Android

Cara Cek IMEI Samsung

Apakah Kamu pengguna handphone Samsung dan bingung bagaimana cek IMEI Samsung ? Sebelumnya, tahukah Kamu bahwa setiap handphone baik itu ponsel pintar maupun handphone konvensional, merk terkenal maupun lokal semuanya pasti mempunyai IMEI yang bernomor berbeda.

IMEI atau nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 hingga 16 digit angka yang berfungsi sebagai pengidentifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan operator seluler tersebut seperti halnya merk Samsung. Lalu, bagaimana cara cek IMEI handphone Samsung?.

Mungkin Kamu tidak tau 4 HP Tercanggih di Dunia ini sangat keren.

Apa Itu nomor IMEI ?

Sebelum membahas mengenai cara cek IMEI Samsung, ada baiknya untuk Kamu ketahui mengenai apa itu IMEI atau nomor IMEI.

International Mobile Equipment Identity atau yang kerap disingkat menjadi IMEI ialah nomor yang dimiliki oleh setiap handphone dan selalu berbeda. Nomor IMEI biasanya terdiri atas 15 hingga 16 digit angka dan digunakan oleh operator seluler untuk melakukan identifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan mereka.

IMEI menyimpan data-data penting dalam suatu handphone seperti halnya E-KTP. Dapat dikatakan bahwa IMEI merupakan satu-satunya kode unik yang dipunyai oleh handphone guna membedakan handphone satu dengan handphone lainnya.

Sekarang ini masih banyak orang yang belum memahami apa itu fungsi nomor IMEI. Bahkan tidak sedikit orang yang mengabaikan nomor IMEI. Padahal, nomor IMEI memiliki fungsi yang amat penting. Adapun fungsi dari IMEI ialah sebagai berikut.

  1. IMEI berfungsi sebagai pelacak handphone

Tahukah Kamu bahwa nomor IMEI dapat berfungsi sebagai pelacak nomor handphone apabila handphone tersebut hilang. Bagaimana caranya?

Jika Kamu mengalami kehilangan handphone maka Kamu dapat segera mendatangi gerai operator seluler yang Kamu gunakan. Selanjutnya, Kamu dapat memberikan nomor atau kode IMEI handphone Kamu beserta nomor kartu SIM yang Kamu gunakan pada handphone yang telah hilang tersebut. Dengan demikian, maka handphone Kamu akan segera dapat ditemukan. Mudah, bukan?

  1. IMEI berfungsi sebagai penunjuk keaslian handphone

Fungsi IMEI berikutnya yang dapat Kamu ketahui ialah sebagai pelacak atau penunjuk keaslian handphone Samsung. Jika Kamu ingin mengetahui apakah handphone Kamu asli atau bukan, maka Kamu dapat mengeceknya menggunakan nomor atau kode IMEI handphone Kamu. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  • Buka laman pencarian internet Kamu.
  • Masukkan alamat website Imei.info pada laman pencarian Kamu.
  • Masukkan nomor IMEI Kamu.
  • Centang verifikasi robot.
  • Klik opsi check.
  • Tunggu proses pengecekan nomor IMEI tersebut sampai selesai.
  • Ketika proses sudah selesai, maka akan muncul tampilan HP Samsung apabila handphone Kamu tersebut memang asli handphone Samsung.
  1. IMEI berfungsi sebagai pemberi pengaruh pada sinyal handphone

Perlu Kamu ketahui bahwa secara umum nomor atau kode IMEI sangat berpengaruh terhadap sinyal handphone. Pada suatu kondisi ketika nomor IMEI handphone hilang, maka handphone tersebut tidak lagi dapat digunakan untuk menelpon, sms berikut dengan koneksi data. Dapat dikatakan bahwa handphone Kamu telah kehilangan fungsinya sebagai sarana komunikasi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa fungsi IMEI pada handphone amat penting. Kamu dapat menyimpan nomor IMEI Kamu demi menjaga keamanan handphone serta kelancaran sarana komunikasi Kamu.

Cara Cek No IMEI Samsung

Salah satu handphone yang memiliki banyak penggemar sekaligus pengguna sekarang ini ialah Samsung. Samsung dikenal sebagai merk handphone yang banyak memiliki keunggulan di antara merk handphone lainnya. Adapun keunggulan merk Samsung dibanding merk handphone lainnya ialah sebagai berikut.

  1. Adanya fitur signal max yang berfungsi untuk mengolah sinyal handphone agar tetap stabil dan baik.
  2. Adanya biometric recognition yang berguna untuk sensor keamanan lewat pupil mata.
  3. Memiliki mode glove yang membuat layar Samsung menjadi amat sensitif terhadap sentuhan.
  4. Terdapat multi window yakni fasilitas yang memudahkan Kamu untuk mengakses dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Persis seperti handphone jenis lainnya, Samsung juga dibekali dengan nomor IMEI yang berfungsi untuk melakukan identifikasi jaringan serta mengecek keaslian handphone Samsung hingga melacak handphone apabila terjadi kehilangan.

Jika Kamu pemilik handphone Samsung dan ingin melakukan cek kode IMEI Samsung, maka Kamu dapat mengikuti beberapa cara seperti berikut.

  1. Cek IMEI HP Samsung via kode dial

Cara pertama yang dapat Kamu lakukan untuk cek IMEI handphone Samsung ialah dengan menggunakan kode dial. Cara cek nomor IMEI handphone Samsung satu ini merupakan cara termudah yang dapat Kamu lakukan. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  • Buka menu panggilan atau dial pad (fitur menelepon pada handphone Kamu).
  • Masukkan kode dial *#06#.Cek IMEI HP Samsung via kode dial
  • Kemudian akan muncul kode atau nomor IMEI handphone Samsung Kamu secara otomatis tanpa perlu menekan tombol panggilan.cara cek IMEI Samsung

Cara cek nomor IMEI HP Samsung menggunakan kode dial merupakan cara yang direkomendasikan pada website resmi Samsung. Bisa dikatakan bahwa cara ini merupakan cara cek IMEI Samsung asli.

  1. Cek IMEI HP Samsung via menu settings atau pengaturan

Cara kedua untuk melakukan cek IMEI HP Samsung yang dapat Kamu lakukan ialah melalui menu settings atau pengaturan pada handphone Kamu. Cara ini terbilang tidak merepotkan dan justru mudah.

  • Buka menu settings atau pengaturan pada handphone Samsung Kamu.
  • Pada jendela settings atau pengaturan, Kamu dapat meng-scroll ke bawah hingga menemukan opsi about phone / tentang ponsel / tentang perangkat.
  • Pilih opsi about phone / tentang ponsel / tentang perangkat.
  • Di dalam jendela about phone / tentang ponsel / tentang perangkat tersebut, pilih opsi status.
  • Pada jendela tersebut, scroll ke bawah hingga menemukan nomor IMEI handphone Samsung Kamu.
  1. Cek IMEI HP Samsung via dus handphone

Di saat Kamu membeli handphone Samsung baru, tentu Kamu akan mendapatkan dusbook atau kardus handphone tersebut. Di dalam dusbook tersebut terdapat beberapa kelengkapan handphone seperti buku petunjuk penggunaan handphone, kabel charger, headset serta informasi tentang detail handphone pada sisi dusbook tersebut. Salah satu informasi tersebut ialah nomor IMEI.

Bagi Kamu yang ingin mengetahui berapa nomor IMEI handphone Samsung Kamu, maka Kamu tinggal melihatnya di bagian detail informasi handphone pada sisi dusbook. Kebanyakan nomor IMEI terletak di dekat barcode.

  1. Cek IMEI HP Samsung via body handphone

Cara cek IMEI HP Samsung berikutnya ialah melalui body handphone tersebut. Cara ini juga cukup mudah dan dapat kapan saja Kamu lakukan. Adapun caranya ialah sebagai berikut.

  • Buka penutup baterai handphone Samsung Kamu.
  • Buka baterai handphone Kamu.
  • Tepat di bawah wadah baterai, Kamu akan menemukan informasi perihal nomor IMEI HP Samsung Kamu.

Cara cek IMEI HP Samsung via body handphone tersebut hanya dapat diperuntukkan pada tipe HP Samsung yang memiliki fasiltas baterai removable atau yang dapat dilepas.

  1. Cek IMEI Samsung Online

Cara berikutnya yang dapat Kamu lakukan untuk cek IMEI handphone Samsung ialah via online. Namun sebelumnya, pastikan Kamu untuk mengunduh terlebih dahulu aplikasi IMEI checker pada Google Playstore. Adapun cara cek nomor IMEI Samsung online ialah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi IMEI checker pada handphone Samsung Kamu.
  • Aplikasi tersebut secara otomatis akan memindai spesifikasi handphone Samsung Kamu, termasuk IMEI.
  • Kamu dapat melihat IMEI handphone Samsung Kamu ketika proses pemindaian tersebut selesai.

Beberapa contoh cara cek nomor IMEI handphone Samsung tersebut kiranya dapat membantu Kamu dalam melakukan pengecekan IMEI pada handphone Kamu. Semoga informasi tersebut bermanfaa

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~