Rekomendasi PC Gaming dengan Spesifikasi Minimum

Kamu ingin PC / komputer tapi bingung nentuin spesifikasinya menggunakan hardware pendukung apa saja? Kali ini kami akan membahas minimum hardware spesifikasi yang digunakan untuk komputer gaming kamu. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

  1. Prosesor
Prosesor Core i3 8100 Ryzen 3 1200

Sumber : Shopee

Untuk spesifikasi PC gaming tidak memerlukan processor yang terlalu canggih, dengan memiliki 4 core saja sudah sangat mumpuni untuk spek gaming dan performa kecepatannya mencapai 3 Ghz – 4 Ghz sudah bisa untuk memainkan game-game terkini. Asalkan kamu tahu bahwa game itu tidak membutuhkan banyak core untuk bisa menjalankannya, jadi untuk kamu yang memiliki dana minim sebaiknya memilih processor dengan spek secukupnya saja.

untuk rekomendasi processor minimumnya kamu bisa membeli Core i3 8100 / Ryzen 3 1200 dengan harga sekitar Rp 1,5 jutaan.

Baca juga : Emulator Android Paling Ringan

  1. VGA
VGA Nvidia GTX 1050

Sumber : kompastekno.com

VGA merupakan komponen terpenting untuk merakit PC gaming, jadi kalo kamu punya budget besar usahakan untuk membeli VGA. Karena dengan VGA yang berkualitas kamu bisa dimanjakan dengan grafis dan tampilan gambar di monitor. Paling tidak untuk VGA sebaiknya alokasikan budget sekitar 60% kalau ingin performa PC gaming yang bagus. Lebih baik kamu pake VGA onboard dan jangan memakai VGA yang abal-abal.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Kuota Regional Axis

Kamu bisa membeli VGA minimum bermerk Nvidia GTX 1050, R560 dengan harga sekitar Rp 1,8 jutaan.

  1. Motherboard
Motherboard ASUS, Gigabyte, MSI, Asrock

Sumber : sinaukomputer.com

Nah, ini yang paling sulit saat kalian ingin menentukan pilihan untuk Motherboard PC gaming. Karena diperlukan perhatian khusus tentang ukuran motherboard, kompatibilitas socket, dan juga chipset. Selain itu juga yang harus diperhatikan apakah CPU yang ingin dipilih bisa di overlock atau tidak. Jika kalian tidak ingin meng-overlock kami sarankan tidak perlu membeli chipset yang mendukung overlock. Untuk merek motherboard yang bagus buat PC gaming kamu bisa membeli ASUS, Gigabyte, MSI, Asrock dengan kisaran harga Rp 1,05 jutaan.

  1. RAM
RAM Corsair, Avexir, GSkill, Team, Kingston

Sumber : PCgamer.com

Bagi kalian yang akan memilih kapasitas RAM untuk gaming sebaiknya minimum pilih 8GB dengan tipe RAM DDR4 dari merek yang bukan kaleng-kaleng. Jika PC gaming kalian ingin terlihat lebih keren bisa memilih RAM yang dilengkapi lampu RGB. Untuk merek RAM PC gaming lebih baik memilih dari salah satu diantaranya seperti : Corsair, Avexir, GSkill, Team, Kingston dengan kisaran harga Rp 1 jutaan.

  1. HDD / SSD
HDD SSD WDC Blue (HDD), Seagate Barracuda, Crucial BX (SSD), atau Sandisk (SSD)

Sumber : Nanokomputer.com

Storage sama dengan RAM yang tidak mempengaruhi kualitas gambar melainkan akan mempengaruhi kecepatan loading pada game. Kalo untuk storage yang gede sebaiknya beli HDD dengan minimum kecepatan 7200RPM, nah kalo kalian gak butuh ukuran storage beli aja SSD, karena SSD memiliki kecepatan 10x bahkan sampai 100x lipat dari HDD. Kalo kalian punya banyak budget beli aja keduanya. Untuk memperoleh performa yang maksimal saya sarankan beli SSD yang berukuran 120GB dan HDD berukuran 1TB. Untuk beli SSD atau HDD sebaiknya beli merek diantara salah satu ini : WDC Blue (HDD), Seagate Barracuda, Crucial BX (SSD), atau Sandisk (SSD) dengan harga berkisar Rp 500 ribuan.

  1. Monitor dan Webcam
Monitor Samsung Monitor LED 24″ S24F350FHE

Sumber : Samsung.com

Untuk monitor sendiri memiliki 2 jenis yakni LED dan LCD. Memilih LED atau LCD monitor gaming dengan menentukan panel dan resolusi. Semakin cepat gerakan panel dalam m/s maka gambar yang dihasilkan semakin tajam, sedangkan kalo panelnya lambat gambar yang dihasilkan akan terlihat blur. Kebanyakan panel yang memiliki gerakan yang cepat kualitas gambar yang dihasilkan kurang ok, begitu pula sebaliknya. Untuk minimum monitor gaming sebaiknya kamu beli Samsung Monitor LED 24″ S24F350FHE dengan harga Rp 1,5 jutaan.

Webcam Logitech C270 HD

Sumber : Logitech.com

Oh iya, buat kamu yang sering streaming game sebaiknya pasang webcam di bagian monitor kamu. Sebaiknya kamu memilih webcam Logitech C270 HD untuk menghasilkan kualitas video dengan resolusi yang tinggi dengan harga Rp 500 ribuan.

BACA JUGA:  √ 4 CARA TERCEPAT : Cek Kuota 3 ( SMS, Dial, Aplikasi dan Website )

Demikian beberapa rekomendasi dari kami mengenai hardware untuk PC gaming dengan budget minim.

Tentang penulis

Aina Khinan

Aina

Aina adalah penulis baru di Portal Uang. Salam kenal :)

Tulis komentar