Aplikasi

Apa Itu, Cara Daftar dan Menggunakan Paylater

Tahun ini mungkin Kamu sering mendengar istilah Paylater, sebenarnya apa itu Paylater dan fungsinya untuk apa ?.

Apa itu Paylater ?

Paylater adalah sebuah fasilitas ( berbentuk aplikasi ) yang digunakan untuk berbelanja atau memesan sesuatu barang maupun jasa dan tagihan dapat dibayarkan kemudian hari sampai batas yang ditentukan.

Jadi dengan menggunakan Paylater ini Kamu bisa berbelanja terlebih dahulu walau tidak punya yang lalu membayarnya dikemudian hari saat sudah gajian ( punya uang ). Dengan menggunakan Paylater ini tidak berarti seenaknya kapan tagihan dibayar namun sudah diatur oleh sistem sedemikianrupa.

paylater traveloka

Cara Daftar Paylater

Cara daftar Paylater ini tentunya setiap perusahaan atau penyedia paylater ini tentu berbeda – beda, syaratpun juga pastinya beda.

Syarat Ovo Paylater :

  1. Umur akun minimal 6 (enam) bulan.
  2. Foto dan KTP.
  3. Identitas diri ( sesuai yang dibutuhkan ).

Syarat Traveloka Paylater :

  1. Umur antara 21–70 tahun.
  2. Warga Indonesia.
  3. Memiliki KTP yang valid.

Syarat Gojek Paylater :

Gojek pun juga menyediakan Paylater untuk syarat dan ketentuan bisa dibaca disini.

Syarat Pegi – Pegi Paylater :

Begitu juga dengan Pegi – Pegi, Pegi – Pegi juga tersedia layanan Paylater ini. Syaratnya pun cukup mudah :

  1. Akun Kredivo yang masih aktif.
  2. Memiliki limit kredit yang mencukupi.

Setelah syarat kedua diatas terpenuhi proses pemesanan dengan opsi pembayaran Kredivo. Lalu memasukan OTP (One Time Password) yang dikirimkan melalui SMS ke nomor HP yang sudah terdaftar di Kredivo. Nah bagaimana cukup mudah bukan !.

Cara Menggunakan Paylater

Menggunakan Paylater ini caranya tergantung perusahaan yang menyediakan pembayaran sistem Paylater ini. Contoh Ovo Paylater, cara menggunakan Ovo Paylater ini cukup berbelanja sepeti biasa lalu pilih metode pembayaran Ovo Paylater. Sekarang Kamu sudah dapat melihat tagihan di halaman Ovo Paylater.

Lebih banyak ulasan tentang Ovo Paylater cara daftar, menggunakan dan membayar tagihan.

paylater gojek

Cara menggunakan Paylater Gojek, Traveloka dan Pegi – Pegi tidak berbeda jauh dengan Ovo Paylater. Kamu tinggal baca ketentuan yang berlaku apakah ada produk yang tidak bisa menggunakan Paylater atau masalah tanggal pembayaran tagihan.

Hukum Paylater Dalam Islam

Apakah Paylater ini termasuk riba itu kembali pada masing – masing. Namun jika Paylater ada bunga dan denda sudah dipastikan termasuk riba. Jika memang masih ragu dengan sistem Paylater ini coba tanya pada alhinya agar hati tenang dalam menggunakannya.

Jadi sebelum menggunakannya sebaiknya dibaca syarat dan ketentuan dari pihak yang menyediakan Paylater ini. Semoga bermanfaat.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)