Aplikasi Edit Video PC

Kini mengedit video tidak hanya dilakukan oleh editor profesional. Seiring menjamurnya aplikasi edit video PC, siapapun dapat mengedit video dengan mudah. Hanya berbekal laptop atau PC, Kamu bisa membuat sebuah video yang awalnya terlihat biasa menjadi menakjubkan dengan penambahan efek, suara, filter, dan lain sebagainya.

Kamu tertarik untuk melakukan hal serupa? Untuk memulainya, pastikan Kamu memilih aplikasi edit video terbaik untuk dijalankan pada PC. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk edit video yang bisa Kamu gunakan pada ragam kategori seperti aplikasi ringan, aplikasi gratis, aplikasi terbaik, aplikasi tanpa watermark, dan lain sebagainya.

Aplikasi Edit Video PC Ringan

Beberapa aplikasi editor video membutuhkan spesifikasi PC yang mumpuni sehingga tidak dapat diinstal pada sembarang PC. Jika Kamu mempunyai PC atau laptop dengan spesifikasi biasa-biasa saja, yang Kamu butuhkan adalah aplikasi edit video yang ringan. Tanpa membebani PC, Kamu bisa berkreasi dengan beragam fitur yang ditawarkan. Berikut ini beberapa aplikasi edit video ringan untuk PC Kamu:

  1. Filmora Free Video Editor

Filmora Free Video Editor

Filmora memang menghadirkan aplikasi edit video mumpuni baik untuk Android maupun PC. Bagi laptop atau komputer Kamu, Wondershare Filmora Video Editor menjadi pilihan tepat karena terbilang ramah untuk berbagai spesifikasi. Menawarkan pengeditan video yang sederhana, bahkan pemula dapat menggunakannya dengan mudah.

Tapi jangan salah! Meskipun ringan dan sederhana, namun software ini kaya fitur. Kamu dapat menambahkan animasi, filter, efek, dan berbagai hal menyenangkan lain pada video yang diinginkan. Ketika telah selesai, Kamu juga langsung dapat membagikannya ke berbagai platform media sosial. Praktis dan menyenangkan!.

Download Filmora Free Video Editor  ]

  1. VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor

Software yang dapat berjalan pada sistem operasi Windows ini menjadi pilihan menarik untuk Kamu yang menginginkan aplikasi edit video ringan untuk PC. Terlebih lagi, aplikasi ini gratis tanpa menggunakan masa percobaan. Kamu dapat menggunakannya hingga kapanpun.

Walaupun begitu, VSDC tetap menawarkan keunggulan yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Aplikasi editing video ini menghadirkan pengalaman layaknya editor profesional. Pasalnya VSDC memungkinkan Kamu untuk melakukan pengaturan waktu, merubah filter, serta berbagai hal menarik lainnya demi hasil video menakjubkan.

Download VSDC Free Video Editor ]

  1. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Siapa tak kenal dengan software editing video yang satu ini? Windows Movie Maker merupakan aplikasi bawaan Windows yang terbilang ringan dan cukup sederhana untuk digunakan. Kamu juga dapat mengunduhnya secara langsung melalui situs resmi Microsoft.

Ada berbagai hal menarik yang bisa Kamu lakukan dengan Windows Movie Maker seperti memotong video, menambahkan judul, efek, efek transisi, menambahkan backsound, dan lain sebagainya. Alhasil, video yang Kamu edit terlihat seperti hasil editing yang dilakukan oleh profesional. Jika Kamu belum terbiasa menggunakan aplikasi edit video, Windows Movie Maker cukup ramah untuk digunakan.

Download Windows Movie Maker  ]

Aplikasi Edit Video PC Gratis

Kamu ingin menjajal sensasi mengedit video menggunakan aplikasi namun tidak ingin membayar? Cari aplikasi pengedit video gratis yang banyak tersebar di luar sana. Meskipun gratis, bukan berarti fitur yang ditawarkan biasa-biasa saja. Berikut ini rekomendasi aplikasi gratis terbaik yang bisa Kamu gunakan untuk menghasilkan editan video layaknya profesional:

  1. ASV Studio Editor

ASV Studio Editor

Aplikasi yang satu ini kaya akan fitur yang akan memberikan pengalaman berbeda ketika Kamu mengedit video. Meskipun demikian, Kamu tidak perlu membayar sepeserpun untuk menikmati fitur-fitur tersebut. AVS Video Editor menjadi pilihan tepat bagi Kamu yang menginginkan aplikasi gratis dan ringan untuk edit video di komputer.

AVS terbilang sangat ramah pengguna. User interface yang sederhana dan berbagai pilihan fitur yang ditawarkan membuat AVS banyak dipilih. Kamu dapat menambahkan suara, teks, efek transisi, dan sebagainya. AVS Studio Editor juga mempunyai Video Cache yang bisa dimanfaatkan untuk mengedit video resolusi Full-HD.

Download ASV Studio Editor  ]

  1. Virtual Dub

Virtual Dub

Satu lagi rekomendasi terbaik bagi Kamu yang ingin menggunakan aplikasi edit video gratis di PC. Virtual Dub mempunyai tampilan yang sangat sederhana sehingga cocok untuk Kamu yang baru mempelajari editing video. Walaupun begitu, fiturnya terbilang cukup lengkap bagi pemula.

Kamu dapat menambahkan audio, menghapus atau menggantinya sekaligus. Untuk memudahkan Kamu, rekaman aktivitas juga tertera pada layar komputer.

Download Virtual Dub ]

  1. Avidemux

Avidemux

Aplikasi video editor PC gratis yang selanjutnya adalah Avidemux. Tidak hanya mengunduh tanpa biaya, Avidemux juga menawarkan segudang kemudahan yang bisa Kamu rasakan ketika mengedit video menggunakan PC. Terutama jika Kamu terbilang pemula dalam editing video, maka Avidemux bisa menjadi partner berlatih yang tepat.

Kamu dapat melakukan beberapa hal seperti memotong, menambahkan filter, hingga masalah pengkodean. Tidak salah jika Kamu menjatuhkan pilihan pada aplikasi yang satu ini. Sebagai tambahan, Avidemux mendukung sejumlah format file seperti DVD, MP4, AVI, dan lain sebagainya. Mudah, praktis, dan gratis!.

Download Avidemux ]

Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Demi mendapatkan hasil editan terbaik, tentu saja Kamu menginginkan software terbaik untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tenang, terdapat beberapa pilihan aplikasi edit video terbaik yang bisa Kamu gunakan untuk PC. Tidak hanya pemula, beberapa editor profesional juga masih menggunakan software-software terbaik berikut ini:

  1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik yang digunakan oleh profesional. Sebagai bagian dari keluarga besar Adobe, Premiere Pro juga banyak dipakai oleh YouTuber terkenal untuk menghasilkan video-video menarik. Tidak hanya dilengkapi dengan berbagai fitur keren, Adobe Premiere Pro juga cukup mudah untuk digunakan.

Dengan aplikasi edit video ini, Kamu dapat melakukan banyak hal mulai dari memotong, menambahkan judul, menambah efek, transisi, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, Kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk berlangganan. Nominalnya yang lumayan besar membuat aplikasi ini hanya digunakan oleh editor profesional.

Download Adobe Premiere Pro ]

  1. Cyberlink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector

Diluncurkan oleh Cyberlink, aplikasi edit video ini menjadi pilihan terbaik karena tergolong paling ringan untuk sistem operasi Windows. Aplikasi ini juga relatif mudah dioperasikan sekaligus menawarkan fitur berlimpah. Cocok untuk Kamu yang ingin merasakan pengalaman baru dalam mengedit video.

Yang menarik, Cyberlink PowerDirector menghadirkan fitur Express Video Creation, di mana Kamu dapat mengedit video secara cepat. Selain itu, ada pula fitur profesional lain sperrti Chroma Kye, color adjustment, motion tracking, dan lain sebagainya. Sebelum mengunduh aplikasi yang satu ini, pastikan RAM PC Kamu masih tersisa 2GB.

Download Cyberlink PowerDirector ]

  1. Corel Video Studio

Corel Video Studio

Corel merupakan aplikasi editor video yang sudah dikenal oleh banyak orang. Tidak heran jika software yang dikembangkan oleh Corel ini dimasukkan ke dalam jajaran aplikasi terbaik. Corel terbilang ringan untuk PC sekaligus mudah digunakan oleh para editor pemula. Dan yang penting, Kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Corel Video Studio menghadirkan fitur yang terbilang mumpuni untuk video editing level pemula. Kamu dapat memotong dan menggabungkan video, melakukan color adjustment, hingga menambahkan musik. Bagi Kamu yang baru memulai karir sebagai YouTuber, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi yang satu ini.

Download Corel Video Studio]

Aplikasi Edit Video PC Tanpa Watermark

Tidak ingin terganggu dengan logo watermark yang sering muncul pada video yang Kamu edit? Cari aplikasi edit video yang tidak menambahkan watermark pada hasil video. Ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa Kamu gunakan jika ingin menghasilkan video yang bersih sehingga Kamu tidak terganggu dengan watermark tersebut. Berikut ini rekomendasi aplikasi edit video pada PC untuk Kamu:

  1. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio

Bagi Kamu yang ingin mendapatkan hasil editan video tanpa watermark, Pinnacle Studio bisa menjadi pilihan terbaik. Software untuk PC yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Kamu yang ingin menggeluti dunia editing video. Dengan fitur lengkap dan inferface yang mudah dipahami, tidak ada alasan untuk menolak aplikasi satu ini.

Pinnacle Studio mempunyai fitur screen recording yang bisa digunakan untuk membuat video tutorial. Kamu juga bisa menggunakan lebih dari 1500 efek serta template demi menghasilkan video yang menakjubkan. Untuk merasakan beragam fitur tersebut tidaklah gratis. Walaupun begitu, harga yang harus dibayar relatif murah.

Download Pinnacle Studio ]

  1. HitFilm Express

HitFilm Express

Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada HitFlim Express sebagai aplikasi pembuat video gratis terbaik. Tidak seperti software lainnya, HitFilm Express tersedia untuk Windows dan Mac. Fitur yang dihadirkan cukup beragam seperti grading, penambahan efek, hingga fitur VFX untuk membuat video terlihat seperti film action.

Meskipun tersedia secara gratis, Kamu juga dapat membeli software HitFilm Express demi mendapatkan fitur-fitur yang lebih banyak. Aplikasi ini membutuhkan spesifikasi minimal RAM 2 GB, memori penyimpanan 1 GB, dan prosesor Intel Pentium 4. Pastinya laptop masa kini tidak ada masalah untuk software HitFilm Express.

Download HitFilm Express ]

  1. Camtasia Studio 8

Camtasia Studio 8

Aplikasi selanjutnya yang bisa Kamu pilih untuk menghasilkan video editan tanpa watermark adalah Camtasia Studio 8. Software ini juga tersedia untuk Windows dan Mac. Seperti halnya HitFilm Express, software Camtasia juga mempunyai fitur perekam layar atau screen recording sehingga cocok untuk Kamu yang ingin membuat video tutorial.

Hadir dengan ukuran kecil dan ringan, Camtasia Studio 8 sangat ramah untuk pemula. Namun jika Kamu membutuhkan aplikasi yang lebih profesional, Camtasia mungkin bukan pilihan yang tepat. Spesifikasi minimal untuk Camtasia adalah penyimpanan 2GB, RAM 4GB, serta prosesor dual core.

Download Camtasia Studio 8 ]

Aplikasi Edit Video Slow Motion PC

Efek slow motion memberikan kesan dramatis pada video yang Kamu buat. Kabar baik, kini tersedia beberapa pilihan software edit video yang bisa Kamu gunakan untuk membuat video slow motion. Dapatkan hasil edit video terbaik untuk menghasilkan efek slow motion yang dramatis dengan beberapa aplikasi berikut ini:

  1. Slomovideo

Slomovideo

Aplikasi yang tidak berbayar ini menjadi pilihan pertama bagi Kamu yang ingin mengedit video dengan gerakan lambat atau slow motion. Tampilannya yang cenderung sederhana membuat aplikasi ini terlihat kurang menarik. Namun setelah menggunakannya, Kamu akan tahu bahwa Slomovideo adalah software yang tepat untuk mengedit video slow motion.

Tidak seperti aplikasi edit video lainnya, Slomovideo memang khusus diciptakan untuk membuat video dengan gerakan lambat. Bagi Kamu yang ingin menghasilkan editan video yang menarik tapi hemat biaya, Slomovideo bisa menjadi pilihan yang tepat.

Download Slomovideo ]

  1. Adobe After Effects

Adobe After Effects

Dengan membayar sekitar $29.99 per bulan, Kamu bisa menikmati fitur menarik yang dihadirkan oleh Adobe After Effects. Perusahaan Adobe memang dikenal sebagai pengembang software berkualitas yang banyak dipilih oleh editor profesional. Bagi Kamu yang ingin membuat video slow motion, maka Adobe After Effects bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Ada banyak sekali fitur yang bisa Kamu nikmati dari aplikasi ini. Sayangnya biaya berlangganan yang cukup mahal membuatnya hanya digunakan oleh profesional.

Download Adobe After Effects ]

  1. Wondershare Filmora

Wondershare Filmora

Satu lagi pilihan bagi Kamu yang ingin membuat video slow motion berkualitas. Software bernama Wondershare Filmora ini menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Menghadirkan free trial, Kamu bisa merasakan berbagai fitur yang ditawarkan termasuk membuat video menjadi lebih lambat mulai dari 0.5x, 0.25x, hingga 0.01x.

Filmora tergolong mudah untuk digunakan. Bahkan jika Kamu masih belajar mengedit video, Filmora tidak akan menyulitkan proses belajar Kamu. Selain membuat video slow motion, Kamu juga bisa bisa menikmati berbagai fungsi lain seperti memotong dan membalikan video hingga fitur green screen.

Download Wondershare Filmora ]

Aplikasi Edit Video YouTuber PC

YouTuber tidak bisa lepas dari aplikasi pengedit video. Jika Kamu berniat untuk mencoba peruntungan sebagai YouTuber, hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih aplikasi terbaik untuk mengedit video. Berikut ini sejumlah rekomendasi untuk aplikasi edit video di PC:

  1. VEGAS Movie Studio

VEGAS Movie Studio

Dari namanya, Kamu bisa menebak bahwa aplikasi yang satu ini merupakan besutan Vegas. Software untuk PC ini banyak digunakan oleh YouTuber untuk mengedit vlog dengan 2 mode yang bisa dipilih, yaitu simple dan advanced. Mode simple digunakan untuk editing dasar sedangkan advanced untuk mode yang lebih profesional.

Seperti aplikasi edit video di HP, VEGAS Movie Studio turut menghadirkan efek-efek menarik demi hasil editan yang keren. Kamu bahkan dapat mengedit video dengan resolusi 4K, memakai color correction tools, menggunakan composite dan berbagai fitur canggih lain demi hasil terbaik.

Download VEGAS Movie Studio ]

  1. Adobe Premiere Elements

Adobe Premiere Elements

Dari keluarga besar Adobe, Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Adobe Premiere Elements. Software untuk PC yang satu ini memudahkan Kamu untuk memberi label pada vlog dengan mudah. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa membuat video terlihat dramatis dengan efek slow motion, atau terlihat lucu dengan gerakan cepat.

Adobe Premiere Elements menjadi pilihan terbaik bagi YouTuber karena beragam fitur yang dihadirkan. Bahkan Kamu juga dapat mengedit video 4K menggunakan software yang satu ini. Singkatnya, Kamu dapat berkreasi tanpa batas dengan Adobe Premiere Elements 14.

Download Adobe Premiere Elements ]

  1. Final Cut Pro X

Final Cut Pro X

Selanjutnya, Final Cut Pro X turut masuk ke dalam jajaran aplikasi edit video terbaik bagi YouTuber. Aplikasi yang satu ini digunakan oleh YouTuber ternama seperti Casey Neistat dan Zoella. Wajar saja, software Mac ini mempunyai segudang fitur menarik demi menghasilkan video editan yang terlihat profesional.

Selain itu, aplikasi Final Cut Pro X juga memiliki keunggulan mempercepat alur kerja sehingga proses editing lebih cepat selesai. Jika Kamu berminat untuk menjadi YouTuber profesional, software ini bisa dijadikan pilihan.

Download Final Cut Pro X ]

Dari sejumlah aplikasi edit video untuk PC di atas, manakah yang paling Kamu sukai? Masing-masing aplikasi mempunyai keunggulan dan kekurangan tersendiri. Pilihan ada di tangan Kamu, tentukan sesuai dengan kebutuhan dan skill video editing yang Kamu miliki.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~