Perusahaan Listrik Negara atau sering disebut sebagai PLN merupakan perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah dan bertugas untuk menyalurkan listrik di seluruh wilayah Indonesia. Hampir setiap rumah dan bangunan menggunakan jasa dari PLN, namun tidak banyak yang mengetahui tentang call center PLN. Faktanya, call center tersebut sangat bermanfaat apabila terjadi permasalahan dengan aliran listrik.

PLN call center merupakan nomor khusus yang disediakan oleh perusahaan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi maupun melakukan pengaduan. Karena pentingnya call center tersebut, ada baiknya jika Kamu mengetahi nomor call center sehingga dapat segera mendapatkan bantuan apabila terjadi gangguan listrik akibat berbagai masalah.

Kamu tidak pernah tahu kapan gangguan listrik akan terjadi. Misalnya ketika terjadi hujan deras atau angin kencang, tiang listrik dapat terkena pohon tumbang sehingga menyebabkan gangguan aliran listrik. Atau tiba-tiba saja tagihan listrik rumah Kamu membengkak padahal pemakaian masih dalam batas wajar. Di saat seperti ini, nomor call center PLN adalah yang paling Kamu butuhkan.

PLN

PLN merupakan salah satu perusahaan yang telah memulai sejarahnya sejak abad ke-19. Di kala itu, didirikan pembangkit listrik dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan Belanda. Setelah memperoleh kemerdekaan, PLN kemudian dikelola oleh putra-putri bangsa Indonesia hingga saat ini. Selain PLN, terdapat pula PGN (Perusahaan Gas Negara).

Perusahaan ini memberikan layanan dengan dua tipe produk, yaitu layanan pascabayar dan prabayar atau lebih dikenal dengan nama token. Dengan sistem pascabayar, pelanggan harus membayar tagihan listrik sesuai dengan pemakaian. Namun sistem prabayar mengharuskan Kamu untuk membeli pulsa sebelum menggunakan listrik.

Lihat Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan : LENGKAP ( via Online, SMS, CAll Center ).

Call Center PLN Lewat HP

Call Center PLN

Call center merupakan salah satu bentuk komitmen PLN dalam memberikan pelayanan prima bagi pelanggan. Bagi yang ingin melakukan pengaduan, melaporkan gangguan, atau membutuhkan saran dan bantuan, Kamu dapat menghubungi call center PLN 123. Nomor tersebut bisa Kamu hubungi baik melalui telepon rumah maupun ponsel.

Sayangnya nomor tersebut bukanlah call center PLN bebas pulsa sehingga Kamu harus mempersiapkan sejumlah pulsa sebelum melakukan panggilan. Yang perlu diperhatikan, Kamu harus menambahkan kode area apabila ingin terhubung dengan call center PLN regional. Jika tidak menambahkan kode area, maka Kamu akan dihubungkan dengan PLN Pusat.

Oleh karena itu, Kamu perlu mengetahui kode area masing-masing wilayah di Indonesia. Berikut ini daftar nomor call center lengkap dengan kode telepon yang bisa Kamu hubungi untuk beberapa daerah di Indonesia:

  • Jakarta

Kode telepon area Jakarta adalah 021 sehingga nomor call center PLN Jakarta yang harus Kamu hubungi adalah 021 123.

  • Tangerang

Bagi Kamu yang berdomisili di area Tangerang, kode telepon yang harus digunakan adalah 021 sehingga nomor call center PLN Tangerang menjadi 021 123. Dengan nomor tersebut Kamu akan terhubung dengan PLN regional untuk penanganan lebih cepat.

  • Bekasi

Sama halnya dengan Jakarta dan Tangerang, kode area Bekasi adalah 021. Call center PLN Bekasi yang harus dihubungi adalah 021 123.

  • Surabaya

Jika Kamu ingin menelepon call center PLN Surabaya, maka Kamu harus menggunakan kode 031 kemudian diikuti oleh nomor 123.

  • Bandung

Kode telepon area Bandung adalah 022. Untuk menghubungi call center PLN Bandung regional, maka nomor tujuan adalah 022 123.

  • Semarang

Bagi Kamu yang ingin terhubung dengan call center PLN Semarang, maka Kamu harus memasukkan kode 024 sebelum menekan nomor 123.

  • Bogor

Wilayah Bogor mempunyai kode telepon 0251. Jangan lupa untuk menggunakan kode telepon tersebut di depan nomor call center dari PLN agar terhubung dengan call center PLN Bogor.

  • Depok

Kode telepon untuk area Depok dan sekitarnya adalah 021. Kamu dapat menekan kode tersebut diikuti dengan nomor 12 untuk menelepon call center PLN Depok.

  • Malang

Bagi Kamu yang berdomisili di Malang dan ingin menghubungi call center PLN Malang, nomor yang harus Kamu tuju adalah 0341 123.

  • Medan

Untuk area Medan, kode telepon yang digunakan adalah 061. Nomor call center PLN Medan yang dapat Kamu hubungi adalah 061 123.

  • Palembang

Kota Palembang dan sekitarnya mempunyai kode telepon 0711. Tekan kode tersebut kemudian diikuti dengan 123 agar terhubung dengan call center PLN Palembang untuk melaporkan pengaduan.

  • Makassar

Jika Kamu ingin menelepon call center PLN Makassar, nomor telepon yang harus dihubungi adalah 0410 123. Nomor 0410 merupakan kode telepon wilayah Makassar.

Baca juga pengalaman pribadi :  Melamar Pekerjaan Di PLN Berkali-kali Tidak Masuk Juga, Bukan Masalah!.

Kini Kamu telah mengetahui nomor call center yang dapat dihubungi apabila mengalami kendala teknis atau gangguan listrik. Pastikan untuk memasukkan kode area agar Kamu terhubung dengan PLN regional. Hal ini memungkinkan penanganan yang lebih cepat, terutama jika berhubungan dengan gangguan aliran listrik. Selalu ingat nomor tersebut, siapa tahu Kamu membutuhkannya di waktu tak terduga.

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar