Cara Download & Menggunakan Share It Terbaru

Zaman sekarang, apapun disharing, dari mulai makanan hingga aplikasi. Kendala muncul ketika Anda tidak tahu cara menshare file dalam smartphone atau komputer Anda.

Anda bisa menggunakan cloud storage atau cara lama dengan memindahkannya ke laptop atau PC Anda. Anda juga bisa menggunakan cara paling modern dan paling mutakhir dengan mentransfer file melalui aplikasi transfer file bernama Share It (SHAREit).

Apa Itu Share It

Apa Itu Share It

SHAREit adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mentransfer file antarperangkat yang berbeda. Perangkat atau device yang dimaksud, diantaranya smartphone dan komputer (PC). SHAREit menggunakan koneksi wi-fi secara langsung untuk mengirim foto, video, audio, dan aplikasi dari satu perangkat ke perangkat lain. Melalui SHAREit, Anda bisa bertukar file dengan siapapun langsung tanpa menggunakan perantara.

SHAREit tersedia untuk PC dengan sistem operasi Windows dan untuk smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS. Sejak diluncurkan pada 2013 silam, SHAREit sudah menjadi aplikasi file transfer favorit banyak orang. Tercatat, SHAREit telah didownload lebih dari 500 juta pengguna. SHAREit berhasil mengubah kebiasaan dan cara orang menshare dan mentransfer file. Berikut adalah 2 fitur utama yang dimiliki oleh SHAREit.

  • Transfer File

Sebelum kehadiran SHAREit, Anda harus menggunakan perantara untuk mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lain. Jika tidak secara manual (melalui kabel data, kemudian mentransfer di komputer), Anda harus menggunakan cloud storage.

Setelah SHAREit hadir, Anda dapat mentransfer file langsung dari satu perangkat ke perangkat lain. Untuk mentransfer, masing-masing perangkat harus menginstal dan menggunakan SHAREit.

  • Kecepatan Transfer yang Cepat

Seberapa cepat kecepatan transfer melalui SHAREit? Kecepatan transfer melalui SHAREit 200 kali lebih cepat dari kecepatan transfer melalui Bluetooth.

Kecepatan transfer melalui SHAREit bisa mencapai 20 MB/s. Anda dapat mentransfer file, baik itu gambar, video, atau file lain dengan kecepatan transfer yang cepat. Tidak butuh lama bagi Anda untuk mendapatkan file yang dikirim oleh pengguna SHAREit lainnya.

Selain 2 fitur utama SHAREit tersebut, ada juga beberapa fitur tambahan. Fitur tambahan yang dimiliki SHAREit ini memberikan tambahan pengalaman bagi pengguna. Berikut adalah 3 fitur ekstra yang dimiliki oleh SHAREit.

  • Video Player

SHAREit dilengkapi dengan video player yang sudah mensupport hampir semua format video. Selain itu, Anda juga dapat menikmati video, baik online maupun offline.

  • Music Player

Selain video player, SHAREit juga dilengkapi dengan music player yang siap menemani Anda kapanpun dan dimanapun. Sama dengan fitur video online, Anda juga bisa mendengar musik, baik online maupun offline.

  • Customize Appearance

Fitur ekstra terakhir daru SHAREit adalah fitur kosmetik. Agar tidak membosankan, Anda dapat merubah tampilan aplikasi dengan wallpaper, GIF, dan sticker yang bisa Anda download secara mandiri.

Edisi Share It terbaru adalah SHAREit v5.8.7. SHAREit merupakan aplikasi file transfer yang diklaim memiliki kecepatan transfer tercepat. Transfer file melalui SHAREit hanya dapat dilakukan antar pengguna SHAREit.

Artinya rekan Anda harus sama-sama menggunakan aplikasi tersebut untuk saling bertukar file. Soal kualitas file, jangan khawatir karena file tidak terdamage atau menjadi rusak karena kecepatan transfer yang tinggi.

Apa Itu Share It PC

Apa Itu Share It PC

SHAREit PC adalah aplikasi Share It untuk PC. Sebelumnya, SHAREit lebih terkenal dan populer untuk pengguna smartphone Android. Kini, SHAREit dapat digunakan di PC dengan sistem operasi Windows.

Share It untuk PC gratis, alias tidak membutuhkan uang sepeserpun, baik untuk download maupun untuk menggunakan. Sebelum mendownload dan menggunakan SHAREit di komputer, perhatikan sistem operasi yang Anda gunakan.

Untungnya, SHAREit sudah mendukung PC dengan sistem operasi Windows XP, Vista, 7, 8, 8.1, dan 10. Dengan SHAREit PC, Anda bisa menshare beragam jenis file dari PC dengan smartphone atau tablet.

Bukan hanya file, SHAREit PC ternyata dapat menshare aplikasi. Fitur SHAREit untuk PC ternyata tidak kalah baik dengan fitur SHAREit untuk perangkat lain. Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki oleh SHAREit PC.

  • Mampu mentransfer file dengan kecepatan hingga 20 MB/s. Kecepatan transfer tersebut tidak memengaruhi kualitas file yang ditransfer.
  • Mensupport beragam jenis file yang bisa ditransfer.
  • Dilengkapi dengan video dan music player. Anda bisa menyaksikan dan mendengarkan konten video dan audio online. Selain itu, Anda juga bisa memantau tren musik dan video apa saja yang sedang hits.
  • Anda dapat melakukan login ke aplikasi SHAREit melalui bantuan nomor ponsel.

Cara Download Share It

Cara Download Share It

Cara download aplikasi Share It untuk PC mudah dan tidak membutuhkan persyaratan apapun. Anda dapat mendownload SHAREit di beberapa website download aplikasi legal yang bisa dengan mudah Anda temukan di internet. Anda juga bisa mendownloadnya di website resminya. Berikut langkah-langkah mendownload SHAREit.

  1. Akses website resmi SHAREit.
  2. Geser ke bawah dan Anda akan melihat teks “Download SHAREit for PC”.
  3. Klik, “Download EXE File” untuk mendownload SHAREit.
  4. Di halaman berikutnya, geser ke bawah dan klik “Download. EXE File” dibawah judul Download SHAREit for PC. Perhatikan juga sistem operasi yang sudah disupport.
  5. Tunggu hingga proses download selesai.

Setelah proses download selesai, Anda bisa membuka dan menginstal SHAREit. Berikut langkah melakukannya.

  1. Klik hasil downloadan SHAREit sebelumnya.
  2. Lakukan proses instalasi sebagaimana menginstal software di komputer pada umumnya.
  3. Ikuti prosedur dan selesaikan proses instalasi.
  4. Untuk bisa menggunakan SHAREit, Anda perlu membuat akun SHAREit terlebih dahulu.
  5. Jika sudah membuat akun, maka Anda sudah bisa menshare file melalui SHAREit.

Cara Menggunakan Share It

Cara Menggunakan Share It

Fungsi utama SHAREit adalah melakukan file transfer. Untuk menggunakan SHAREit, siapkan perangkat lain (smartphone) yang akan saling menshare file dengan komputer Anda.

Jika tidak, maka Anda bisa menggunakan SHAREit untuk keperluan lain, seperti melihat dan mendengar video dan musik online dan offline. Berikut adalah cara menggunakan SHAREit terbaru untuk mentrasnfer file antara PC dengan smartphone.

  1. Menyambungkan Smartphone dengan PC

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyambungkan smartphone dengan PC terlebih dahulu. Keduanya, harus menggunakan jaringan wi-fi yang sama. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Setelah keduanya terhubung dengan jaringan wi-fi yang sama, buka SHAREit di kedua perangkat.
  • Pada aplikasi SHAREit PC, buka display kode QR.
  • Pada aplikasi SHAREit smartphone, pilih Connect to PC, kemudian Scan to Connect.
  • Scan kode QR yang muncul di SHAREit PC dengan smartphone Anda.
  • Kedua perangkat SHAREit kini sudah terhubung.

 

  1. Mentransfer File dari PC ke Smartphone dan Sebaliknya

Jika kedua perangkat sudah terhubung, maka Anda bisa menshare file antar kedua perangkat tersebut. Cara mentransfer file melalui SHAREit cukup mudah. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Cara paling mudah adalah dengan melakukan drag & drop file ke SHAREit window.
  • Cara alternatif yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengklik Select Files.
  • Kemudian, pilih file yang akan ditransfer. Klik Open untuk mentransfer file tersebut.
  • Proses transfer akan segera muncul. Tunggu hingga proses selesai.
  • Jika proses selesai, periksa file transferan Anda dengan klik File Received.
  • Jika file yang ditransfer sudah ada maka proses transfer Anda sukses.
  • Jika sudah tidak digunakan, klik Disconnect untuk mengakhiri sesi transfer.

Cara Menggunakan Share It di Laptop

Menggunakan Share It itu tidak sulit, baik di komputer maupun di perangkat lain. Cara menggunakan SHAREit di laptop sama dengan cara menggunakan SHAREit di PC. Tidak ada perbedaan kecuali bentuk perangkatnya yang berbeda.

Pastikan dua atau lebih perangkat yang akan melakukan sharing file terhubung dengan jaringan wi-fi yang sama dan sudah saling terhubung sebelumnya. Selebihnya, proses transfernya tidak jauh berbeda.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar