Aplikasi

Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi perekam layar PC saat ini sudah banyak dibutuhkan oleh banyak orang. Mayoritas dari mereka menggunakan aplikasi tersebut untuk merekam segala aktivitas yang sedang dilakukan pada layar komputer seperti halnya dalam membuat video tutorial maupun gaming yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

Aplikasi perekam layar pada PC tersebut saat ini memang sudah amat menjamur. Akan tetapi, Kamu harus pintar-pintar dalam memilih aplikasi perekam tersebut. Pastikan applikasi perekam yang Kamu pilih mampu membuat Kamu leluasa dalam mengabadikan segala aktivitas Kamu pada perangkat  komputer tersebut.

10 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik

Jika Kamu masih bingung dalam menentukan pilihan, maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk merekam layar PC yang dapat Kamu jadikan referensi.

  1. Action!

Action!

Action! adalah rekomendasi aplikasi untuk merekam layar PC yang wajib Kamu miliki. Aplikasi Action! adalah aplikasi perekam layar perangkat komputer khusus untuk merekam video streaming secara real time.

Adapun hasil rekaman layar yang dihasilkan oleh aplikasi Action! memiliki kualitas HD hingga 1080p. Hasil rekaman layar tersebut dinilai amat jernih dan tentu saja memiliki kualitas yang baik. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk merekam game. Selain itu, aplikasi perekam game PC ini juga menawarkan beragam fitur lain seperti screenshot yang cepat.

Untuk itu, bagi Kamu yang tengah bingung memilih aplikasi perekam layar yang bagus, maka Action! merupakan rekomendasi yang tepat bagi Kamu.

Download Action!  ]

Lihat juga Aplikasi Edit Video Android

  1. Bandicam screen recorder

Bandicam screen recorder

Aplikasi Bandicam screen recorder adalah rekomendasi aplikasi perekam layar untuk perangkat komputer bagi Kamu. Bandicam screen recorder memberikan kelebihan fitur perekam layar dibanding perekam layar perangkat komputer lainnya.

Bandicam screen recorder memiliki fitur perekaman layar tertentu dan layar penuh yang tentu saja sangat mendukung aktivitas perekam layar Kamu seperti gaming maupun video streaming. Bukan hanya sekadar itu saja,  Bandicam screen recorder juga menawarkan fitur lain yakni mampu merekam suara PC Kamu secara real time.

Aplikasi perekam layar PC dan suara tersebut dapat Kamu gunakan untuk kepentingan screencasts, yang mana pada saat perekaman layar maupun suara tersebut, Kamu dapat menambahkan komentar selama perekaman tersebut berlangsung. Cukup menarik, bukan?

Bandicam screen recorder juga menyediakan watermark pada hasil rekaman Kamu. Akan tetapi, Kamu dapat menghilangkan watermark apabila Kamu tidak menginginkannya. Penghilangan watermark ini hanya dapat dilakukan pada aplikasi Bandicam screen recorder berbayar.

Di samping mempunyai kelebihan, aplikasi perekam layar perangkat komputer Bandicam screen recorder ini memiliki kekurangan yaitu hanya mampu merekam layar bersuara dengan durasi waktu hanya 10 menit saja. Meskipun demikian, performa dari aplikasi ini tidak dapat diragukan lagi.

Download Bandicam screen recorder  ]

  1. Tiny take

Tiny take

Tiny take adalah aplikasi perekam layar untuk PC yang menawarkan dua versi untuk Kamu yaitu versi berbayar dan gratis. Tiny take dengan versi berbayar menyediakan fitur anotasi yang lengkap. Hanya saja aplikasi Tiny take berbayar ini hanya memiliki durasi rekaman selama 5 menit saja. Hal ini membuat aplikasi perekam layar Tiny take tidak cocok untuk merekam layar gaming maupun streaming Kamu.

Versi Tiny take gratis tidak mempunyai fitur anotasi yang selengkap aplikasi Tiny take berbayar. Adapun durasi perekam layar aplikasi Tiny take versi gratis juga hanya selama 5 menit saja.

Download Tiny take  ]

  1. Open broadcaster software

Open broadcaster software

Open broadcaster software dikenal sebagai aplikasi perekam layar terbaik PC yang patut Kamu miliki. Open broadcaster software merupakan aplikasi yang terbilang open source serta multi-platform. Kamu dapat dengan mudah memasang atau menginstal aplikasi perekam layar untuk PC tersebut pada sistem operasi Windows, OSX, GNU maupun Linux sekalipun.

Aplikasi Open broadcaster software ini dapat Kamu gunakan untuk merekam video maupun broadcast video ke berbagai situs online secara langsung atau real time. Adapun fitur yang tersedia pada aplikasi ini di antaranya perekam desktop, perekam suara serta internal microphone dan eksternal microphone.

Fitur tambahan lainnya pada aplikasi Open broadcaster software ini di antaranya perekam webcam bawaan serta perekam webcam eksternal. Kamu juga dapat melakukan modifikasi terhadap rekaman Kamu dengan mengatur area seleksi rekaman hingga menambahkan teks atau gambar pada live streaming yang Kamu lakukan.

Adapun format hasil rekaman yang dapat Kamu simpan yakni dalam bentuk MP4 dan FLV.

Download Open broadcaster software  ]

  1. XSplit gamecaster

XSplit gamecaster

Bagi Kamu yang masih bingung mengenai bagaimana cara merekam layar PC windows, ada baiknya mencoba aplikasi XSplit gamecaster. Aplikasi perekam satu ini menawarkan fitur streaming secara real time yang kuat. Dengan menggunakan aplikasi perekam layar komputer XSplit gamecaster, Kamu dapat merekam aktivitas layar komputer Kamu dengan stabil dan lancar.

Dengan menekan satu tombol saja, Kamu dapat langsung merekam segala aktivitas pada layar komputer Kamu menggunakan XSplit gamecaster.

Download XSplit gamecaster  ]

  1. WM capture

WM capture

WM capture adalah salah satu alternatif bagi Kamu yang masih kebingungan dalam mencari tahu bagaimana cara merekam layar laptop windows Kamu. WM capture dapat Kamu gunakan untuk merekam segala aktivitas pada area tertentu layar komputer Kamu. Bagusnya lagi, aplikasi WM capture juga memiliki fitur schedule recording yang sangat bermanfaat untuk Kamu.

Dengan fitur schedule recording, Kamu dapat menjadwalkan kapan saja layar komputer Kamu akan memulai perekaman. Adapun hasil rekaman layar komputer tersebut dapat disimpan dengan format MPEG, WMV, AVI serta DVD-ISO.

Download WM capture ]

  1. Shadow play

Shadow play

Shadow play merupakan aplikasi perekam layar dengan jenis perekam hardware accelerated screen recording. Perekam hardware accelerated screen recording dikhususnya bagi Kamu yang menggunakan PC dengan sistem operasi Windows.

Dibanding dengan aplikasi perekam layar lainnya, Shadow play memiliki kelebihan yakni dapat merekam mundur layar komputer Kamu selama 20 menit ke belakang.

Download Shadow play  ]

  1. Window 10 game bar

Window 10 game bar

Sesuai dengan namanya, aplikasi perekam layar untuk perangkat komputer Window 10 game bar tersebut dirancang khusus bagi pengguna Windows 10. Dengan aplikasi tersebut, maka Kamu dapat merekam segala aktivitas pada layar komputer Kamu tanpa bantuan apapun.

Di samping itu, aplikasi perekam layar komputer Window 10 game bar memiliki kelebihan yakni hasil rekaman video tidak berukuran besar. Dengan demikian, aplikasi satu ini juga dikenal sebagai aplikasi perekam layar pc ringan.

  1. Dxtory

Dxtory

Dxtory merupakan aplikasi perekam layar komputer lain yang juga dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah. Aplikasi perekam layar ini mampu mengangkat video pada kualitas tinggi  sesuai dengan kemampuan perangkat komputer Kamu.

Keistimewaan lain dari Dxtory adalah memiliki pengaturan audio yang cukup kuat serta dapat merekam dua suara secara bersamaan. Jika tertarik, Kamu dapat segera melakukan download aplikasi perekam layar PC gratis tersebut sekarang juga.

Download Dxtory  ]

  1. Cam studio

Cam studio

Cam studio adalah rekomendasi selanjutnya sebagai aplikasi perekam aktivitas pada layar komputer Kamu yang juga familiar sebagai aplikasi perekam layar PC tanpa watermark. Aplikasi perekam layar ini mempunyai kelebihan lain khususnya untuk merekam aktivitas gaming Kamu.

Dengan aplikasi ini, Kamu juga dapat mengganti format hasil rekaman dan tidak memiliki ukuran yang besar. Kamu juga dapat menambahkan caption pada bagian atas hasil rekaman Kamu.

Download Cam studio  ]

Lihat Aplikasi Edit Foto PC paling sering digunakan.

Beberapa rekomendasi terkait aplikasi perekam layar pada komputer tersebut kiranya dapat menambahkan informasi Kamu. Semoga bermanfaat!.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~