Apa Itu + Cara Kerja Google Adsense

Ketika membicarakan hal mencari uang dari internet, tidak afdhol rasanya jika tidak membicarakan Google Adsense, atau biasa disebut dengan Adsense saja.

Apa Itu Google Adsense ?

Google adsense adalah sebuah program periklanan dimana pemilik situs dapat menempatkan iklan dan mendapatkan uang darinya.

Sampai saat ini, Adsense masih merupakan primadona bagi para pencari uang melalui blog. Dengan nama besar Google, dan integrasi yang baik dengan segala layanan Google yang lainnya, membuat Adsense menjadi pilihan utama untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Kesimpulannya, tidak diragukan lagi, sumber pemasukan yang satu ini sangat layak untuk dicoba dan ditekuni dengan serius. Sudah banyak orang yang sangat-sangat sukses dan mendapat penghasilan yang lebih dari cukup dari Adsense.

Google Adsense termasuk dalam kategori Pay per Click atau biasa disingkat PPC, kalau diterjemahkan secara bebas berarti kita akan dibayar setiap kali ada yang mengklik iklan yang ditayangkan.

Selain membuat blog bisa juga mendapatkan uang dari Youtube, lihat Cara Mendapatkan Uang dari Youtube.

Cara Kerja Google Adsense

Cara Kerja Google Adsense

Cara kerja Google Adsense sama sepertihalnya seperti PPC lainnya. Cara kerja PPC secara singkat adalah, sebagai publisher atau penayang, kita akan mendapatkan kode iklan yang boleh kita tempatkan di situs atau blog milik kita. Kemudian jika ada orang yang tertarik dan mengklik iklan tersebut, kita akan mendapatkan bayaran.

Dan setelah mencapai 100$, kita bisa mencairkannya dengan cek atau pun melalui Western Union ( khusus untuk tahun 2019 semua akun adsense sudah IDR dan pencairan sudah menggunakan transfer bank).

Mudah dan mengasyikkan bukan? Kita seperti memiliki sumber penghasilan pasif, ketika kita sedang tidur sekalipun, uang akan tetap mengalir ke kantong kita. Mmmmm… impian kita semua bukan?

Untuk mendaftar Adsense tentunya kita harus lebih dulu memiliki situs web atau blog, karena nantinya kita akan menempatkan iklan di situs tersebut.

Tidak ada batasan berapa banyak situs yang boleh kita pasangi iklan, sekali kita disetujui sebagai penayang oleh Adsense maka kita boleh menempatkan iklan di situs manapun yang kita miliki, tentu saja situs-situs tersebut semuanya tidak boleh ada yang melanggar kebijakan Adsense.

Update terbaru :

Untuk menempatkan iklan di situs lain mulai oktober 2018 harus melalui Add Site lalu akan di review jika belum disetujui iklan tidak akan pernah muncul.

Menyangkut kebijakan Adsense ini, banyak blogger atau penayang yang frustasi dan mengatakan bahwa mendaftar Adsense itu sulit. Padahal menurut saya tidaklah demikian. Kebanyakan karena tidak memahami betul apa saja yang boleh dan tidak boleh oleh Adsense.

Jika telah memahami dan tidak ada hal yang melanggar kebijakan Adsense, maka mudah saja untuk menjadi penayang Adsense, blog sesederhana apapun, jika memenuhi syarat dari Adsense, akan segera disetujui.

Beberapa hal yang paling perlu diperhatikan menyangkut kebijakan Adsense ini adalah:

  • Konten asli alias bukan hasil copas dari tempat lain.
  • Materi berhak cipta, jika merasa itu bukan milik kita sebaiknya jangan dipasang di situs / blog kita.
  • Konten dewasa. Adsense tidak membolehkan situs dewasa menjadi penayang Adsense.

Dan masih ada beberapa lainnya, tapi menurut saya, tiga hal di atas yang paling banyak menjadi alasan mengapa kita ditolak sebagai penayang Adsense. Silakan googling, banyak sekali blog / situs yang membahas secara panjang lebar mengenai Google Adsense ini.

Beberapa hal mengenai Adsense:

  • Konten iklan yang muncul, akan disesuaikan secara otomatis dengan kata kunci pada situs / blog kita, sehingga secara keseluruhan menyatu dengan baik antara iklan dan konten blog.
  • Sampai saat ini mendaftar Adsense adalah gratis, jadi bisa dibilang tidak ada resiko untuk mencoba.
  • Status kepemilikan akun Adsense tidak ada batas waktu.
  • Ada fasilitas untuk filter iklan, untuk mencegah iklan yang tidak kita inginkan.

Sekali lagi, dengan nama besar Google, jika kita saat ini telah memiliki blog / situs dan ingin mendapatkan uang tambahan dari blog / situs tersebut, Adsense bisa jadi pilihan utama untuk tujuan tersebut.

Segera daftar blog anda situs Adsense, dan mulailah menikmati manisnya dolar dari internet.

Lihat juga Berapa Lama Review Saat Pengajuan Adsense

Anda tertarik tapi belum tahu mulai dari mana? Baca: Panduan Lengkap Menjalankan Adsense dari Nol sampai Sukses.

Selamat dan sukses buat kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

51 Komentar

  • @fast.
    apakah yg dimaksud memblog iklan yang tdk relevan? Jika begitu, silakan baca: portal-uang.com/2013/07/cara-memblok-iklan-adsense.html

    Namun, jika yg dimaksud memblok iklan yg nilainya 0, darimana kita tahu suatu iklan nilai 0?! Tidak bisa!

    Memang adakalanya, terjadi klik tapi pendapatan tidak bertambah, tapi itu bukan karena iklan yg dklik nilainya 0. Tidak ada iklan yg nilai kliknya NOL. Yg terjadi adalah, klik yg terjadi, dianggap sebagai klik tidak valid oleh Adsense, sehingga tidak dihitung pendapatan.

    Mengenai apa itu klik tidak valid, silakan baca:
    portal-uang.com/2013/08/pengertian-invalid-click-dan-fraud-click.html

  • Terima kasih Gan pencerahannya, tapi bagaimana cara memfilter iklannya ya, soalnya seringkali nilainya $0 padahal yang klik iklan 7 dari negara yang berbeda, mohon infonya, Thanks. fastdieteasy.blogspot.com/fast diet

  • Gan kenapa ya blog saya tidak bisa daftar googleadsense?kira-kira masalahnya dimana kalo mas liat dari blog saya..apa umur blog yang belum cukup?trima kasih

  • @abdul.
    kalau menggunakan wordpress.com, maka tidak bisa. Karena Adsense tidak menerima semua blog yg menggunakan sub-domain, kecuali blogspot.com πŸ™‚

    Jika tetap mau menggunakan plarform wp, maka harus menggunakan TLD dan hosting sendiri. (wordpress.org)

  • mas, mau nanya saya punya blog tpi bukan menggunakan blogspot melainkan worspress kira2 bsa ga blog saya di daftarkan ke google adsense…??

  • Hm..baca dua kali, baru deh paham, keren juga ini ya, bisa dapatkan duit dari ngeblog hehe..saya baru saja diterima adsencenya. Hehe

  • @hijab.
    silakan baca panduan lengkapnya:
    portal-uang.com/2013/11/tutorial-dapat-uang-dari-adsense.html

    @abdi.
    saya kira itu adalah konten asli, selama di tempat lain tidak ditemukan tulisan yg persis sama.

  • Mas, gini. saya dulu (udah lama) suka bngt nulis lirik lagu di buku (udah 2 buku tulis), jadi kalo mau nyari liriknya, ga perlu buka internet lagi. tapi setelah tau ada yg namanya blogger, saya tulis semua lirik yang sudah saya tulis di buku ke blog. Nah pertanyaan nya, itu konten asli bukan? soalnya saya tulis sendiri dan saya hanya melihat buku saya, ga dari internet. tolong jelasin ya mas

  • @asri.
    ya, memang jika mendaftar adsense langsung maka harus menggunakan top level domain (custom domain). Kalau masih menggunakan .blogspot.com maka harus melalui dasbor blogger, pada tab penghasilan / earning.

  • permisi om.. saya punya hobi nge blog ya walaupun sempet vakum hampir 1 bulan.. dan sekarang mau coba aktif lagii..

    saya tertarik banget sama artikel ini πŸ™‚ tapi waktu mau daftar di Step kedua kenapa ada tulisan "Harap masukkan situs web atau URL utama Anda saja (misalnya example.com), meskipun Anda memiliki beberapa situs web, domain, dan/atau laman web seluler.
    Saya belum memiliki konten apa pun untuk dimonetisasi.
    Silakan mendaftar ke AdSense langsung dari blogger.com." ini ya dibawah kolo "Saya akan menampilkan iklan di:" tolong bantuannya ya terimakasih πŸ™‚

  • @mey.
    jika memang kita telah memiliki akun adsense, maka bisa dari hari pertama. Jika yg dimaksud adalah memasang adsense di blog pertama, maka y gak mungkin sejak hari pertama, karena tuk diterima saja butuh waktu krg lebih 1 minggu. πŸ™‚

    mengenai usia blog minimal 6 bulan, itu sebenarnya hanya perkiraan, dimana diharapkan pada usia 6 bulan, blog sudah memiliki reputasi yg bagus, pengunjung yg cukup banyak, dan tentu saja jumlah artikel yg memadai.

    Tapi itu bukanlah hal yg disyaratkan untuk diterima adsense. Saya sendiri dulu diapprove saat blog saya masih berumur 1 bulan saja. πŸ™‚

  • Terima kasih, pak. Nice info :))
    Saya juga ada niatan untuk pasang adsense di blog baru saya.
    Apa benar bisa langsung dipasang dari hari pertama blog? soalnya beberapa ada yang bilang kalau usia blog minimal 6 bulan baru bisa disetujui google

  • @faradillah.
    ya maksudnya itu. Materi itu bahan / konten. Pada dasarnya, semua apapun yg kita temukan di internet memiliki hak cipta! Karena pasti ada seseorang yg membuatnya bukan?

    Nah, yg dimaksud melanggar hak cipta adalah ketika kita menggunakan konten milik orang lain tanpa hak. Tanpa persetujuan, tanpa ijin dari si empunya, apalagi bila konten tsb jelas dinyatakan oleh pembuatnya, bahwa dilarang menggunakannya tanpa ijinnya.

  • emang masih jadi primadona mas tapi pas dibanned nyeseknya ga ketulungan apalagi gara2 dijailin orang kaya bom klik *dulu sy korbannya* akhirnya banting stir ke afiliasi

  • Ane untuk saat ini masih belum ada niat untuk main di Adsense gan, ane mau fokus ngembangin blog dan mencari pengunjung dulu gan..

  • @Gee Jhon .klw daftar akun y ke adsense
    Saya akan menampilkan iklan di:

    Harap masukkan situs web atau URL utama Anda saja (misalnya example.com), meskipun Anda memiliki beberapa situs web, domain, dan/atau laman web seluler.

    alat yang mana diisi tu gan..

  • Hello everyone we will show the latest news and the latest news about the cool and popular. We provide the latest information that comes with a new version of a news site. This site will tell da latest news updates with different styles and zotoz.blogspot.com silahkan AishaNews.com open and read the information.
    aishanews.com/Aisha News
    zotoz.blogspot.com/Zotoz News
    When talking about making money on the internet today, not afdhol not talk about it if Google Adsense, or commonly called the Adsense alone.