Arti, Manfaat, Maksud dan Tujuan Ilmu Menjual

Arti, manfaat, maksud dan tujuan Ilmu Menjual akan kita bahas disini beserta sifat – sifat yang harus dimiliki penjual.

Peluang Usaha Bisnis Bakso : Baca Idenya Gila !.

Arti Ilmu Menjual

Apa itu Ilmu Menjual ? Ilmu Menjual adalah suatu kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain seupaya mereka mau membeli barang – barang / jasa yang ditawarkan.

Berikut ini Pengertian Ilmu Menjual menurut para ahli :

Menurut J.s konox , suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang supaya merasa mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara saling menguntungkan meski sebelum nya tidak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu,tetapi akhirnya tertarik untuk membelinya.
Menurut K.B Haas dan E.C Perry,pelayanan timbal balik,sehingga kedua belah pihak meras puas dengan barang yang di terimanya.

Maksud dan Tujuan Ilmu Menjual

maksud dan tujuan ilmu menjual adalah

Maksud dan tujuan ilmu menjual adalah ?

Maksud ilmu menjual adalah melaksanakan kemampuan dalam seni menjual. Sedangkan Tujuan Ilmu Menjual adalah menjual kepandaian jasa maupun barang pada calon pembeli.

Manfaat Ilmu Menjual

Apa saja sih manfaat dari ilmu menjual, berikut ini beberapa manfaatnya.

  1. Membantu penjual dalam melakukan kegiatan dagang.
  2. Membantu penjual dalam mengatasi segala macam rintangan yang timbul.
  3. Membantu penjual dalam mengatasi persaingan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Sifat – Sifat Penjual

Sifat – sifat yang harus dimiliki penjual agar barang dagangannya cepat laku dan disenangi oleh konsumen / pelanggan sebagai berikut.

  1. Selalu gembira, dengan selalu gembira pelanggan kita akan semakin nyaman saat berbelanja atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Pastinya anda sendiri pernah beli kesuatu tempat namun penjual kurang ramah atau terlihat jutek ( judes ). Perasaan anda akan tidak nyaman saat membeli  / menggunakan jasa tersebut.
  2. Lurus hati dan disiplin, Contohnya saja anda sebagai tukang bangunan ketika anda kurang disiplin kemungkinan proyek yang anda kerjakan akan dihentikan. Begitu juga dengan menjual barang ketika anda kurang disiplin, umpama pelayanannya terlalu lama maka banyak pelanggan yang kabur.
  3. Bijaksana, selalu bijak dalam memberi arahan apa yang memang dibutuhkan pelanggan itu sangat peting. Karena jika mereka puas dengan apa yang kita arahkan mereka akan menjadi pelanggan setia.
  4. Sopan santun, Sifat yang ini memang harus kalau kurang sopan santun pasti pelanggan akan mencari alternatif ( penjual lainnya ).
  5. Periang, hampir sama seperti selalu sifat penjual gembira.
  6. Mudah bergaul, dengan sifat yang ini anda akan mendapatkan banyak pelanggan setia, karena mereka nyaman dengan anda.
  7. Penuh inisiatif, dengan penuh inisiatif memberikan saran – saran untuk pelanggan dan berharga bagi mereka. Pastinya mereka bertambah senang dan kelebihannya benda apapun yang anda jual dan berapapun harganya akan ada yang beli. Karena mereka sudah percaya pada anda.
  8. Tidak putus asa, jika anda memulai suatu usaha sifat ini harus diutamakan jika sudah putus asa usaha anda juga akan berhenti.
  9. Ketajaman daya ingatan, tidak hanya ingat harga produk saja ketajaman daya ingatan juga dapat digunakan untuk pelanggan. Umpama pelangga A senang ini dan pelanggan B senang yang ini.
  10. Penuh perhatian, memberi perhatian pada pelanggan itu sangat penting, karena dengan memerhatikan mereka, mereka juga nyaman.

Itulah beberapa tentang Ilmu Menjual Semoga bermanfaat.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar