Cara Cek Kuota Smartfren

Bagi pengguna Smartfren, melakukan pemeriksaan atau cek kuota Smartfren merupakan aktivitas yang harus Kamu lakukan.

Selain untuk mengontrol ketersediaan kuota, Kamu juga bisa melakukan manajemen dan perencanaan penggunaan kuota pasca pemeriksaan tersebut.

Terdapat 4 cara untuk memeriksa kuota smartfren. Ke-4 cara tersebut adalah cek kuota melalui aplikasi, panggilan, SMS, dan website resmi Smartfren.

Baca juga : Harga Paket Internet Smartfren.

Cara Cek Kuota Smartfren 2019

Tidak hanya satu, terdapat 4 cara cek kuota yang bisa Kamu gunakan. Siapkanlah ponsel pintar dan sedikit waktu Kamu. Cek kuota yang akan Kamu lakukan dijamin mudah dan tidak lama.

Melalui Aplikasi mySmartfren

1. Cek Kuota Melalui Aplikasi mySmartfren

Metode pertama ini merupakan metode yang direkomendasikan. Selain dapat melakukan pemeriksaan kuota, aplikasi mySmartfren memiliki banyak fitur yang bermanfaat untuk pengguna Smartfren.

Kamu dapat melakukan banyak hal dengan aplikasi tersebut, mulai dari cek kuota hingga melakukan pembelian paket internet. Jika Kamu tidak menggunakan gadget Smartfren, maka Kamu harus men-download aplikasi tersebut terlebih dahulu.

Berikut adalah cara cek kuota Smartfren 4G melalui aplikasi mySmartfren.

  1. Jika belum memiliki, download aplikasi mySmartfren di Google Play Store untuk pengguna Android atau Apple App Store untuk pengguna iOS. Kemudian, instal dan ikuti prosedur hingga mySmartfren terpasang di smartphone
  2. Buka aplikasi mySmartfren.
  3. Buatlah ID terlebih dahulu. Gunakan nomor Smartfren Kamu. Ikuti prosedur sampai Kamu memiliki ID.
  4. Login dengan menggunakan ID Smartfren yang baru saja Kamu buat.
  5. Pada menu aplikasi, Kamu bisa melihat dan memeriksa sisa kuota internet.

Melalui Panggilan

2. Cek Kuota Melalui Panggilan

Kamu tentu tidak akan memanggil dan meminta bantuan customer service Smartfren. Kamu akan melakukan panggilan pada nomor tertentu yang akan memberikan informasi mengenai kuota internet.

Jangan khawatir, panggilan ini tidak dipungut pulsa alias gratis. Berikut adalah panduan cara cek sisa kuota Smartfren melalui panggilan (dial phone).

  1. Buka menu panggilan pada ponsel Kamu.
  2. Lakukan panggilan ke nomor *995#.
  3. Setelah menunggu beberapa saat, Kamu akan menerima SMS dari Smartfren.
  4. SMS tersebut berisi informasi mengenai sisa kuota internet.

Lewat SMS

3. Cek Kuota Melalui SMS

Metode cek kuota Smartfren selanjutnya adalah melalui layanan SMS. Sama dengan metode panggilan di atas, layanan SMS ini tidak dikenakan biaya. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  1. Bukan menu Pesan pada ponsel.
  2. Ketik Cek dan kirim ke 995.
  3. Setelah menunggu, Kamu akan menerima SMS balasan.
  4. SMS balasan tersebut berisi mengenai informasi sisa kuota internet dan masa berlaku.

Melalui Website Resmi Smartfren

4. Cek Kuota Melalui Website Resmi Smartfren

Cara cek kuota Smartfren yang terakhir adalah melalui website resmi Smartfren. Caranya tidak sulit. Kamu bisa melakukannya melalui ponsel pintar maupun perangkat lain (komputer, laptop, dll). Berikut langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi website resmi Smartfren.
  2. Login menggunakan ID Smartfren. Jika belum memiliki ID, lakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu.
  3. Setelah berhasil melakukan Login, Kamu akan melihat beragam informasi, termasuk kuota internet Kamu.

Ke-4 cara cek kuota di atas memungkinkan Kamu untuk melakukan pengaturan dan pembelian paket internet. Informasi yang Kamu dapatkan tidak hanya menyoal sisa kuota saja, tetapi juga tertera informasi lain yang berkaitan dengan penggunaan layanan Smartfren.

Aplikasi mySmartfren merupakan aplikasi yang sangat direkomendasikan bagi pengguna Smartfren. Kamu bisa melakukan banyak hal melalui aplikasi tersebut.

Smartfren sudah memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan cek kuota Smartfren. Pasca mengetahui ke-4 cara cek kuota di atas, Kamu tidak perlu lagi kebingungan dan gagal dalam mengatur penggunaan kuota internet.

Baca juga : Cara Membatasi Pengguna Wifi Smartfren.

Sangat direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan kuota secara rutin dan berkala untuk menghindari gangguan dan ketidaknyamanan Kamu ketika menggunakan paket internet Smartfren.

Baca juga : Cara Menggunakan Bonus Kuota Streaming Smartfren.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~