kantor imigrasi
    Hal ini penting agar membuat Kamu dapat lebih cepat dan efisien waktu saat memperpanjang paspor pada berkas.
    Sebelum datang ke kantor imigrasi, sesuaikan dahulu dengan jadwal yang ada dan nanti Kamu akan mendapatkan pesan email berupa tanda terima permohonan.
    Kemudian cetak tanda terima yang ada dan lampirkan dengan dokumen persyaratan perpanjangan paspor saat ke kantor imigrasi.
  4. Bawa seluruh dokumen ke kantor imigrasi
    Datanglah tepat waktu agar memperlancar proses perpanjangan paspor. Kemudian ikuti proses yang ada seperti, penyerahan berkas, wawancara, proses untuk pengambilan data biometrik, hingga pada nanti sesi foto. Setelah seluruh proses selesai, dalam perpanjangan paspor online berapa lama waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 3 hari.

Tidak hanya melalui webiste imigrasi untuk perpanjangan paspor online bisa juga menggunakan aplikasi

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~