Cara Melihat Penghasilan YouTuber

Belakangan ini, YouTube telah beralih fungsi dari sumber hiburan menjadi sumber penghasilan. Anda mungkin familiar dengan Atta Halilintar atau Ria Ricis yang dikenal sebagai raja dan ratu YouTube dengan follower terbanyak di Indonesia. Terkadang Anda mungkin penasaran dengan penghasilan yang diraup oleh para YouTuber terkenal tersebut. Jika demikian, simak cara melihat penghasilan YouTuber di sini.

Untuk mengumpulkan pundi-pundi uang di YouTube, Anda harus mampu menggaet banyak viewer. Semakin banyak viewer dan like yang Anda dapatkan, maka semakin banyak pula penghasilan yang Anda kumpulkan. Tidak perlu lagi penasaran dengan jumlah penghasilan yang didapatkan oleh para YouTuber terkenal. Kini Anda bisa mengetahui jumlah pundi-pundi uang yang dihasilkan dari channel YouTube.

Cara Mengetahui Penghasilan Para YouTuber

Ketika membuka channel YouTube tertentu dan mendapati jumlah pengikut yang sangat banyak, Anda mungkin langsung terpikir berapa penghasilan yang mereka peroleh dari YouTube. Rasanya tidak mungkin jika Anda bertanya secara langsung kepada YouTuber tersebut. Oleh karena itu, Anda harus menemukan cara lain untuk menjawab rasa ingin tahu yang muncul.

Pada dasarnya penghasilan YouTuber dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah view dari penonton. Dengan melihat jumlah view yang didapat, Anda bisa memperkirakan jumlah pundi-pundi uang yang didapatkan. Namun, hal tersebut mungkin terlalu rumit untuk dilakukan oleh Anda yang masih awam. Lalu, bagaimana solusi untuk melihat penghasilan para YouTuber terkenal?

Tidak perlu khawatir. Kini Anda bisa mengetahui cara menghitung penghasilan youtuber yang diperoleh seorang YouTuber melalui channel YouTube yang dimiliki. Berikut ini langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda:

  1. Pertama, Anda harus mengunjungi situs https://socialblade.com
  2. Situs inilah yang akan membantu Anda untuk mencari tahu jumlah pendapatan setiap pemilik channel YouTube dan berbagai informasi lain
  3. Setelah mengakses situs tersebut, lihat bagian pojok kanan atas halaman kemudian pilih YouTube
  4. langkah selanjutnya adalah melakukan pencarian berdasarkan username YouTube yang diinginkan
  5. Pastikan Anda memasukkan nama tersebut dengan benar untuk mempermudah proses pencarian
  6. Situs Social Blade akan menampilkan beberapa username dengan nama serupa atau hampir sama
  7. Pilih channel YouTube yang Anda inginkan
  8. Halaman akan menampilkan beberapa keterangan mengenai channel YouTube tersebut, termasuk jumlah subscriber, view, hingga perkiraan pendapatan bulanan
  9. Pada menu Estimated Monthly Earnings, Anda akan mengetahui jumlah perkiraan penghasilan YouTuber per bulan
  10. Anda juga dapat mengetahui jumlah perkiraan pendapatan per tahun (Estimated Yearly Earnings).

Cara Melihat Penghasilan YouTuber

Hal penting yang perlu diperhatikan ketika Anda mengecek penghasilan YouTuber melalui Social Blade adalah bahwa jumlah penghasilan tersebut hanyalah perkiraan. Situs Social Blade hanya memprediksi jumlah pendapatan berdasarkan beberapa kriteria seperti view per hari, per bulan, hingga per tahun untuk kemudian dikalikan dengan rate yang ditawarkan oleh YouTube.

Selain memberikan informasi menarik dari YouTube, Social Blade ternyata juga dapat digunakan untuk mengecek beragam informasi dari media sosial lain seperti Instagram, Twitter, hingga Twitch. Kini Anda bisa mengetahui lebih banyak mengenai akun-akun media sosial berkat Social Blade. Namun, selalu ingat bahwa informasi tersebut hanya dikumpulkan berdasarkan data-data yang diperoleh.

Bagaimana menurut Anda? Melihat penghasilan para YouTuber ternyata sangat mudah bukan? Dengan mengetahui jumlah pendapatan tersebut, diharapkan Anda menjadi lebih termotivasi untuk membuat konten video yang lebih menarik sehingga bisa mendapatkan banyak view. Sebagai akibatnya, Anda bisa memperoleh pendapatan yang banyak dari platform YouTube.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)