Monetisasi Blog

Ambient Digital Indonesia : Alternatif Bagus Monetisasi Blog

Bagi Kamu yang memiliki blog dengan konten Bahasa Indonesia dan menyasar pembaca dalam negeri, boleh mencoba salah satu alternatif menghasilkan uang dari blog dengan menampilkan iklan video dari Ambient Digital Indonesia.

Ambient Digital Indonesia

Apa itu Ambient Digital Indonesia ?

Ambient Digital Indonesia adalah sebuah perusahaan media digital independen yang menyediakan berbagai solusi pemasaran dan media di seluruh Asia Tenggara.

Lihat juga : Cara Terbaik Memonetisasi Blog Baru

Ambient Digital mengaku sebagai salah satu ads-network premium Indonesia yang paling berkembang saat ini, yang fokus memindahkan para pengiklan TV ke media online. Penilaian saya sendiri, meski belum sebagus AdPlus, ada potensi mereka bisa berkembang lebih besar lagi.

Saya sendiri sedang bereksperimen menjalankan Ambient sejak 2 minggu yang lalu, dan hasilnya tidak terlalu buruk. Rata-rata per hari masih bisa menghasilkan Rp10.000 – 20.000.

Meski masih kalah jauh dengan pendapatan dari Adsense, tapi saya anggap cukup baik karena sebagai publisher baru, bisa jadi mereka masih membatasi jumlah impresi untuk saya.

Beberapa hal penting tentang Ambient

Semua iklan berbentuk video dan tidak memerlukan space kosong di blog Kamu. Artinya, misalnya Kamu saat ini sudah menjalankan iklan lainnya, maka tidak perlu mencopotnya, karena iklan dari Ambient tampil mengambang di sudut kanan bawah blog. Bisa dikatakan uang yang Kamu hasilkan dari Ambient sebagai bonus tambahan.

Berbasis CPM. Dengan kata lain, tidak perlu klik, tidak perlu ada penjualan, dan lainnya. Begitu iklan muncul, Kamu akan dibayar dengan perhitungan per seribu tayangan.

Flat rate. Dengan kata lain, setiap jenis iklan memiliki harga yang jelas dan tidak berubah. Berikut adalah rate harga kampanye iklan mereka:

harga iklan ambient digital indonesia

Pembayaran

Minimum pembayaran sebesar Rp300.000 dengan cara transfer bank dengan jangka waktu 2 bulan (net-60, sebagai perbandingan, Google Adsense menggunakan net-25). Sebagai contoh pendapatan total bulan Januari, baru bisa diambil di bulan Maret.

Syarat menjadi publisher
Disebutkan di website mereka, bahwa untuk menjadi publisher ada beberapa syarat:

  • Trafik minimal 1000 pv / hari. Tapi ini bukan sebuah harga mati.
  • Kualitas konten
  • Frekuensi update
  • Dan hal teknis lainnya, seperti kecepatan loading halaman dan sebagainya.

Nah, bagaimana? Kamu tertarik menjalankan Ambient Digital sebagai alternatif menghasilkan uang dari blog? Jika ya, Kamu dapat langsung mengisi formulir pendaftaran di situs mereka.

Dan bagi Kamu yang telah menjalankan Ambient, kiranya mau berbagi pengalaman melalui komentar di bawah. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

70 Komentar

  • sepertinya untuk trafik memang bukan harga mati mas. buktinya blog saya hanya berkisar 300-400 pv/ hari diterima, hanya saya bingung bagaimana melihat penghasilannya

  • mas saya dapat 4 kode ambient :
    Script desktop popup
    Script mobile popup
    Script rectangle
    Script leaderboard diletakkan pada leaderboard ukuran 728×90.

    Apkah saya harus pasang ke empat-empatnya atau saya boleh pilih salah satu? maksud leaderboard apa ya? dari keempat itu, yang script video dipojok kiri (kaya mas Gee pakai), yang mana?

    • rectangle dan leaderboard, itu untuk dipasang pada widget, spt di sidebar dan header. jadi dia tidak float. untuk yg video float di pojok bawah, gunakan script desktop popup.

  • Mas bro, bagaiaman caranya agar iklan ambient muncul berkali-kali setiap postingan blog di buka, tidak hanya saat pertama kali mengununggi blog saja.

    • tidak bisa bos, krn itu sudah sistem mereka, logikanya tidak ada gunanya menampilkan iklan yg sama pada 1 pengguna. Tp sebenernya tidak 1x kok, tapi 3x itu yg sy lihat.

  • Saya udah daftar & diterima dari bulan lalu cuma masih bingung mas gimana caranya 🙂
    saya udah pasang script yang dikasih tapi di dashboard – Zone setting ko tracking data not received semua (ada tanda seru)
    Padahal scriptnya bener2 udah dipasang tapi tetep begit & di laporan juga ada impresi sama sekali
    padahal bulan ini saya dapet email udah 3 kali ngasih tau ada campaign baru, malah yg satu aktinya sampe akhir desember
    Udah tanya sama Dane tapi ga ada balesan akhirnya saya copot lagi deh kodenya 🙂

    • sebenarnya program dan produk dari ambient ckp bagus, namun sayang sepertinya mereka masih kesulitan dalam hak teknis. seperti support, dan keluhan dari publishernya yg tidak mendapat impresi. entah krn kekurangan inventory atau apa. sy jg tidak tahu.

      yg terbaik coba hubungi lagi mereka, jika tidak juga ada tanggapan, berarti memang tidak layak dipertahankan. cari saja alternatif lainnya.

  • Mas untuk pembayarannya harus print invoice terus dikirim ke kantor ambient ya mas? ribet amat ya, krn sy email cs nya harus gitu katanya. padahal lumayan duitnya,

  • Halo mas, itu pas ngisi formulir pendaftaran yang diisi visitor perhari apa perbulan ?? maaf pemula mas kurang paham saya bahasa inggris

  • wah, kalau yang belum punya NPWP gmn donk pak ge? masalahnya wajib itu… saya coba kosongkan gak bisa..

  • Wah terimakasih sekali atas pencerahannya mas gee john. saya juga termasuk pemakai ambient digital. yah mungkin karena pageview blog masih kelas teri pendapatan sangat kecil sekali. gak sampe 10 ribu per hari,paling masih dibawahnya dikit.

    oh ya mas,biar pendapatan di ambient ini besar gimana ya?. apakah cukup menaikkan trafik blog saja.
    saat ini blog yang saya pasang ambient hanya bertrafik 5000/day saja.
    menyedihkan hehe

  • mas, setiap ada kampanye iklan baru apakah kita harus ganti script iklan yang baru tersebut atau biarkan scrip iklan yang lama.

  • @dea.
    iya….. masa kampanye dari iklannya sudah pada habis. blm ada pemberitahuan ada kampanye baru lagi. sepertinya memang Ambient masih kekurangan pengiklan.. 🙂

  • @heri.
    ok deh semoga memetik hasil spt yg diharapkan. untuk pemasang script, kan ada petunjuknya langsung dari email jawaban mereka. lakukan saja seperti yg diminta. Setelah tunggu, sampai mendapat kampanye iklan di blognya. Nanti pun ada pemberitahuan via email, mengenai iklan apa saja yg akan ditampilkan.

  • saya sudah diterima mas.,…tapi yah gitu masih belum mudeng,,,hehehe..apakah mas jhon mau berbaik hati membuat tutorial memasang script ambient trims…

  • @alfikri.
    wah…. kurang tahu mas, sy lupa, tapi udah lumayan banyak kalau gak salah ada sekitar 16 kampanye iklan yg dah tayang. ya seperti ya anda lihat aja.

  • Saya masih bingung gimana cara pasang iklan nya, dapetin kodenya dimana…
    Sudah dapet kodenya, saya pasang dblog, dan iklan yang muncul malah Ambient .com mas Ghee…. masih bingung nihh…. semua laporannya masih 0 mas….

  • @emiscara.
    untuk pertama mungkin iya, krasa lama nunggu. tapi klo dah berjalan, sama saja, gadabedanya, kan kita dapat bulan dri hasil 2 bln yg lalu. bulan kita dpt dari bulan lalu. bln depannya lagi, dapat dr bulan ini. nah… akhirnya: tetap bisa PO tiap bulan… ya kan? 🙂

  • @patar.
    hmm.. gitu ya? tp dipasang bersama Adsense bisa kok. Kalau begitu mgkin sebaiknya lakukan eksperimen dulu, trs dilihat lebih efektif mana antara keduanya, baru pilih salah satu. 🙂

  • kebetulan blog saya di terima sebagai publisher Ambient,,tapi sepertinya gak bisa di pasang bersamaan dengan kliksayang, karena iklan yang muncul dari Ambient mungkin pop ads yang tidak diperbolehkan kliksayang..

  • @grahakamal.
    bayar per seribu tayang (BPS) tidak harus menunggu 1000 tayangan baru dibayar, 1 tayangan pun sudah dihitung, tapi ya itu tadi, perhitungannya didasarkan pada nilai per 1000. (CPM). jadi misalnya nilai CPM = Rp10.000, klo dapat 5 tayangan, berarti dapatnya 5 x (Rp10.000/1.000) = Rp50.

  • @muhammad.
    hmmm… apakah tidak terlihat di blog ini? Saya pasang kok. Yg jelas iklannya berbentuk video, dan muncul di kanan bawah halaman.

    @adi.
    syukurlah jika tidak menggangu, tadinya saya berniat akan mencopotnya lagi jika dirasa pembaca merasa terganggu 🙂 Terima kasih mas Ady.. Sukses selalu!

  • Saya mau nyoba juga mas 😀

    Pantas aja waktu buka portal uang disuguhi video dulu, keren kok mas. Menurut saya pribadi tidak mengganggu, apalagi videonya keren. Salut buat idola saya yang satu ini, ajaib banget 😀

  • Bentuk iklannya gimana ya mas?
    Pengen tau dulu, di atas ga ada contohnya. Kalau saya coba nanti terlalu banyak iklan.

  • @fikri.
    masa sih? ko saya gak mas Fikri. Coba nanti saya tanyakan ke mereka. biasanya 1 hari sudah ada jawaban, mskipun iklan baru muncul sekitar 3 hari kemudian.

  • @idris.
    sama2 mas Idris, silakan dijalankan dg baik 🙂

    @admin.
    tunggu saja mas, kadang butuh waktu sampai 3 hari, baru iklan tampil. sebelum iklan tampil, nanti pun akan menerima email pemberitahuan kampanye iklan apa saja yg akan ditayangkan.

    @fikri.
    tidak harus kok mas Fikri.

  • @Gee Jhon,

    Tapi saya bingung, sejauh ini kodenya sidah saya pasang untuk tes campaign nya, adminya juga kirim email kalo dia udah menghentikan testing iklannya,

    Nah gan, trus biar iklannya bisa muncuk gmana tuh, apakah pasang kode lagi atau otomatis muncul sendiri, mohon pencerahannya