Review : Biznet vs Indihome

Telkomsel dengan Indihome-nya masih menjadi layanan internet rumahan yang dominan di seluruh Indonesia. Hal tersebut tidak menyurutkan munculnya beragam ISP atau penyedia layanan internet baru yang ikut meramaikan persaingan paket internet rumah murah dan cepat di seantero negeri. Perdebatan mengenai ISP mana yang terbaik adalah perdebatan yang tidak akan menghasilkan jawaban absolut.

Masing-masing pengguna memiliki beragam pertimbangan yang berbeda-beda mengenai bagaimana sebuah layanan internet dikatakan layanan terbaik. Perdebatan lain adalah, apakah Kamu mencari layanan berpredikat terbaik atau layanan yang cocok dengan kriteria yang Kamu buat sendiri. Ketimbang mencari pemenang antara pertarungan Biznet vs Indihome, lebih baik untuk membahas keunggulan dan kekurangan masing-masing ISP.

BIZNET VS INDIHOME

Perbandingan Paket Internet dan TV Kabel Antara Biznet dengan Indihome

Apa yang dibandingkan dari keduanya? Yang dibandingkan dari keduanya adalah paket internet dan tv kabel. Paket internet yang dibandingkan adalah paket internet rumahan (konsumen) dan bukan paket internet kantoran (bisnis). Berikut adalah perbandingan antara paket internet rumahan dari Biznet dengan paket serta layanan internet rumahan dari Indihome.

Kecepatan Internet

Kecepatan adalah faktor utama yang kerap dibicarakan orang dari sebuah paket internet. Kecepatan internet maksimal yang disediakan oleh Biznet adalah 100 Mbps. Tidak jauh berbeda dengan Biznet, Indihome juga menyediakan kecepatan internet maksimal 100 Mbps. Dari segi kecepatan, keduanya dapat dikatakan berimbang.

Layanan TV Kabel

Biznet menyediakan layanan tv kabel dengan channel maksimal berjumlah 69 channel. Sementara Indihome menyediakan channel maksimal sebanyak 196 channel. Dari jumlahnya saja, Indihome jelas lebih unggul karena memiliki kuantitas channel tv kabel yang lebih banyak dan lebih bervariasi.

Biaya

Biaya paket internet dan tv kabel dari Biznet termurah adalah Rp 300.000 per bulan. Sementara paket paling mahal adalah Rp 1.150.000 per bulan. Biaya paket internet dan tv kabel Indihome termurah adalah Rp 380.000. Sementara paket paling mahal adalah Rp 1.890.000. Dengan uang 300 ribu Kamu sudah bisa menikmati paket internet dengan kecepatan 50 Mbps dari Biznet.

Indihome hanya memberikan kecepatan 10 Mbps untuk paket internet dan tv kabel yang dihargai 380 ribu. Memang paket tersebut sudah dilengkapi dengan tv kabel dan bebas nelpon. Namun, tetap saja dari segi harga Biznet dapat dikatakan unggul, apalagi jika Kamu hanya ingin berlangganan paket internet. Bahkan, dengan uang 400 ribu, Kamu sudah bisa mendapatkan internet 30 Mbps dengan tv kabel 42 channel dari Biznet.

Jaringan (Cakupan Area)

Kamu pasti sudah memiliki ekspektasi berkenaan dengan jaringan (cakupan area) dan ketersediaan layanan. Telkomsel jelas unggul karena jaringannya yang memang sudah sangat luas. Sementara, Biznet hanya tersedia di Jawa, Bali, Batam, dan Sumatra serta tidak semua kota di wilayah tersebut masuk dalam cakupan area.

Layanan Ekstra

Layanan dan paket internet Biznet memang sangat terfokus pada paket internet dan tv kabel. Sementara Indihome menyediakan layanan tambahan, diantaranya layanan bebas nelpon, akses sepuasnya layanan streaming, dan bonus platform game. Dalam hal keberagaman layanan, Indihome memang lebih unggul.

Baca juga : Harga Paket Internet Biznet & Harga Paket Indihome.

Kesimpulan :

Kendati unggul dalam jaringan, layanan tv kabel, dan layanan ekstra, Indihome masih kalah dalam 2 faktor yang menentukan. Kedua faktor tersebut adalah harga/biaya dan kecepatan internet. Rekomendasi bijaknya adalah, jika Kamu tinggal di wilayah perkotaan yang termasuk dalam cakupan Biznet dan menginginkan paket internet yang murah dan cepat, maka paket internet Biznet merupakan pilihan terbaik dan paling menguntungkan. Jika di wilayah Kamu belum tercover pilihan yang tepat adalah IndiHome. Sampai saat ini IndiHome juga sudah terbukti memiliki pelayanan yang baik.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)