Sebelum Wawancara, Baca Dulu Panduan Menjawab Pertanyaan Interview Berikut Ini

5 Tips Sukses Interview Kerja

Wawancara atau interview merupakan sebuah proses yang pasti dihadapi oleh setiap pencari kerja. Interview merupakan salah satu fase krusial yang dapat menentukan kesuksesan kerja, baik dengan tujuan mendapatkan pekerjaan atau mendapatkan promosi (kenaikan jabatan).

Selain mampu tampil dengan impresif dan mengutarakan visi Kamu, menjawab pertanyaan interview dengan baik merupakan goal utama para interviewe.

Baca juga : Lowongan Kerja S1.

5 Tips Sukses Interview Kerja

5 Tips Sukses Interview Kerja

Tujuan utama Kamu sebagai seorang interviewee (yang diwawancara) adalah menunjukkan bahwa Kamu adalah orang yang memiliki kualifikasi untuk pekerjaan yang ditawarkan sekaligus mampu memberikan impresi (kesan) yang baik dan tepat.

Perlu diingat bahwa impresi yang Kamu tunjukkan pada saat interview sangat penting dan krusial. Impresi tersebut akan bertahan lama dan menentukan reputasi Kamu di kemudian hari.

Disukai atau tidak, interview adalah proses yang pasti Kamu lalui. Mau tidak mau, Kamu wajib mempersiapkan dengan baik interview yang akan Kamu lakukan.

Beberapa tips yang akan dipaparkan merupakan hal sederhana yang banyak diabaikan para pencari kerja, baik disengaja maupun tidak. Berikut adalah 5 tips wawancara kerja yang akan membantu Kamu menjawab pertanyaan sekaligus memberikan impresi yang baik dan tepat.

  1. Berpenampilan Pantas dan Profesional

Perhatikanlah penampilan Kamu dengan baik dari ujung kaki hingga ujung kepala. Perhatikan pakaian yang akan Kamu gunakan, gaya rambut, riasan, aksesori, dan seluruh hal yang berkaitan dengan penampilan.

Kamu harus terlihat profesional, modern, pantas dan terhormat. Tidak mahal untuk mewujudkan penampilan yang ideal tersebut, Kamu hanya perlu memperhatikan kerapian dan kepantasan pakaian yang Kamu gunakan.

  1. Datang di Waktu yang Tepat

Datang ke tempat interview terlalu awal justru dapat membuat kesiapan mental terganggu. Ada beban yang muncul ketika Kamu melihat karyawan dan bahkan mungkin orang yang akan mewawancarai Kamu. Jika datang terlalu awal tidak direkomendasikan apalagi datang di waktu mepet.

Jika demikian, adakah waktu yang tepat? Beradalah di tempat wawancara (ruang tunggu) paling tidak 5 menit sebelum wawancara tersebut dilakukan.

  1. Persiapkan dengan Baik

Persiapan yang bisa Kamu lakukan sebelum melakukan wawancara adalah menyiapkan berkas, dokumen, atau resume yang diperlukan dan menulis beragam jenis pertanyaan saat interview yang mungkin pewawancara tanyakan.

Bukan hanya pertanyaan, Kamu juga bisa mempersiapkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Ingat, salah satu kunci kesuksesan wawancara kerja adalah mampu menjawab pertanyaan dengan baik.

  1. Demonstrasikan Kemampuan yang Tepat

Pewawancara tidak memerlukan demonstrasi dan “pamer” prestasi di bidang yang sama sekali tidak berkaitan dengan pekerjaan yang mereka tawarkan.

Para pewawancara tidak memiliki banyak waktu dan kadang muak mendengar Kamu membanggakan kemampuan dan prestasi Kamu yang tidak relevan. Mendemonstrasikan kemampuan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang ditawarkan merupakan hal yang wajib Kamu lakukan.

  1. Berbincang dan Mengobrol

Tips interview kerja yang terakhir adalah berbincang dan mengobrol. Apa yang dibincangkan dan diobrolkan? Tentu bukankehidupan pribadi Kamu tetapi perusahaan yang menyelenggarakan wawancara.

Wawancara bukan hanya soal menjawab pertanyaan interview dengan baik tetapi juga soal minat Kamu pada perusahaan dimana Kamu akan bekerja. Jangan kaku dan tunjukkan bahwa Kamu tahu banyak hal mengenai perusahaan tersebut.

Baca juga : Undang Undang Ketenagakerjaan.

5 Pertanyaan Umum yang Paling Sering Ditanyakan Saat Interview

5 Pertanyaan Umum yang Paling Sering Ditanyakan Saat Interview

Kamu bisa membuat daftar pertanyaan dan jawaban serta melakukan simulasi wawancara. Tidak ada formula khusus dan pasti, cara menjawab pertanyaan interview yang baik adalah menjawab setiap pertanyaan dengan penuh percaya diri, penuh ketegasan, dan sama sekali tidak melibatkan aspek personal.

Baca juga : Download : Contoh Surat Lamaran Kerja Menarik, Baik, dan Benar Bentuk Doc / Pdf.

Berikut adalah 5 pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada saat wawancara kerja.

  1. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Contoh pertanyaan interview pertama ini merupakan pertanyaan yang sangat umum. Jika Kamu tidak melakukan riset sama sekali, maka katakan selamat tinggal dan akhiri saja interview yang Kamu jalani. Jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan riset yang Kamu lakukan dan jawab pertanyaan tersebut dengan akurat.

  1. Kenapa Kamu Tertarik Bekerja di Perusahaan Kami?

Jadilah orang yang antusias dengan perusahaan tersebut. Jangan menjawab seadanya apalagi Kamu sekadar membutuhkan pekerjaan dan mencari jalan keluar. Jawab dengan spesifik dan optimis.

  1. Kenapa Kami Harus Menerima Kamu?

Jawab pertanyaan dengan penuh percaya diri dan demonstrasikan skill Kamu yang relevan untuk perusahaan tersebut. Jawablah bahwa Kamu bisa membantu dan memberikan kontribusi positif untuk perusahaan. Jawab pertanyaan dengan jawaban spesifik dan hindari jawaban yang terlalu umum.

  1. Apa Kelemahan Utama Kamu?

Contoh pertanyaan wawancara selanjutnya berkenaan dengan kelemahan Kamu. Pikirkanlah kelemahan dalam kemampuan (skill) bukan kelemahan personal. Jangan berikan jawaban, misalnya “Saya tidak mampu bekerja dalam tim”. Berikan jawaban, misalnya “Saya tidak begitu pandai mengoperasikan software tertentu”.

  1. Berapa Gaji yang Kamu Inginkan?

Kamu boleh tidak menjawab. Namun, jangan gunakan alasan yang seadanya atau pasrah tetapi gunakan alasan yang meyakinkan, misalnya “Saya ingin digaji sesuai dengan kemampuan saya”.

Jawaban dari pertanyaan interview mengenai gaji memang membuat Kamu dilematis. Mengungkapkan angka merupakan hal yang berisiko, apalagi jika Kamu belum memiliki banyak pengalaman.

Baca juga : Daftar Riwayat Hidup Menarik, Baik, dan Benar

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar
close