Aplikasi PDF

Aplikasi Kompres PDF

PDF merupakan salah satu jenis file yang telah lazim digunakan untuk berbagai keperluan, terutama untuk dokumen. Menyimpan dokumen penting dalam bentuk PDF dianggap lebih aman karena tidak bisa dirubah. Sayangnya, file PDF biasanya berukuran besar sehingga cenderung menyulitkan ketika diunggah. Solusinya, Kamu memerlukan aplikasi kompres PDF agar file tersebut mempunyai ukuran lebih kecil.

Tidak jarang file PDF menjadi persyaratan untuk keperluan tertentu, misalnya mendaftar pekerjaan. Dalam persyaratan tersebut biasanya tercantum ukuran PDF maksimal yang diperbolehkan. Hal ini terkadang menjadi masalah karena file PDF Kamu terlalu besar. Jangan khawatir, kini tersedia beragam aplikasi kompres PDF gratis baik online maupun offline yang bisa Kamu manfaatkan.

Aplikasi Kompres PDF Offine

  • Orpalis PDF Reducer

aplikasi kompres pdf

Di urutan pertama, Kamu bisa menggunakan Orpalis PDF Reducer untuk memperkecil ukuran file PDF. Aplikasi yang satu ini bisa Kamu unduh secara gratis dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Salah satu kelebihan Orpalis dibandingkan dengan PDF kompresor lain adalah kemampuan untuk mengkompres file PDF secara sekaligus.

Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah. Hanya dengan memilih dokumen PDF yang dingin dikompres, kemudian pilih folder tujuan untuk menyimpan file hasil kompresan. Pilih tombol Start batch dan proses kompresi akan dimulai. Selain memperkecil ukuran, terdapat fitur menarik lainnya seperti output format, content removal, hingga color detection.

Berikut ini panduan memperkecil file PDF dengan Orpalis PDF Reducer  Kompres PDF Offline.

[ Download Orpalis PDF Reducer ]

  • Reduced PDF Size

aplikasi compress pdf

Aplikasi kompres file pdf yang selanjutnya adalah Reduced PDF Size. Aplikasi ini juga memungkinkan Kamu untuk mengkompres banyak file PDF secara bersamaan. Bagi Kamu yang belum pernah melakukan kompresi sebelumnya, aplikasi ini sangat mudah digunakan. Hanya dengan sebuah antarmuka, Kamu cukup menambahkan file dan mengatur pilihan kompres.

Untuk menyesuaikan kualitas file PDF, tersedia lima pilihan antara lain Screen View Quality, Low Quality, High Quality (Printer), High Quality (Prepress), dan Default Quality. Kualitas yang Kamu pilih menentukan ukuran file setelah dikompres. Kamu bisa melakukan uji coba agar mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan keinginan, baik dalam hal ukuran serta kualitas.

[ Download Reduced PDF Size ]

  • Compress PDF

software kompres pdf android

Bagi Kamu yang menginginkan aplikasi kompres file PDF Android, Compress PDF bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini sangat ramah untuk smartphone karena mempunyai ukuran 3.5 MB saja. Jadi Kamu tidak perlu khawatir aplikasi kompres PDF ini akan memakan banyak memori pada smartphone. Compress PDF merupakan aplikasi praktis yang bisa Kamu manfaatkan untuk mengkompres file PDF di Android.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah Kamu dapat memperkecil ukuran file PDF dalam waktu singkat sehingga lebih praktis dan hemat waktu. Sayangnya, aplikasi ini mempunyai kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum mengunduhnya untuk ponsel Android Kamu. Compress PDF tidak menjamin semua file PDF dapat dikompres menggunakan aplikasi ini.

[ Download Compress PDF ]

  • LibreOffice Draw

aplikasi kompres file pdf

LibreOffice merupakan alternatif Microsoft Office yang bisa Kamu dapatkan secara gratis. Aplikasi ini menghadirkan beragam fitur menarik, salah satunya adalah kompres file PDF. Untuk menggunakan LibreOffice Draw juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka file yang diinginkan kemudian memilih Export as PDF. Klik pilihan Export untuk menyimpan hasil kompresi.

Aplikasi untuk kompres PDF ini terbukti cukup efektif untuk melakukan kompresi file. Ketika diuji coba, file PDF dengan ukuran 4,7 MB dapat dikompres menjadi 2,97 MB, yang berarti aplikasi dapat memperkecil hingga 36% dari ukuran asli.

[ Download LibreOffice Draw ]

  • Free PDF Compressor

aplikasi memperkecil ukuran pdf

Aplikasi offline terakhir yang layak untuk dicoba adalah Free PDF Compressor. Aplikasi gratis ini mempunyai tampilan yang sederhana sehingga cukup mudah untuk digunakan. Tidak seperti aplikasi lain, Free PDF Compressor hanya dapat melakukan kompres pada 1 file PDF saja dalam satu waktu. Meskipun demikian, aplikasi ini tetap direkomendasikan untuk Kamu.

Free PDF Compressor mempunyai lima pilihan kualitas yaitu Screen, eBook, Printer, Prepress, dan Default. Pada sebuah uji coba, file PDF berukuran 4,7 MB dapat dikompres menjadi 1,26 MB. Aplikasi ini mampu memperkecil ukuran file hingga 73% dari ukuran semula. Download aplikasi kompres PDF yang satu ini dan gunakan sesuai kebutuhan.

[ Download Free PDF Compressor ]

Aplikasi Kompres PDF Online

  • Smallpdf

software compress pdf terbaik

Untuk aplikasi kompres file PDF secara online, pilihan pertama yang wajib dimasukkan ke dalam daftar adalah smallpdf. Dengan website https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf, Kamu dapat melakukan kompres file PDF secara cepat dan mudah. Hanya dengan mengupload file PDF yang diinginkan, Kamu bisa mendapatkan hasil kompresi dengan ukuran yang lebih kecil.

Meskipun bekerja secara online, keamanan dokumen Kamu tetap terjamin. File akan dihapus secara permanen oleh server setelah satu jam. Oleh karena itu, tidak ada siapapun yang dapat mengakses dokumen Kamu sehingga keamanan selalu terjamin. Salah satu aplikasi kompres PDF terbaik ini juga mendukung semua platform, termasuk Windows, Mac, dan Linux.

  • PDF Compressor

aplikasi mengecilkan ukuran pdf

Pilihan selanjutnya untuk memperkecil ukuran file PDF secara online adalah PDF Compressor. Melalui laman https://pdfcompressor.com/id/, Kamu hanya perlu mengunggah file PDF yang ingin dikompres kemudian memulai proses pengunduhan. Yang menarik, aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk memperkecil ukuran file PDF dalam jumlah yang banyak secara sekaligus.

Tidak seperti aplikasi kompresor lainnya, PDF Compressor tidak mengubah DPI sehingga kualitas file PDF Kamu tidak banyak berubah meskipun ukuran file diperkecil. Bahkan ketika file di zoom atau dicetak, kualitas dokumen tetap baik. Aplikasi ini sangat praktis untuk digunakan secara online baik melalui PC dengan berbagai platform.

  • iLovePDF

aplikasi perkecil ukuran pdf

Aplikasi iLovePDF juga menjadi rekomendasi terbaik untuk Kamu yang ingin mendapatkan hasil kompresan berkualitas. Dengan laman www.ilovepdf.com/id/mengompres-pdf, Kamu dapat memperkecil ukuran file PDF namun tetap mendapatkan kualitas yang optimal. Salah satu aplikasi kompres file PDF menjadi kecil ini sangat praktis digunakan.

Untuk memperkecil ukuran file, Kamu hanya perlu memilih meng-klik tombol Pilih file PDF kemudian cari file yang diinginkan. Yang menarik, Kamu juga dapat memilih kecepatan yang diinginkan. Sayanngya, Kamu harus membayar untuk menikmati seluruh fitur yang ditawarkan oleh aplikasi iLovePDF. Dengan dukungan lebih dari 25 bahasa, iLovePDF sangat mudah dipahami dan digunakan.

  • HiPDF

aplikasi compress pdf online

Satu lagi pilihan aplikasi kompres file PDF online yang wajib Kamu coba adalah HiPDF. Hanya dengan mengakses website www.hipdf.com/id/compress-pdf, Kamu bisa melakukan kompres PDF dengan mudah dan praktis. Selain bekerja secara online, aplikasi ini juga dapat digunakan secara offline sehingga bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Untuk menggunakannya, unggah file PDF Kamu kemudian pilih level kompres yang diinginkan. Kamu dapat menyesuaikan dengan ukuran serta kualitas hasil kompres. HiPDF juga sangat melindungi privasi Kamu sehingga tidak perlu takut untuk mengunggah dokumen pribadi atau dokumen penting. Selain itu, Kamu juga tidak akan terganggu oleh iklan ketika menggunakan aplikasi yang satu ini.

  • Free PDF Convert

aplikasi kompres pdf gratis

Terakhir, Kamu dapat memanfaatkan aplikasi online Free PDF Convert untuk mengkompres file PDF. Dengan alamat www.freepdfconvert.com/id/kompres-pdf, Kamu dapat memperkecil ukuran file PDF tanpa menurunkan kualitas PDF. Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, yaitu dengan mengunggah file yang diinginkan kemudian mengunduh hasil kompresi.

Selain mengkompres file PDF, Free PDF Convert juga memungkinkan Kamu untuk mengubah PDF ke berbagai jenis file lain seperti Word atau Excel. Kamu juga dapat menggabung dan memecah file PDF.

Lihat juga : Cara Kompres File PDF Menjadi Kecil : 100 kb, 200 kb, 300 kb, 400 kb Atau 500 kb Secara Online

Menarik bukan? Berbagai aplikasi kompres file PDF yang telah disebutkan di atas selalu tersedia untuk membantu memperkecil ukuran dokumen PDF Kamu. Pilih aplikasi yang Kamu sukai, baik online maupun offline sesuai kebutuhan.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)