Cara Mendapatkan dan Mengetahui Kode Puk Telkomsel

Salah satu cara untuk menjaga keamanan dari kartu sim Anda adalah dengan menerapkan keamanan dengan PIN. Dengan menggunakan PIN ini maka privasi dan keamanan dari kartu sim Anda akan terjaga. Akan tetapi beberapa dari Anda mungkin pernah melupakan nomor PIN dan membuat kartu telkomsel Anda terblokir. Untuk mengatasi kartu yang terblokir tersebut Anda membutuhkan kode PUK telkomsel.

Baca juga : Daftar Kode ID Penjual Telkomsel

Kode PUK Telkomsel

Cara Mendapatkan dan Mengetahui Kode Puk Telkomsel

Kode PUK merupakan kepanjangan dari Personal Unblocking Key. Kode ini pada umumnya terdiri dari 8 digit angka. Kode tersebut berfungsi untuk membuka kartu sim Anda yang telah terblokir yang diakibatkan karena salah memasukkan PIN. Dengan memasukkan kode ini pada tempat yang diminta maka kartu sim Anda dapat digunakan kembali.

Kode PUK ini tidak hanya dimiliki oleh telkomsel saja melainkan semua produk provider. Untuk mendapatkan kode PUK ini banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan. Seiring dengan kemajuan teknologi, Anda bisa mendapatkan kode tanpa harus datang langsung ke gerai resmi telkomsel. Cukup dengan mermodalkan gadget dan media sosial pun Anda juga bisa untuk mendapatkan kode PUK ini.

Baca juga : Kode Area Telkomsel

Cara Membuka Kode PUK Telkomsel

  1. Jejaring Sosial Telkomsel Resmi

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini berbagai provider telah memiliki berbagai akun media sosial guna lebih mendekatkan diri dengan pelanggan setianya. Hal tersebut juga dimiliki oleh telkomsel sehingga Anda dapat menyampaikan saran ataupun meminta bantuan langsung pada akun medsos tersebut termasuk juga dalam rangka untuk membuka kode PUK kartu SIM Anda.

Untuk melakukan cara ini, Anda dapat memfollow salah satu jejaring sosial miliki telkomsel. Salah satu jejaring sosial milik telkomsel yang memiliki layanan realtime 24 jam adalah di jejaring sosial twitter. Anda dapat mengirimkan direct message kepada akun tersebut untuk meminta kode PUK. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti perintah dari admin tersebut hingga kode PUK tersebut diberikan kepada Anda.

  1. Menggunakan Dial Kode
BACA JUGA:  Cara Menggunakan Kuota Videomax dan Youthmax Telkomsel Terbaru 2019

Permintaan kode PUK telkomsel lebih mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan dial kode. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk pada menu dial handphone Anda
  • Masukkan kode *116#
  • Pilih PUK
  • Masukkan nomor Anda yang terblokir beserta 16 digit nomor yang terdapat di belakang simcard
  • Lakukan cara ini dengan menggunakan nomor lain
  1. Menghubungi Call Center

Apabila Anda belum mendapatkan kode PUK menggunakan cara yang sebelumnya, Anda dapat menghubungi langsung call center telkomsel. Untuk menghubunginya Anda dapat menggunakan nomor Anda yang lain. Cukup dengan menghubungi nomor call center telkomsel yaitu 188 maka Anda akan terhubung. Lakukanlah arahan dari customer service sampai Anda mendapatkan kode PUK Anda.

  1. GraPARI Telkomsel

Cara mendapatkan kode PUK telkomsel karena pin diblokir berikutnya adalah langsung datang ke grapari yang dimiliki oleh telkomsel. Jelaskanlah semua yang terjadi pada kartu SIM Anda kepada customer service. Pada akhirnya nanti kartu telkomsel Anda yang telah terblokir sebelumnya akan diaktivasi ulang oleh pihak telkomsel. Tunggu beberapa saat hingga kartu SIM Anda dapat digunakan kembali.

Cara Mengetahui Kode PUK Telkomsel

Mengetahui kode PUK bisa menjadi salah satu antisipasi apabila suatu saat kartu SIM Anda terblokir karena suatu hal seperti kesalahan memasukkan PIN dan sebagainya. Termasuk juga bagi Anda pengguna telkomsel. Untuk melihat kode PUK ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kode PUK kartu SIM Anda.

  1. Pada Kemasan Kartu Sim
BACA JUGA:  Cara Install WhatsApp di Laptop / PC Windows 7,8,10 atau MAC Tanpa Bluestack

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk melihat berapa kode PUK telkomsel Anda yaitu memeriksa kemasan kartu sim Anda. Hal tersebut karena biasanya pada sebagian kartu SIM dicantumkan juga bersamaan kode PUK kartu tersebut. Jika Anda tidak menemukan kemasan kartu Anda, Anda dapat menghubungi dan menanyakan kepada si penjual kartu sim tersebut.

  1. Menghubungi Call Center

Cara yang kedua yang bisa Anda gunakan untuk melihat atau mengetahui kode PUK telkomsel Anda adalah dengan menghubungi call center. Anda dapat menghubungi nomor 155 untuk call center gratis ataupun Anda dapat menghubungi 188 untuk call center berbayar. Mintalah nomor PUK Anda kepada petugas tersebut untuk berjaga-jaga apabila kartu Anda terblokir.

  1. My Telkomsel

Cara mencari kode PUK telkomsel yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan memanfaatkan layanan aplikasi My Telkomsel. Untuk menggunakannya Anda cukup mendownload aplikasi tersebut dari playstore dan login dengan nomor telkomsel Anda. Kemudian masuk pada bagian profil dan pilihlah PUK untuk mengetahui kode PUK kartu sim telkomsel yang Anda gunakan.

Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel

Untuk mendapatkan kode puk dari kartu sim telkomsel Anda memiliki banyak sekali cara yang bisa digunakan. Beberapa cara tersebut ada yang menggunakan layanan call center, datang langsung ke gerai, ataupun melalui internet. Berikut ini merupakan beberapa Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel Melalui Internet yang bisa Anda coba lakukan.

  1. Menghubungi Akun Media Sosial Resmi Telkomsel

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu cara untuk mendapatkan kode PUK telkomsel terblokir Anda adalah dengan menghubungi langsung akun media sosial official yang memiliki layanan 24 jam yaitu akun twitter dari telkomsel. Selain itu respons yang diberikan dari para customer service telkomsel di akun twitter ini lumayan cepat dan sigap.

BACA JUGA:  Cara Melihat History WhatsApp di Komputer Walau Sudah di Hapus

Untuk mengetahui nomor PUK kartu sim telkomsel Anda, Anda dapat mengirimkan pesan langsung atau direct message kepada akun twitter telkomsel. Selanjutnya Anda tinggal menanyakan kepada admin yang bertugas tentang kode PUK yang dimiliki kartu sim telkomsel Anda. Ikuti langkah-langkah yang diperintahkan oleh admin hingga kode PUK kartu sim Anda diberikan.

  1. Melalui Email

Cara melihat kode PUK telkomsel Anda dari internet adalah dengan mengirim email kepada telkomsel. Kirimlah permintaan kode PUK langsung ke email pelayanan yang dimiliki oleh telkomsel. Ikuti langkah-langkah yang di instruksikan untuk mendapatkan kode PUK kartu sim telkomsel Anda. Sebelum itu Anda harus menyiapkan beberapa hal seperti nomor HP, kode 16 digit kartu sim, dan lain sebagainya.

  1. Komen Facebook

Cara mencari kode puk kartu sim telkomsel adalah dengan menggunakan facebook. Hampir sama dengan mencari menggunakan twitter, hanya saja cara mendapatkan kode puk dari facebook adalah dengan memberikan komen pada halaman facebook resmi telkomsel. Cukup komen nomor kartu sim Anda beserta 16 digit nomor pada kartu sim Anda yang terblokir dan tunggu balasan dari admin facebook telkomsel.

Baca juga : Cara Cek Nomor Telkomsel

Dengan beberapa pengetahuan di atas Anda sudah tidak perlu takut lagi jika sewaktu-waktu kartu sim Anda diblokir dan Anda diharuskan menggunakan kode PUK untuk membukanya. Anda bisa langsung menerapkan cara mendapatkan kode PUK telkomsel di atas. Hal ini cukup mudah karena ada berbagai alternatif cara yang bisa Anda gunakan.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar